27 Mei 2008

VK1500


















Clamshell Internal 100 Megabyte

Fitur Unggulan
VK1500 dibekali dengan kamera 1,3 CMOS megapixels, pemutar MP3 dan akses pengiriman data lewat bluetooth. Lepas dari itu VK1500 punya keunikan dengan kapasitas memori internal hingga 100 Mb. Beberapa fitur yang menjadi andalan ponsel clamshell ini

Kamera
Plus
- Alternatif size foto mulai dari 160x120/176x220/320x240/640x480 dan 1280x960 pixels.
- Pilihan efek moonlight, negatif, emboss, sketch, warm, cool, fog dan antique.
- Untuk foto dan video recording.
- Tersedia self timer dan frame.
- Layar LCD eksternal bisa dijadikan media cermin digital.
- Memiliki tombol shortcut di bagian luar folder.

Minus
- Tidak terdapat fasilitas flash light.
- Tidak memiliki fitur night mode.
- Digital zooming hanya 4x pembesaran

Pemutar Musik
Plus
- Suara melodi MP3 dan AAC terbukti cukup jernih, dibekali double speaker stereo.
- Dibekali multi equalizer.

Minus
- Tidak dibekali 3D sound
- Tidak bersifat multitasking.

Memori
Plus
- Internal memori dinamis 100 Mb.

Minus
- Tidak dibekali slot memori eksternal.

Meski menyandang seri clamshell terbaru, VK1500 tidak menampilkan sesuatu yang teramat baru jika dilihat dari kelengkapan fiturnya. Fitur VK1500 identik dengan VK4500 yang pernah diulas di Selular edisi Agustus 2006. sebagai ponsel clamshell, VK1500 dirancang tanpa banyak 'mengumbar' pernak pernik, jadilah ponsel berwarna hitam ini terlihat cool, simplified dan elegant. Secara umum desainnya tidak terlalu atraktif jika dibanding ponsel clamshell lain yang kini beredar.

VK1500 mengadopsi dual color LCD. Layar bagian dalam mengusung jenis TFT (thin film transistor) dengan kedalaman 262 ribu warna. Resolusinya 176x220 pixels dengan luas 1,8 inchi. Sedang layar luar menggunakan jenis OLED (organic light emitting diode) dengan kedalaman 65 ribu warna, resolusi 96x64 pixels dengan ukuran layar 1,0 inchi.Kualitas visual layar sangat jernih, bisa dikatakan setara dengan performa layar TFT yang juga diusung ponsel-ponsel Samsung. Uniknya baik layar bagian dalam dan luar bisa di set wallpaper animasi jam digital, kalender, selain kemampuan menampilkan photo call.

Untuk urusan shortcut, VK1500 hanya menyediakan tombol akses untuk kamera di luar folder. Pada folder luar juga terdpat tombol volume dan headset jack, hanya saja fungsi tombol volume kurang maksimal. Dibagian dalam folder, akses langsung juga disediakan lewat tombol navigasi empat arah. Konsep keypad dirancang datar meski memiliki degradasi kontur. Tepat dibawah layar utama terdapat double speaker, artinya pancaran musik memang lebih jelas saat folder dalam keadaan terbuka.

Fungsi Musik, Memori dan Koneksi
Ponsel musik selalu diidentikan dengan dukungan fitur pemutar musik, fasilitas koneksi data dan dukungan memori. VK1500 tentu tidak menawarkan sebuah kesempurnaan. Namun ponsel ini bisa mensinergikan tiga kebutuhan diatas secara optimal. Meski tak punya memori eksternal, padatnya memori 100 Mb bisa membuat penikmat musik tak perlu khawatir harus membeli kartu memori. Lebih dari puluhan melodi MP3 bisa dijejalkan di ponsel ini. Nah, soal koneksi data cuma ada dua jalur yang bisa dilalui, lewat akses bluetooth dan kabel USB untuk PC sync.

Fungsi Organizer
Walau sudah jamak hadir di setiap ponsel. Fitur organizer pada VK1500 layak diberi acungan jempol. Cukup lengkap tapi tidak terkesan rumit. VK1500 melenkapi koleksi organizer mulai dari alarm, kalender, memo 50 entry, kalkulator, unit converter, world time dan stop watch. Dukungan visualisasi layar yang menarik terlihat dari stopwatch yang bisa di set hingga tujuh lap.

"Tak pelak kapasitas memori menjadi sesuatu yang menarik di ponsel ini, namun dukungan fitur tampak belum mengalami perkembangan berarti"

Ukuran Aktual
Dimensi : 89 x 46 x 23 mm
meski tidak bisa disebut sebagai clamshell tipis tapi dimensi VK1500 tergolong cukup ergonomis, pas dalam genggaman.

Berat : 86 gram
Bisa dibilang VK1500 termasuk sebagai ponsel clamshell yang cukup ringan di kelasnya.

Baterai : Lithium Ion 940 mAh
Keterangan vendor : Waktu bicara hingga 4 jam dan
Waktu siaga hingga 180 jam
Hasil Test : Dalam kondisi baterai full, ponsel bisa bertahan tiga hari tanpa digunakan fitur-fiturnya. Namun baterai akan cepat habis bila music player ataupun bluetooth diaktifkan.

Aplikasi
My Favorite
Dukunga shortcut menu mutlak diperlukan untuk mempersingkat akses. Tombol navigasi tidak bisa di set secara dinamis untuk menu yang customized. Hanya saja sis kanan tombol navigasi berupa my favorite. Anda bisa mengatur menu secara cepat walau hanya dengan satu shortcut. Caranya pilih settings > phone settings > my favorite.

Photo Caller ID
Meski bukan sesuatu yang baru tetap saja photo caller ID banyak digunakan, seumpama untuk melihat identitas penelepon saat sedang meeting. Cara menggunakannya adalah pilih Contact > Undefined > gallery > klik photo atau image.

Highlight
Performa
Dalam uji coba semua fungsi menu dapat bekerja dengan optimal. Hanya saja urusan komsumsi energi baterai harus menjadi pekerjaan rumah bagi perancang VK kedepan. Pasalnya VK terbilang boros untuk urusan baterai, apalagi jika digunakan untuk memutar musik. Disamping fitur musik yang tidak mampu multitasking menjadi perhatian. Nada dering VK1500 dibekali pilihan 30 melodo polifonik 64 cord. Meski mampu memutar melodi MP3, nada deringnya tidak bisa di set dengan MP3.

Spesifikasi
Harga :-
Memori Internal : 1Gb
Sistem Operasi : Proprietary
Layar : eksternal OLED 65 ribu warna
internal TFT 262 ribu warna
Jaringan : GSM Quadband (850/900/1800/1900 Mhz)
Phonebook : 500
Konektifitas : Bluetooth/GPRS kelas 10
Games : 2 Java embedded
Nada dering : Polifonik 64 cord

Games Java
Dalam versi jualnya VK1500 dibekali dua jenis games Java standar yakni AI, sebuah permainan layaknya Tetris dan Mr. Valet sebuah game strategi mengatur parkir. Setiap sajian game dapat diatur pencahayaannya, mulai dari 5/10/20 detik atau opsi always on.

Messaging
Elemen messaging tampak sangat standar, VK1500 hanya punya bekal SMS, MMS dan voice message. Dalam satu tampilan layar bisa menampung hingga sembilan baris teks. Soal kapasitas, SMS hanya tersedia 100 entry, sedang MMS tersedia hingga 1600 KB.

(N0v06)

Tidak ada komentar: