22 Mei 2008

Haier N60 PCx


















Swivel Folder dengan Basis Linux


"Desainnya mengesankan N60 layaknya ponsel multimedia yang handal, dibekali dengan kemampuan touch screen dan sistem operasi Linux. Hanya sayang bluetooth dan infrared tidak hadir di ponsel ini"

Fitur Unggulan
Haier N60 punya keunggulan utama pada konsep layar sentuh (touch screen) yang dibekali stylus pen, fungsi imagingnya masih berbekal kamera resolusi 1,3 megapixels. Ponsel ini berkemampuan Tv output, pemutar musik serta video.

Kamera
Keunggulan
- Untuk foto dan rekam video
- Layar putar sebagai cermin digital
- Dibekali shortcut ke menu kamera
Kekurangan
- Kamera masih 1,3 megapixels
- Zoom digital hanya 4x
- Tidak dibekali flash light

Pemutar Musik
Keunggulan
- Bersifat multitasking
- Dibekali balance sound speaker
- Dibekali shortcut menu
Kekurangan
- Hanya menggunakan single speaker
- Kualitas pancaran suara kurang jernih

Touch Screen
Keunggulan
- Pengoperasian menu dapat dikendalikan lewat touch screen dan manual lewat keypad/joystick.
- Dibekali integrated stylus pen yang bisa disesuikan ukurannya.
- Mode layar dapat dibolak balik sesuai kegunaan.
Kekurangan
- Ukuran layar masih terbilang kecil untuk kenyamanan fungsi handwriting recognation.

Tampilan desain Haier N60 mengingatkan pada ponsel Nokia 6260 yang juga berkonsep folder swivel plus mampu berotasi. Desain folder rotasi dan swivel umumnya digunakan ponsel berkemampuan multimedia untuk mendukung fungsi rekam video atau pemotretan dengan lebih nyaman, layaknya camdorder. Salah satu wujudnya yakni penempatan lensa kamera pada sisi engsel folder. Hal yang serupa diterapkan pada Nokia 6260. Pada jenis ponsel ini back folder dapat difungsikan sebagai sandaran layar saat difungsikan sebagai monitor ketik.

Meski adaptasi touch screen menjadi icon di berbagai ponsel keluaran Haier, tapi di kelas ponsel swivel rasanya baru N60 yang dibekali teknologi touch screen. Hingga kini adapatasi touch screen masih di dominasi oleh kelas PDA dan smartphone, sedang N60 tergolong ponsel berkemampuan standar tapi memiliki fitur kelas atas. N60 dibekali layar tunggal TFT 262 ribu warna dengan resolusi 320x240 pixels. Dimensi bidang layar yakni 35x45 mm, layaknya layar pada PDA diberbagai sisi visual tampak icon fungsi menu yang bisa digunakan lewat stylus pen. Dalam tampilan layar bisa memuat enam baris teks. N60 dibekali handwriting recognation dalam aksara latin dan Cina. Lain dari itu input message juga dapat dilakukan lewat keypad.

Selain keberadaan shortcut ke menu kamera, di bagian luar body ponsel ditempatkan tombol volume dan tombol gerak menu ke atas dan ke bawah. Untuk slot charger dan USB data tergabung menjadi satu. Tepat disebelahnya terdapat slot jack untuk headset dan Tv output. Kedua slot dibekali penutup karet. Urusan konektivitas jarak dekat masih menjadi kelemahan besar bagi ponsel Haier ini. Fasilitas infrared dan bluetooth tidak ada di N60 padahal sang vendor dalam iklan video menyebut N60 sebagai "super smart and entertainning".

Imaging, Musik dan Memori
Kemampuan imaging masih mengandalkan 1,3 megapixels (1280x1024 pixels) untuk foto. Plilihan resolusi lain yang ditawarkan yakni 640x480 (VGA)/520x240 dan 176x144 pixels. Sedang untuk rekam video resolusi disiapkan 176x144 dan 320x240 pixels. Format video disimpan dalam file 3GPP. Fasilitas yang ada di menu kamera mencakup white balance, self timer, brightness, night mode dan exposure. Fasilitas digital zooming hanya 4x dan N60 tidak dibekali flash light. Untuk mengolah hasil foto tersedia aplikasi picture editor.

Pemutar musik MP3 menjadi andalan hiburan di ponsel ini. Untuk masuk ke menu MP3 sudah disiapkan shortcut di sisi kanan menu navigasi. Pemutar MP3 dapat difungsikan multitasking. Meski N60 hanya mengandalkan speaker tunggal tapi mempunyai efek pancaran suara fokus di kiri dan kanan, ataupun opsi balance sound. Tidak dijumpai pengaturan efek musik berdasar jenis lagu seperti rock, jazz dan pop. Format melodi MP3 dapat di set sebagai nada dering. Sebagai ponsel multimedia N60 juga dibekali video player untuk format video 3GPP dan MPEG4.

Haier N60 dibekali memori internal dinamis 60Mb, selain juga disiapkan kemampuan adapsi memori eksternal lewat micro SD. Tetapi ada yang sedikit mengusik perhatian, pada versi uji tidak didapati slot atau tempat memasukan sebuah kartu memori. Padahal sudah jelas N60 dibekali dukungan micro SD untuk menunjang beragam aplikasinya. Beberapa pendapat juga mencerminkan rasa "bingung" seputar slot kartu memori N60, seperti dalam situs www.gsmarena.com.

Sebagai kelengkapan hiburan ponsel ini juga ditunjang kemampuan Java MIDP 2.0, dalam versi uji diketahui terdapat beberapa game keluaran In Fusio yang terbilang menarik seperti Die Hard, Racing2 dan Sabre Wulf. Selain masih ada game standar yang tersedia embedded yakni Gobang, HRD, vexed dan boxman.

Ukuran Aktual
- Dimensi : 94 x 48 x 25 mm
Dimensi ponsel ini terbilang pas dalam genggaman tangan. Hanya saja untuk membuka folder tidak bisa dilakukan dengan satu tangan atau satu kali sentakan.
- Berat : 131 gram
Tidak bisa disebut sebagai ponsel ringan, namun bobot N60 dipastikan tidak akan menjadi kendala bagi penggunaan.

Baterai : Lithium Ion 900 mAh
- Keterangan Vendor : Waktu siaga 200 jam dan Waktu bicara 3 jam
- Hasil test : Dalam kondisi siaga tanpa digunakan ponsel bisa bertahan sampai 3 hari. Namun jika pemutar musik diaktifkan baterai akan cepat terkuras.

Aplikasi
Firewall
Elemen perlindungan dan privasi rupanya menjadi proritas bagi Haier Mobile. Dalam aplikasi firewall beragam menu perlindungan bisa Anda nikmati mulai dari SMS firewall, phone firewall dan security firewall. Peran SMS firewall yakni memasukan nomer yang tidak dikehendaki ke dalam garbage, meski bisa dilihat dilain waktu. Begitu juga phone firewall berguna untuk reject call dari nomer yang tak dikehndali memanggil Anda. Caranya masuk ke menu setting > security > firewall > pilih opsi yang akan Anda gunakan.

Messaging
N60 menyediakan solusi messaging mulai dari SMS, MMS hingga email client. Salah satu ciri khas input lewat handwriting recognation yakni dengan menekan dua kali layar message lalu baru muncul moda handwriting. Untuk SMS bisa menampung hingga 1035 entry 160 karakter, sedang outbox dan draft sampai 250 entry. Untuk dukungan MMS hanya bisa menampung sampai 20 pesan. Ukuran foto 1,3 megapixels tidak bisa di set untuk pengiriman MMS. Idealnya adalah VGA resolusi yang pas untuk MMS.

Highlight
Performance

Meski dihandalkan oleh Haier sebagai ponsel multimedia tapi N60 malah tak dibekali dengan FM radio. Padahal seri M260 sudah dibekali FM radio. Kualitas panggilan dan penerimaan voice terbukti bagus, apalagi dukungan pancaran suara dari speaker phone cukup nyaring. Kinerja antar menu cukup baik, tidak ditemui kendala seperti sering hang. Hal ini dimungkinkan berkat pemanfaatan prosesor Linux berkecepatan 312 Mhz. Meski memiliki memori internal, N60 tidak akan beroperasi optimal tanpa dukungan kartu memori. Sayangnya penempatan slot kartu memori agak membingungkan di ponsel ini. Mendukug fungsi identifikasi N60 dibekali photo caller ID.

Spesifikasi
Memori Internal : 60 Mb
Sistem Operasi : Linux
Layar : TFT 262 ribu warna
Phonebook : 1000 entry
Jaringan : GSM triple band
Konektivitas : GPRS kelas 10, WAP 1.2.1 dan USB data cable
Bluetooth/Infrared : Tidak/ Tidak
Games : Java MIDP2.0
Nada dering : Polifonik 64 cord dan MP3

Notepad
Sebagai ponsel pebisnis N60 juga dibekali fungsi office sederhana yakni notepad. Dengan notepad Anda bisa mengerjakan tugas menulis secara nyaman. Hasil filenya dapat disimpan ke dalam format txt, artinya Anda bisa mengirim hasil tulisan ke layar komputer. Total tersedia 100 entry notepad.

Fly Mode
Beragam aplikasi di ponsel tetap Anda bisa nikmati di dalam kabin pesawat kecuali mengaktifkan sinyal. Moda fly mode bisa Anda aktifkan lewat menu setting. Hanya saja pengaktifan fly mode harus melalui tahap restart power. Menjadikan pengopeasian fly mode tidak terlalu praktis.

Aksesoris
1. Headset stereo
- Dibekali tombol PTT (push to talk).
- Sudah tersedia dalam paket penjualan.

2. Mini SD card
Mini SD card sudah dipastikan menjadi kelengkapan standar yang ada dalam paket penjualan. Namun belum dipastikan berapa kapasitas size Micro SD yang akan dipasang.

(Des06)

Tidak ada komentar: