9 Mei 2008

Nokia 5500










Multimedia Sporty Outdoor


Bukan pertama kali bagi Nokia menghadirkan ponsel outdoor, sebelumnya seperti diketahui Nokia memperkenalkan seri 5210 dan 5410. Terakhir 5410 memang tidak sempat resmi dipasarkan di Indonesia. Kali ini Nokia menjawab solusi kebutuhan ponsel outdoor generasi terbaru lewat seri 5500 yang tidak berkonsep outdoor melainkan juga kental dengan kesan sport. Wujudnya tidak lain lewat paduan desain serta fitur yang dirancang sinergi, kuat dan mantap bagi petualang muda yang trendy. Tahan air, goncangan dan debu sudah barang tentu. Fitur yang diusung pun beberapa terbilang baru, contohnya (TTS) text to speech dan 3D sensor lewat tapping screen. Lumayan banyak hal yang dapat digali dari ponsel berdesain candybar ini.

Tampilan Desain
Kokoh dan jauh dari kesan ringkih adalah standar wajib ponsel outdoor. Ini wajar mengingat lapisan body 5500 terbuat dari elemen besi yang kuat dan karet yang rapat namun lembut. 5500 benar-benar memberikan perlindungan pada seluruh tombol instrumen luar nya lewat desain karet. Meski begitu tentu tidak semua tertutup rapat, sebab lubang loudspeaker, microphone dan buzzer harus terbuka untuk voice dan sound interface pengguna. Menjadikan ponsel ini tahan terhadap cipratan air, meski salah kaprah jika disebut anti air. Seumpama terkena guyuran hujan pengguna ponsel ini dijamin masih bisa tenang. 5500 memiliki dimensi 107x45x18 mm dan berat 104 gram. Hanya terlihat sedikt lebih besar dari ukuran kartu kredit, kecil, kuat dan ergonomis.

Layar
Ukuran desan yang kecil tentu menyentuh pada konsep layar. 5500 sudah mengusung layar dengan kedalaman 262 ribu warna. Teknologi layar pun diadopsi dari jenis TFT (thin film transistor) dengan resolusi 208x208 pixels, bidang layar berukuran 31x31 mm. Meski mampu menghadirkan visual secara jelas, beberapa orang menyebutkan ukuran layar yang kecil membuat tampilan icon menu juga terlihat begitu kecil jika dibanding ponsel-ponsel Nokia sebelumnya.

Keypad
Fungsi keypad dirancang dengan mengutamakan unsur perlindungan dengan cover karet rapat. Ini lebih baik dari konsep Siemens M65 yang menyisakan celah untuk masuknya partikel debu atau air. Desain keypad dibuat dengan kontur gradasi sehingga jemari mantap dalam penggunaan. Fungsi navigasi dibuat lebih dinamis berkat dukungan service light yang memunculkan aneka warna pada pilihan menu.

Instant Swap Key
Ini sebuah instrumen baru di ponsel Nokia. Instant swap key adalah sebuah tombol akses yang terdapat di sisi kiri atas. Tombol ini dirancang penuh untuk memudahkan bagi pengguna yang bermobilitas tinggi untuk secara cepat mengganti menu favorit 5500. Cukup tekan maka opsi fitur phone, sport mode dan musik bisa langsung dinikmati. Cepat tanpa harus repot masuk ke dalam menu-menu utama terlebih dahulu.

Fitur Symbian S60 3rd edition
Perlu dicatat 5500 adalah ponsel berbasis symbian seri60 yang dibuat untuk kelas outdoor. Bukan itu saja, genarasi symbian nya pun mengadopsi jenis terbaru yakni seri60 third edition versi 9.1 release 3.0. Menjadikan ponsel ini begitu powerfull dalam urusan fitur. 5500 juga menyandang 'gelar' sebagai ponsel seri60 dengan ukuran terkecil.

Kamera
Ponsel outdoor ini adalah tergolong yang paling unggul dalam urusan imaging lewat kamera 2 megapixels. Jenis kamera mengadopsi teknologi CMOS dengan sudut tetap. Pilihan resolusi foto yakni (1600x1200), (1152x864), dan (640x480) pixels. Sedang pilihan resolusi untuk rekam video yakni (176x144) dan (128x96) pixels dengan kecepatan 15 fps (frame per second).Rekam video bisa diset dengan dukungan audio berformat AMR.

Selain itu fitur kamera juga menyediakan fasilitas timer,white balance, brightness, 4x digital zoom dan night mode. 5500 tidak dibekali flash light dan kondisi lensa dilapisi cover plastik yang kedap dari terjangan partikel perusak.

Sport Mode
Aplikasi ini dirancang khusus bagi anda penikmat olah raga. Opsi menu yang tersedia adalah Quickstart, Diary dan Test. Pada Quickstart menampilkan pedometer, fungsinya untuk mengukur aktifitas olah raga yang dilakukan mulai dari walking, running, cycling, rowing dan stair sleeping. Sport mode unik dalam menampilkan tracking mode, jarak lintasan lari pun bisa diukur lewat fitur ini. Tinggal setting terget pribadi, durasi, jarak tempuh hingga kalori yang dibutuhkan. Pola kerja fitur ini menggunakan teknologi sensor gerak.Tingkat kemajuan hasil olah raga dapat diketahui lewat menu Test, seluruh pencapaian performa olah tubuh dapat Anda lihat disini.

Agenda latihan yang berisi target yang ingin dicapai juga tersedia lewat menu Diary. Jadwal latihan, alur kecepatan, kalori hingga steps terdapat di fitur ini. Sebagai tambahan Nokia juga menghadirkan Air Album Fitness First, di dalamnya mencakup musik dan video untuk latihan olah raga. Fitur ini hasil kerjasama antara Nokia dengan In Touch.

Text to Speech
5500 juga merupakan ponsel pertama Nokia yang dibekali fitur TTS. Setiap ada SMS yang masuk engine TTS dapat membacakan secara otomatis isi pesan. Asalkan terlebih dahulu dilakukan setting untuk TTS message. Cara pengaktifan fitur ini juga mudah yakni masuk ke menu tools-speech-pilihan bahasa-voice setting. Dalam versi jualnya 5500 sudah dibekali engine TTS dalam pilihan voice berbahasa Indonesia.

Tap Music
Fitur hiburan music player sudah pasti menjadi standar pada ponsel ini. Jenis format melodi yang bisa diadopsi mencakup MP3, AAC dan AMR. Tidak ketinggalan ada fasilitas equalizer dengan pilihan mode classic, rock, jazz, pop dan rock. Pancaran suara pun dijamin bening berkat dukungan teknologi stereo widening dan bass boost. Fitur musik ini bisa pula dikendalikan lewat tap (tepukan). Cuma untuk menggunakan music tap perlu membiaskan terlebih dahulu. Fitur ini bekerja dengan basis penggunaan 3D sensor built in.

FM radio
Fitur FM radio di 5500 menggunakan teknologi visual radio seperti yang pertama kali diperkenalkan pada seri 3230. Fitur ini hanya dapat dijalankan jika Anda menghubungkan ponsel dengan headset. Anda bisa melakukan manual ataupun tuning otomatis. Total terdapat 20 channel radio yang bisa di set.

Memori dan Konekstivitas
Memori internal dan memori eksternal turut melengkapi ponsel ini. Memori internal tersedia adalah 64Mb yang bersifat dinamis. Jika masih kurang masih ada dukungan memori eksternal lewat kartu memori berjenis mini SD atau Trans Flash. Sedang untuk mendukung konektivitas, jalur yag tersedia mencakup infrared, bluetooth 2.0, pop port dan USB 2.0 yang juga mendukung mode USB mass storage.

Internet
Berkat adopsi symbian seri60 pengaturan setting untuk parameter GPRS, email hingga MMS menjadi begitu mudah. Apalagi menu setting wizard keluaran In Touch tidak lupa dihadirkan di ponsel ini. Hasil uji coba terbukti performa akses internet sangat bagus, 5500 dibekali teknologi akses GPRS kelas 10, Java MIDP 2.0 dan EDGE.

Performa
Kinerja ponsel ini cukup memuaskan, ponsel ini layak disebut sebagai ponsel outdoor sport tercanggih sampai saat ini. Bekal fitur dan fasilitas nya lumayan lengkap, hanya minus akses 3G. Ponsel ini bekerja berkat adopsi baterai Lithium Ion 860 mAh (BL-5B), waktu siaga yang dapat dicapai yakni 270 jam dan waktu bicara hingga 4 jam. Dukungan koneksi terbukti cukup baik untuk bluetooth dan infrared. Semua ini juga tidak terlepas dari dukungan CPU yang berkecepatan 220Mhz.

Spesifikasi
Harga Rp -
Layar TFT 262 ribu warna
Ukuran 107 x 45 x 18 mm
Berat 104 gram
Waktu Bicara/Waktu Siaga Hingga 4 jam/Hingga 270 jam
Jaringan GSM Tripleband (900/1800/1900 Mhz)
GPRS kelas 10
WAP 2.0
Games Java embedded
Kamera 2 megapixels
Nada dering MP3 dan 64 cord polifonik
Fitur lainnya push to talk, T9, voice command, email client, integrated handsfree, calender, dll.

(Sep06)

Tidak ada komentar: