2 Mei 2008

Nokia 6708


















Persembahan Symbian UIQ Pertama Nokia


Dilihat dari terapan teknologi sebenarnya platform UIQ dari Symbian terbilang bukan hal yang terlalu baru. Sietem operasi Symbian UIQ sudah beberapa tahun dikenal orang dalam mendukung smartphone Sony Ericsson seri P oleh dan M, Motorola dan BenQ smartphone. Sony Ericsson P800 adalah ponsel UIQ pertama yang diperkenalkan di pasar Tanah Air. Beberapa keunggulan platform UIQ adalah mampu mendukung touch screen, handwriting recognation, media rich, fleksibel dan software customized.

Meski Nokia pemegang saham mayoritas Symbian Limited (49,7 %), baru lewat seri 6708 ini Nokia menghadirkan smartphone berbasis UIQ. Dengan demikian smartphone Nokia ini memiliki ‘rasa’ dan sajian menu ibarat smartphone Sony Ericsson. UIQ juga mengenal release atau pengembangan generasi platform seperti yang terlihat pada seri60 seri40 dan Microsoft mobile. Nokia 6708 mengadopsi UIQ 2.1 yang diperuntukkan bagi ponsel symbian OS versi 7.0. UIQ 2.1 adalah versi release upgrade dari UIQ 2.0 multimode yang telah di release sejak tahun 2003.

Sebagai kilas balik, adaptasi teknologi touch screen bukan hal baru bagi Nokia, meski tidak begitu sukses di pasar Tanah Air Nokia pernah menghadirkan seri 3108 yang dibekali aksara Mandarin. Desain, fitur dan fasilitas Nokia 6708 sebenarnya mengadopsi pada konsep BenQ P31 yang sudah lebih dulu dipasarkan di pasar global. Baik Nokia 6708 dan BenQ P31 sama-sama dikembangan dengan dukungan layar yang serupa, imaging berikut aplikasi bisnis yang melengkapi.Berikut beberapa karakter yang khas pada seri 6708.

Keypad plus Touch Screen
Rancangan keypad plus touch screen menjadi andalan bagi Nokia 6708, mengigat konsep ini belum pernah diterapkan di Nokia. Meski jika dibanding dengan produk keluaran Sony Ericsson akan nampak ketinggalan jaman. Meski dibekali keypad, fungsinya tidak dapat dimanfaatkan untuk mengetik pesan. Keypad hanya berperan untuk tombol panggilan dan akses langsung internet via tombol “O”. Berbeda dengan keypad misalkan pada Sony Ericsson P900 yang bisa juga berperan untuk pengetikan message. Ponsel ini dibekali sebuah stylus pen yang bisa diatur kepanjangan nya.

Imaging
Dukungan imaging berupa kamera beresolusi 1,3 megapixels sudut tetap, terda[at dibagian back cover tanpa pelindung berbekal cermin untuk self portrait. Image size mendukung resolusi 160x120/320x240/640x480 dan 1280x1024 pixels. Tidak berbekal flash light tapi punya fitur night mode. Selain itu ada pula sajian fitur khas ponsel kamera seperti efek, burst mode, self timer, white balance dan anti shaking yang digunakan untuk menghindari goyangan saat fokus pemotretan.

Begitu pun dalam fungsi rekam video,moda audio dapat di set sesuai kebutuhan. Hasil rekam video bisa di set dalam file 3GPP atau MPEG4. Hasil pemotretan dapat Anda lihat dan lakukan pengeditan gambar pada menu Photobase. Teknologi kamera di ponsel ini mengadopsi dari Camera Version 5.1.1 Emuzed.

Layar
Generasi smartphone Nokia sudah banyak yang bermain di kelas 262 ribu hingga 16 juta warna. Sedikit disayangkan 6708 masih berkutat di active matrix TFT 65 ribu warna, resolusi 208x320 pixels dengan dimensi layar 52x37 mm. Kemampuan layar dengan touch screen lewat full screen handwriting. Navigasi menu secara terbatas dapat dijalnkan lewat keypad dan control keys. Secara singkat bisa diketahui ponsel ini menyediakan tombol akses langsung untuk kamera, akses internet, volume suara dan voice commands.

Konektivitas
Moda konektivitas dapat di set lewat menu setting. Opsi yang terdapat adalah USB cable, infrared dan bluetooth versi 1.1. Jenis bluetooth versi 1.1 rasanya sudah tertinggal untuk diterapkan pada smartphone keluaran baru. Mengigat kini telah banyak diaplikasi sambungan koneksi bluetooth dengan versi 1.2 dan 2.0. Untuk infrared bisa disiapkan status nya untuk PC connection dan modem. Waktu receive dapat di set mulai dari always on dan on for 10 minutes. Sedang koneksi USB juga menjalankan fungsi serupa. Jalur untuk charging pun memanfaatkan slot dari USB ini.

Internet
Memudahkan fungsi setting internet ponsel ini punya bekal ‘khas’ Nokia yakni menu setting wizzard. Anda bisa memilih opsi otomatis setup proxy GPRS operator dan email dari berbagai macam operator lokal maupun manca negara. Paket data transfer didukung akses GPRS kelas B multislot kelas 10, Java MIDP 2.0, WAP browser 2.0 xHTML/HTML multimode. Guna memantau trafik size data bisa dilakukan dengan melihat pada menu GPRS data log. Sebagai generasi ponsel bisnis terbaru, Nokia 6708 tidak dibekali dukungan akses 3G, WLAN ataupun EDGE.

Applikasi Office
Sebagai ponsel untuk pebisnis dukungan aplikasi office mutlak disertakan. Dalam versi jualnya ponsel ini sudah dibekali Quickword, Quickpoint dan Quicksheet. Format pengetikan dapat diatur dalam pilihan input karakter bahasa Inggirs dan Cina. Predictive text input mengadopsi pengembangan dari iTap. Edit naskah pun bisa dilakukan dengan opsi zoom, cut, copy dan paste. Hal yang sudah lumrah diadaptasi pada smartphone dan PDA. Hasil file dapat lansgung dikirimkan lewat bluetooth, MMS dan Infared.

Saving Energy
Sebagai sebuah perangkat pintar, ponsel ini menyediakan beragam alternatif untuk menghemat konsumsi energi baterai. Pertama pengaturan backlight, lebih baik diatur dengan opsi otomatis. Penting juga brightness dan alignment untuk mengatur kepekatan cahaya pada layar. Bagi Anda yang berdisiplin dalam urusan komunikasi, termasuk kapan waktu akan mematikan ponsel, bisa memilih menu auto power on/off. Dapat diset waktu power on dan power off. Anda juga dapat memantau status kondisi performa baterai dalam menu power. Dalam menu ini bisa di set auto power save untuk status siaga pendaran cahaya di layar.

Memori
Kapasitas memori internal dinamis yang tersedia adalah 18Mb. Untuk mengetahui profile size file data yang ada, dapat dilihat dari menu storage manager. Sedang untuk slot memori eksternal menggunakan jenis kartu SD dan mini SD (secure digital). Pengoperasian slot bersifat hotwap, pada bagian slot luar dibekali pelindung terintegrasi dari karet.

Games
Pebisnis pun perlu hiburan, versi jual ponsel ini punya bekal 3 aplikasi game yakni Stuntcar Extreme, Super Drop Mania dan 9 Ball. Stunt Car tergolong cukup menarik yakni adu simulasi balap yang dapat dikendalikan lewat stylus pen. Game buatan Fathamer ini dapat dimainkan secara multplier. Sedang 9 Ball berupa opsi permainan ketangkasan bola Bilyard.

Xlex Dictionary
Salah satu target pemasaran ponsel ini adalah untuk kawasan Asia dan Cina. Untuk memudahkan konsumen yang berbahasa Chinese maka ponsel ini menyertakan Xlex Dictionary, berfungsi untuk mengalih artikan dari bahasa Inggris ke bahasa Chinese.

Recon v 1.30
Aplikasi buatan Agilent Technologies – Singapore ini berperan untuk membantu fungsui akses home appliance. Recon bekerja sebagai remote akses lewat infrared untuk perangkat seperti Tv, DVD, VCR, CD player, air conditioner, audio dan lainnya. Salah satu pilihan setup berdasarkan merek, dan jenis Tv lah yang paling banyak memberikan opsi penggunaan aplikasi ini. Dalam uji coba dengan Tv Samsung, jarak akses remote masih cukup efektif dalam jarak 5 meter.

Spesifikasi Nokia 6708
Layar TFT LCD 65 ribu warna (touch screen)
Resolusi 208 x 320 pixels
Ukuran 118 x 52 x 18 mm
Berat 150 gram
Baterai Lithium Ion BP-3001L
Waktu bicara/Waktu siaga Hingga 6 jam/ Hingga 275 jam
Jaringan GSM Triple band (900/1800/1900 Mhz)
Infrared/Bluetooth Ya/Ya
USB Ya
Kamera 1,3 megapixels
Memori Internal 18 Mb

(Agus06)

2 komentar:

nokia mengatakan...

nokia6708 bagus tapi aksesoris sulit didapat

Anonim mengatakan...

Bisa ganti Themes g sih????