27 Mei 2008

Ketik Cepat ala Keypad +
















Virtual keyboard bukan melulu milik kelas handheld seperti PDA. Kini ponsel symbian seri60 dapat pula melakukan input message lewat sistem virtual keyborad. Memudahkan, cepat dan efektif.


Urusan ketik mengetik message pada ponsel terus mengalami perkembangan yang cepat, terutama dilihat dari sisi software pendukung. Kreasi input message terutama pada ponsel dengan sistem operasi Symbian seri60 bisa dikatakan yang paling revolusioner. Maklum ada ratusan content developer yang mendukung kiprah ponsel Symbian. Gebrakan dalam input message yang sebelumnya terdengar yakni aplikasi keystick. Singkat cerita keystick menjadikan joystick lebih powerfull, alias bisa dimanfaatkan input teks secara terpadu tanpa jempol harus ‘berlalari-lari’ diantara keypad. Keystick pernah diulas pada rubrik Software pada Selular edisi Agustus 2005.

Nah kali ini dihadirkan aplikasi yang serupa tapi tidak sama yakn keypad plus (+). Esesnsi nya tetap sama yakni proses input message, namun mempergunakan tampilan virtual keyboard yang tersaji di layar (screen) message. Software hasil pengembangan dari Shapeservice GmbH – Jerman ini menjadikan ponsel seri60 Anda tampil ibarat PDA (personal digital assistant).

Proses Instalasi












Tidak berbeda dengan jenis software symbian lain, keypad + versi 1.05 dapat di install lewat jalur bluetooth dan infrared. Setalah dilakukan instalasi pada ponsel, software ini memiliki ukuran 110 Kb. Software ini memiliki sifat yang khas dalam hal penyimpanan, yaitu tidak tersimpan dalam kartu memori, hanya bisa disimpan dalam memoei ponsel (RAM).

Proses Input Teks












Untuk menjalankan aplikasi ini terlebih dahulu Anda harus masuk ke menu utama keypad +. Dalama tampilan awal terdapat prosedur cara pengoperasian yang singkat. Klik option dan bisa dipilih acticated dan deactivated keypad +. Setelah memilih activated keypad +, silahkan klik back. Fasilitas virtual keyboard dapat Anda gunakan dengan terlebih dahulu memasuki menu create message, baik berupa text message, multimedia message dan email.

Setelah text message terbuka langsung klik tombol edit (pen), secara langsung akan muncul di layar keypad + menu. Dalam tampilan menu tersaji english, numeric (angka), help, about dan registration. Perlu diketahui bahwa input keypad + dapat berlaku layaknya seperti sistem predistive teks input. Untuk itu selain pilihan dasar bahasa Inggris, juga tersedia opsi untuk mendownload versi layanan dalam bahasa Jerman, Rusia, Peranacis, Denmark, Potugis, Norwegia, Belanda, Yunani, Finlandia, Italian dan Spanyol. Namun toh tanpa dukungan itu, aplikasi ini tetap dapat berjalan lancar.

Setelah meng klik opsi bahasa Inggris, secara otomatis layar akan menampilkan vitrual keyboard dengan konsep QWERTY secara lengkap. Untuk input teks Anda cukup menggerakan joystick saja. Keyboard QWERTY juga dilengkapi caps lock dan spasi. Untuk menambahkan input angka, cukup klik opsi editor maka pilihan berganti ke keyboard. Anda bisa memasukkan input angka dari tombol keypad.

Simpel












Jika Anda sudah selesai mengetik, klik close maka tampilan virtual keyboard akan hilang dan layar message kembali sepertis semula. Alhasil isi message siap untuk dikirimkan. Input message dengan cara ini dapat menjadi sebuah pilihan yang menarik, sebab olah pergerakan jempol menjadi lebih sedikit. Tinggal bagaimana membiasakan saja, seperti halnya pada keystick. Meski begitu keypad + bukan software yang diberikan gratis begitu saja, walau Anda dapat mencoba versi uji cobanya.

Sumber : www.shapeservices.com
Besar File : 110 Kb
Harga : $ US 11,95 per jenis layanan Bahasa
Ponsel Pendukung : Series 60: Nokia 6600, 7610, 6260, 3230, 6670, 6682, Samsung SGH-D710, Panasonic X700, Nokia 3650, 3660, 7650, N-Gage, N-Gage QD, Siemens SX1, Sendo X, FOMA F900i, FOMA F2102V, FOMA F2051

(Mei06)

Tidak ada komentar: