2 Mei 2008

Kyocera KZ-F520










Single Band dengan Platform BREW


Meski terbilang kampiun dalam hal industri ponsel, tapi bisa dilihat hingga kini sangat sedikit ponsel asal Jepang yang beredar dan bisa digunakan di Indonesia. Pun ada itu adalah yang berbasis GSM seperti contohnya Panasonic. Sedang sebaliknya ponsel dengan basis jaringan CDMA asal negeri sakura hampir bisa di kata tidak pernah hadir di Tanah Air. Kali ini retailer di Indonesia menghadirkan ponsel Jepang yakni Kyocera KZ-F520. Walau belum dihadirkan oleh prinsipal resmi, ponsel dengan jaringan CDMA2000-1x ini punya banyak keunikan dilihat dari aspek fitur dan desain. Diantara yang bisa disebut keunggulan pada ponsel candybar ini adalah layar 65 ribu warna, memori internal yang besar dan sudah men support aplikasi BREW (binary runtime environment for wireless).

Tampilan Desain
Bagi para pemerhati ponsel, saat melihat desain tampilan KZ-F520 akan langsung terpikirkan bahwa ponsel ini sangat mirip dengan tampilan depan Motorola E398. Terutama pada beberapa icon instrumen MP3 player dan tombol softkey. Hanya saja KZ-F520 hadir minus kamera. Desain ponsel ini terbilang cukup kompak dan memenuhi standar kenyamanan dalam genggaman. Secara keseluruhan KZ-F520 memiliki ukuran 106x43x15 mm dan berat 85,1 gram. Sebagai perbandingan Motorola E398 memiliki ukuran 110x46x18 mm dab berat 108 gram. Ponsel yang pas untuk pangsa middle low ini tidak dilengkapi banyak instrumen poendukung pada bagian sisi nya. Hanya terdapat pada tombol pengatur volume dan headset jack.

Layar
Kemampuan layar yang diadopsi ponsel ini diambil dari jenis CSTN (super twisted newmatic) dengan kedalaman 65 ribu warna. Resolusi layar nya adalah 128x1160 pixels dengan ukuran 35,07x28,02 mm. Meski layar nya tidak tergolong ‘sempit’, tetapi daya tampung teks pada layar untuk SMS hanya mencapai 3 baris. Ini memang sedikit disayangkan, apalagi jenis font style yang digunakan terbilang kaku dan kurang menarik. Senagai perbandingan Motorola E398 juga mengadopsi layar 65 ribu warna, hanya saja performa visualiasi nya lebih unggul karena mengadopsi teknologi TFT (thin film transistor).

Keypad
Desain keypad tidak ada yang terlalu beda dengan ponsel lain, dilengkapi juga tombol navigasi empat arah yang dapat difungsikan short cut menu. Namun short cut menu tidak bersifat dinamis. Ponsel candybar ini juga dirancang dengan keunggulan pada musik player. Ini dibuktikan empat tombol pemutar MP3 player tepat dibawah layar. Diantara nya tombol forward, back, player dan stop.

Fitur MP3 Player
Tak pelak andalan utama ponsel ini adalah fitur MP3 player yang bisa diakses lewat tombol utama maupun lewat akses menu di dalam ponsel. Seperti ponsel dengan fitur MP3 player embedded yang lain, di fasilitas hiburan ini juga dilengkapi sound effect seperti rock and roll, popular, classical, softness, jazz dan accent. Melodi pun bisa diputar ulang secara keseluruhan atau satu per satu. Menambah kesan ‘hidup’, visualiasi pun ditawarkan dengan 3 pilihan skin. Hanya saja sayang efek equalizer bersifat statis, tidak bergerak. Meksi begitu kemampuan speakerphone nya lumayan mantap memnacarkan suara, padahal KZ-F520 tidak dibekali double speaker. Istimewa lagi fitur MP3 ini bersifat multitasking, artinya Anda tetap bisa membuka pilihan menu lain tanpa harus memtikan alunan musik. Alunan MP3 player bisa dinikmati pula dengan headset strereo yang disertakan pada paket penjualan.

Memori
Sebagai ponsel dengan segmen middle end Kyocera KZ-F520 memang hanya mengandalkan dukungan memori internal. Tapi jangan berpandang sebelah mata, sebagai ponsel musik memori internal dinamis nya tersedia lumayan memadai hingga 128Mb, ROM 16 Mb dan RAM 4 Mb. Besar memori tersebut tidak melulu untuk kebutuhan musik, namun dapat di share untuk melodi dan gambar yang di download. Berkaitan juga dengan memori, kapasitas phonebook memory adalah 300 multiplier dan kapasitas SMS hingga 200 entry.

Messaging
Untuk messaging ponsel ini hanya menyediakan akses lewat jalur SMS. Dibanding ponsel-ponsel yang beredar saat ini, soal kapasitas karakter ponsel ini sangat terbatas yakni hanya 160 karakter. Itu pun dalam satu layar hanya bisa menampilkan 3 baris teks. Meski demikian setiiap ingin menyertakan phonebook seseorang dalam messaage dengan mudah Anda dapat mengambil langsung lewat insert number dari phonebook.

BREW dan Konektivitas
Salah satu yang membuat ponsel ini terbilang spesial adalah adanya dukungan platform BREW lewat chipset yang dikembangkan oleh Qualcomm. Keunggulan platform BREW adalah konsep yang ditawarkan bagian dari solusi end-to-end yang lengkap untuk mengembangkan aplikasi nirkabel jenis baru, konfigurasi perangkat dan pendistribusian aplikasi. Di bagian tengah tombol navigasi terdapat tombol akses lansgung ke menu BREW. Dalam uji coba ketika ditekan akan muncul opsi pilihan ke customer service operator. Dilihat dari logo dan menu BREW yang ada, diketahui bahwa aplikasi ini adalah hasil kerjasama antara Qualcomm dan China Uni Com.
Sedang untuk konektivitas ponsel ini tidak didukung oleh infrared dan bluetooth. Fasilitas konektivitas untuk transfer data hanya di support lewat USB kabel data. Untuk urusan koneksi lewat jalur internet, KZ-F520 diperkuat dengan WAP browser versi 2.0. Namun dalam uji coba akses WAP belum bisa berjalan.

Wallpaper dan Nada Dering
Ada yang khas dari tampilan wallpaper di ponsel ini. Dari delapan koleksi wallpaper bisa di set berdasarkan opsi fix dan daily yang bergantung pada pilihan hari dalam satu minggu. Kemudian memperindah tampilan, tersedia empat pilihan themes. Sedang untuk nada dering terdapat dua pilihan penggunaan berdasarkan melodi nada dering polifonk 16 cord dan melodi MP3. Untuk nada dering polifonik 16 cord tersedia 17 pilihan nada embedded.

Games
Dalam versi uji yang ditampilkan Selular, setidaknya terdapat dua jenis game embedded yakni Darts dan Black Jack. Dilihat dari tampilan nya dua jenis game kartu ini masih terlalu sederhana dan sangat jauh tertinggal dari jenis game serupa yang sudah dihadirkan oleh ponsel-ponsel merek lain.

Assistant
Assistant berisi kumpulan aplikasi-aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna dalam keseharian. Pada ponsel Samsung assistant kerap disebut sebagai organizer. Diantaranya adalah alarm clock yang dapat di set hingga 3 waktu berbeda. Lalu ada kalender, kalkulator, world time, count down, data folder dan stop watch. Lepas dari menu assistant, ponsel ini tidak lupa menghadirkan voice sync berisi record dan voice dial. Record mampu merekam suara dengan format WAV. Ini berbeda dengan jenis ponsel Samsung dan Nokia, dimana format voice record disimpan dalam jenis AMR.

Performa
Ada yang perlu diperhatikan bahwa ponsel ini mempergunakan single band CDMA2000-1x dengan frekuensi 800 Mhz. Jadi sudah bisa dipastikan ponsel dengan kartu RUIM ini memang hanya pas untuk satu operator fixed wireless yakni Esia (Bakrie Telecom). Dalam uji coba ponsel dengan bobot ringan ini memang bisa dikatakan tidak terlalu mengecewakan. Semua menu utama seperti MP3 bisa cukup memuaskan untuk kelas ponsel middle end. Tetapi untuk akses internet memang belum dapat berjalan secara memadai, dukungan operator tentu sangat diperlukan. Ponsel yang masuk ke Indonesia tanpa dukungan prinsipal ini harus dicermati lebih jauh. Sudah pasti layanan bahasa Indonesia tidak beserta dalam ponsel ini.

Performa kualitas panggilan juga lumayan tidak terdapat masalah, dukungan juga handsfree speakerphone juga tidak lupa disertakan. Jumlah karakter untuk SMS yang ada dinilai bisa menjadi kendala tersendiri, sebab ponsel paling low end pun kini sudah lazim menawarkan SMS lebih dari 160 karakter. Kapasitas baterai adalah 850 mAh dengan teknologi lithium polymer. Dari kapasitas tersebut dapat dicapai waktu siaga hingga 128 jam dan waktu bicara hingga 3 jam. Dalam pengujian ponsel ini tergolong cukup hemat energi meski cukup sering digunakan untuk pengaktifan MP3 player.

Spesifikasi
Harga Rp
Layar CSTN 65 ribu warna
Ukuran 106x43x15 mm
Berat 85,1 gram
Jaringan CDMA2000-1x 800 Mhz
Phonebook 300
GPRS/WAP Tidak/WAP 2.0
Download Ya, USB
Bluetooth/Infrared Tidak/Tidak
Kamera Tidak
Waktu bicara/siaga Hingga 3 jam/Hingga 128 jam
Fiur lainnya e-book, security, font size, alarm clock, kalender, data folder, word time, dll

(Mei06)

Tidak ada komentar: