26 Mei 2008

Samsung SGH-Z560

















Clamshell 3G plus HSDPA


Fitur Unggulan
Adanya akses 3G plus HSDPA tak pelak menjadi daya tarik utama SGH-Z560. Apalagi desain hitam nan elegan turut menjadi keunggulan ponsel ini. Beberapa fitur yang menjadi andalan adalah :

Pemutar Musik
Positif
- Dapat memutar beragam format melodi
- Melodi dapat di set sebagai nada dering
- Dukungan memori yang besar
- Pancaran suara yang prima

Kekurangan
- Tidak bersifat multitasking

Kamera
Positif
- Dilengkapi standar 2 megapixes
- Mampu merekam video
- Multi setting size

Kekurangan
- Tidak dibekali flash light

“Hadir bukan sebagai clamshell tertipis, tapi yang jelas ponsel adalah clamshell pertama HSDPA yang hadir di Tanah Air”


Pada kuartal pertama tahun ini Samsung Mobile setidaknya bakal mengeluarkan dua tipe ponsel 3G, setelah tipe candybar SGH-Z370 yang terlebih dahulu hadir, kini giliran tipe 3G clamshell yang masuk ke pasar Tanah Air yakni SGH-Z560. Meski bukan clamshell 3G pertama yang dijual di Indonesia, tapi ponsel ini adalah clamshell pertama di Indoenesia yang dilengkapi teknologi HSDPA (high speed downlink packet access). Bahkan untuk kategori ponsel pun masih belum banyak yang menyaingi. SGH-Z560 dirancang dengan desain hitam elegan, untuk pasar Australia ponsel ini diberi kode A701. Secara umum ponsel ini sudah dipasarkan luas untuk wilayah Eropa Barat.

SGH-Z560 mempunyai rancang bangun yang terbilang tipis yakni ketebalan 16 mm. Meski sebenarnya Samsung masih memiliki seri clamshell 3G/HSDPA yang lebih tipis yakni SGH-Z620. SGH-Z560 menggunakan teknologi layar TFT 262 ribu warna dengan tingkat resolusi 240 x 320 pixels, ukuran layar 2.3 inchi atau 35 x 47 mm. Lalu untuk layar eksternal mengadopsi teknologi TFT 65 ribu warna dengan resolusi 96 x 96 pixels, luas layar eksternal yakni 20 x 20 mm.

Untuk fungsi kendali, dibagian front cover dibekali tiga tombol touch screen untuk mengendalikan pemutar musik. Pada bagian tombol dalam deretan keypad disusun flat untuk memudahkan pengoperasian, setiap tombol keypad berukuran 12 mm. Untuk kemudahan navigasi dan pengaturan menu, tombol navi key empat arah dapat di set customized. Kecepatan dalam membuka menu juga diperhatikan dalam ponsel ini berupa short cut ke U menu. Fitur ini mirip dengan standby screen menu di ponsel Nokia terbaru. Klik U menu maka akan muncul empat menu pilihan. Sebagai ponsel 3G, SGH-Z560 dibekali tombol untuk mengaktifkan front camera.

Kamera utama masih menjagokan resolusi 2 megapixels auto focus CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) untuk foto. Resolusi lain yang ditawarkan yakni 1280x960/1024x768/800x600/640x480/320x240 dan 176x144 pixels. Sedang untuk rekam video resolusi ditawarkan 128x96 dan 176x144 pixels. Tentang menu dan fitur kamera masih terlihat standar yakni zoom, brightness, timer, effect, frames, shooting mode, multi shot speed, spot metering dan white balance. Sedikit disayangkan ponsel ini tak dibekali flash light. Untuk mengatur pemotretan di ruang gelap/malam hari bisa memanfaatkan pengaturan effect night , brightness dan white balance. Fungsi zoom tidak dapat dilakukan saat setting foto di resolusi maksimal.

Internet, Musik dan Memori
Fasililtas internet didukung akses 3G (UMTS/Universal Mobile Telecommunication System). Dalam uji coba akses 3G sudah dapat dilakukan dengan baik, termasuk dalam uji fasilitas video call antar sesame operator ke ponsel Motorola V3X dapat berjalan sempurna. Dalam versi uji coba, SGH-Z560 belum dibekali inject proxy setting GPRS. Lebih hebat lagi, HSDPA yang masuk golongan 3.5G sudah enable, menjadikan ponsel ini pas untuk mendukung browsing cepat. Untuk akses internet standar jalur GPRS kelas 10 (4 downlik dan 2 uplink) plus WAP browser 2.0 tidak absen dihadirkan.

Untuk soal hiburan, pemutar musik dalam media player menjadi unggulan. Dalam media player mencakup MP3/AAC/AAC+/WMA dan MPEG4 player. Untuk pengendalian MP3 plater bisa dilakukan pada front cover. Jika jaringan GPRS/3G memungkinan, bisa digunakan fitur VOD (video on demand). Melengkapi hiburan, koleksi Java game embedded yang tersedia adalah Power Inlinex dan The Last Age. Kedua game merupakan game dengan 3D engine yang cukup atraktif dan tergolong baru diperkenalkan di serial Samsung.

Tak perlu canggung untuk bebankan file besar di ponsel ini, SGH-Z560 punya bekal total memori internal dinamis 30 MB. Dalam versi uji coba diketahui memori internal hanya 20 MB. Itu pun masih ditambah dengan kemampuan slot memori eksternal menggunakan kartu micro SD. Kapasitas muiltple phonebook 1000 entry dengan dukungan video call. Untuk urusan messaging, SMS berkemapuan 1836 long character, lalu MMS dan email pun tak ketinggalan melengkapi. MMS dapat di set size sending nya mulai dari 50Kb, 100KB dan 300 Kb. Saat ini salah satu operator di Tanah Air sudah memberikan set size MMS 100 Kb per kirim.

Ukuran Aktual
Dimensi : 97.3 x 51.3 x 16 mm
Biar tergolong ponsel tipis tapi dimensi ponsel terasa cukup lebar. Meski begitu ponsel ini cukup pas dalam genggaman tangan orang dewasa.

Berat : 98 gram
Tidak termasuk yang teringan, tapi dengan beban fitur yang ada rasanya bobot 98 gram cukup wajar.

Baterai : Lithium Ion 900 mAh
Keterangan vendor : Waktu bicara hingga 3 jam 40 menit dan waktu siaga 320 jam.
Hasil Test : Kemampuan baterai akan lebih cepat terkuras apabila jaringan 3G diaktifkan. Hasil uji coba memperlihatkan baterai dapat bersiaga sampai waktu empat hari.

Aplikasi
mPet
Aplikasi ini bersifat hiburan, layaknya permainan Tamagoci, Anda harus merawat siklus hidup seekor anjing. Aplikasi ini sangat unik dan atraktif terutama dari visual tiga dimensi. Saat membuka menu akan tampil pilihan arah yang akan dituju oleh anjing, setiap arah akan menentukan pola keseharian. Anda juga bisa mengatur gerak anjing lewat joystick. Latar aplikasi ini pun cukup beragam mulai dari garden, kitchen, living room dan . Anda juga bisa mengirim anjing kesayangan ke rekan yang tentunya harus menggunakan aplikasi ini.

Video Call
Layaknya ponsel 3G pada umumnya, video call merupakan aplikasi primadona yang banyak dicoba. Untuk menggunakan video call terbilang mudah. Tahap pertama Anda harus masuk ke connectivity > network > network mode > UMTS. Pastikan logo 3G telah muncul pada layar utama. Secara otomatis network 3G operator yang Anda gunakan akan men detect. Saat berlangsung video call, Anda pun dapat melihat self video screen.

Highlight
Kemungkinan akan terdapat modifikasi pada fitur SGH-Z560 yang akan dijual di Tanah Air. Semisal dalam versi uji coba, fitur standar keselamatan seperti SOS message, Vivid message, dial font type belum tersedia. Meski begitu beberapa aplikasi terbaru seperti mPet, mobile tracker dan koleksi game anyar bisa menjadi berita yang menyegarkan. Lebih dari itu hadirnya teknologi 3G/HSDPA bisa menjadi nilai jual tersendiri. Secara teori HSDPA bisa menyalurkan data speed sampai 1.8 Mbps. SGH-Z560 didukung pancaran sound dan musik yang prima, kualitas melodi dari MP3 dapat dinikmati sangat jernih berkat dual stereo speaker. MP3 player tidak bersifat multitasking. Sedikit disayangkan untuk membuka folder, ponsel ini tak bisa dilakukan dengan satu hentakan tangan.

Spesifikasi
Harga : -
Memori Internal : 30 MB
Sistem Operasi : Proprietary
Layar : Internal TFT 262 ribu warna
Eksternal TFT 65 ribu warna
Phonebook : 1000
Jaringan : GSM triple band dan UMTS 2100 Mhz
Konektivitas : Bluetooth dan USB cable
Game : Java, 2 embedded
Nada dering : Polifonik 64 cord/MP3/Midi

Aksesoris
Bluetooth Stereo Headset
- Bluetooth class 2 versi 1.2
- Berat 51 gram
- Waktu siaga 200 jam dan waktu bicara 8 jam
- Tidak tersedia dalam paket penjualan

Micro SD
- Tersedia dalam paket penjualan
- Cocok untuk menyimpan file musik, video dan gambar

Mobile Tracker
aplikasi ini tergabung dalam menu security. Mobile tracker berfungsi untuk mengirim info nomer kartu SIM baru ketika kartu SIM lama dilepas. Untuk ini diperlukan proses pairing setting terlebih dahulu lengap dengan password. Tujuan mobile tracker yakni mengetahui keberadaan ponsel yang hilang meski telah berganti kartu SIM.

Organiser
Fasilitas yang standar namun dilupakan jangan, organizer tersdiri dari kumpulan menu mulai dari kalender, world clock, time & date, kalkulator, to do list, voice memo, currency exchange. Untuk alarm multi waktu pada ponsel ini ditempatkan pada menu utama yang tersendiri.

(Mar07)

Tidak ada komentar: