6 Mei 2008

Samsung SGH-X820







Ultra Slim ‘Illusion’ 6,9 Milimeter


Ponsel fesyen memang tengah menjamur tahun ini, khususnya yang hadir dengan desain super tipis atau ultra slim. Contohnya Motorola lewat seri SLVR dan V3, kemudian ada VK vendor dari Korea Selatan yang hadir lewat beberapa seri dengan ketebalan ponsel 8,8 mm. Pendek kata semakin tipis sebuah ponsel, bakal makin menunjukkan derajat fashionable nya. Untuk urusan fesyen, kali ini PT. Samsung Electronics Indonesia (SEIN) boleh berbangga hati, sebab kategori ponsel tertipis di kelas candybar jatuh pada Samsung SGH-X820.

Ponsel ini pertama kali diperkenalkan dalam ajang Sviaz ExpoComm di Moscow – Rusia bulan Mei lalu. Dari rancang bangun nya, ponsel ini diberi sebutan oleh sang vendor sebagai ‘Illusion’. Biar langsing tapi tetap berisi, itulah gambaran SGH-X820. Kelengkapan fitur dan fasilitas nya pun cukup mumpuni. Sebut saja kamera 2 megapixels, akses bluetooth, EDGE dan kapasitas memori internal yang besar. Pihak PT. SEIN memfokuskan ponsel ini untuk mengisi kebutuhan kelas ponsel middle high. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 3 jutaan.

Tampilan Desain
Tipis tapi lebar adalah gambaran visual singkat SGH-X820. Melihat sekilas ponsel ini mengingatkan pada Motorola L6 dan L7. Secara keseluruhan dimensi SGH-X820 adalah 113 x 50 x 6,9 mm dan berat 66 gram. Bandingkan dengan Motorola L7 yang berdimensi 113 x 49 x 11,5 mm dan berat 96 gram. Atau VK2020 misalnya yang berdimensi 95 x 47 x 8,8 mm dan ebrat 53 gram. SGH-X820 meski tipis tapi memiliki struktur body yang kokoh dan mantap. Sekilas bisa jadi banyak orang yang ‘ngeri’ jika ponsel ini mudah patah. Teknologi ketipisan ponsel ini menggunakan smart surface mounting technology (SSMT).

Kelengkapan instrumen cukup memadai, pada sisi body ditempatkan tombol akses kamera, slot USB sekaligus charger dan pada sisi sebaliknya ditempatkan tombol pengatur volume. Karena SGH-X820 memiliki fitur SOS message maka tombol volume dijadikan pula tombol emergency. Sedang lubang buzzer terlihat terintergrasi dengan lubang spekaer utama. Di bagian back cover hanya terdapat lensa kamera yang tidak dibekali flash light dan cermin.





Layar
Ukuran layar ponsel ini terbilang cukup besar. Dimensi nya mencapai 1,9 inchi atau sekitar 38 x 30 mm. Ukuran ini mampu menampilkan visualisasi layar yang cukup jelas. Konsep layar nya cenderung horizontal mengingatkan pada seri SGH-P300 dengan dimensi layar 1,8 inchi atau sekitar 25 x 28 mm. Tapi kedua ponsel ini menggunakan ketajaman layar yang serupa yakni 176 x 220 pixels. Kedalaman layar mencapai 262 ribu warna lewat adopsi teknologi TFT (thin film transistor). Tampilan layar bisa menampung lima baris teks message. Kemampuan layar sudah mendukung video wallpaper hingga video caller ID.

Keypad

Konsep yang diaunut adalah keypad datar tanpa banyak tonjolan pada permukaan. Ini diperlukan untuk menguragi ketipisan. Hal ini juga diadopsi oleh jenis ponsel tipis seperti Motorola Razr dan L6/L7. Tapi tentu rancangan alur dan style SGH-X820 punya ciri tersendiri. Tombol keypad lumayan halus dan lebar. Sehingga cukup ergonomis dalam penggunaan. Dilengkapi tombol navigasi 4 arah yang menu nya bisa di cutomized.

Fitur Kamera
Adanya kamera 2 megapixels menjadi tambahan keunggulan di kelas ponsel tipis, pasalnya ponsel tipis kompetitor baru sampai pada tingkatan resolusi VGA (video graphic array). Kemampuan dan kelengkapan fitur kamera nya serupa dengan yang ada di seri SGH-E900 (T-Nimbus). Ini bisa dilihat dari sistem menu dan pilihan seting nya. Hanya saja T-Nimbus lebih unggul dengan adanya flash light. Solusi pemotretan di suasana redup yakni dengan memilih scene perogram lalu pilih night scene. Bisa juga dengan pangaturan ISO yang tersedia lengkap di ponsel ini. Untuk olah hasil gambar tersedia fitur image editor. Secara umum ponsel ini mampu menjalankan moda rekam video dan pemotretan dengan sangat baik. Hasil rekam video dapat di diputar dalam format MPEG4 dan 3GPP.

User Friendly Iterface
Samsung memperkenalkan user iterface baru pada seri SGH-X820 dan SGH-E900. Tampilan user interface ini menambah nuansa baru dalam menjelajahi menu-menu. Namun sayang mendukung user interface yang baru, ponsel ini hanya menydiakan dua pilihan skin yakni hitam dan putih.

Memori
Dengan ketipisan body nya belum memungkinkan bagi ponsel ini menggunakan slot memori eksternal. Tapi dengan memori internal dinamis 80 Mb dirasa cukup memadai bagi kebutuhan hiburan secara terbatas. Diperuntukkan bagi alokasi file images, video, music dan jenis aplikasi lain. Tapi untuk urusan memori internal, ponsel tipis VK2020 jauh lebih unggul dengan 128 Mb.

Music Player dan Nada Dering
Meski music player sudah menjadi fitur standar tapi rasanya tak lengkap jika tidak diutarakan. Music player dapat memutar format melodi MP3/AAC/AAC+ dan WMA (windows media audio). Dalam music player dibekali variasi moda equalizer mulai dari classic, jazz dan rock. Tentunya juga dibekali dengan kemampuan 3D sound. Sebagai variasi pada tampilan layar ada beberapa pilihan baru seperti harmony colour. Backlight pun bisa diatur untuk menyalan normal atau always on. Pilihan yang terakhir tentu dapat menguras energi baterai ponsel.Melodi MP3 bisa di set sebagai nada dering, melengkapi 20 koleksi nada dering polifonik 64 cord.

Konektivitas dan Internet
Bluetooth versi 1.2 adalah andalan koneksi jarak dekat, kemampuan bluetooth cukup lengkap setara dengan yang diadopsi pada seri SGH-E900. Koneksi dengan sistem kabel disediakan dengan kabel USB. Sedang untuk internet berbekal WAP 2.0 browser dan GPRS kelas 10 (4 downlink plus 2 uiplink). Secara standar speed nya bisa dicapai rata-rata hingga 48 Kbps. Biar bukan ponsel 3G tapi SGH-X820 punya bekal EDGE (Enhanced Data rate for GSM Evolution). Tingkatan speed yang bisa dijajal bisa mencapai 236,8 Kbps. Dalam versi jual resmi ponsel ini sudah dibekali dengan sistem inject proxy operator GPRS.

Messaging
Ada bekal SOS messaging di ponsel ini yang memudahkan mengirim pesan darurat. Dapat dikirim dengan pola satu hingga lima kali (repeat sending). Selain juga bekal SMS, push message, MMS dan email client POP3. Menambah variasi untuk MMS tersedia beberapa koleksi templates yang menarik. Total memori untuk SMS belum berubah yakni 200 inbox, kemudian email dan MMS maksimum dengan 3072 Kb.

TV Output
Ponsel ini mampu disejajarkan dengan kelas multimedia yang canggih. Seperti pada seri SGH-E900, TV output juga menjadi bekal pada ponsel tipis ini. Koneksi dilakukan lewat slot USB ke slot sambungan di TV. Format pilihan output tersedia PAL dan NTSC. Keunggulan dari fitur ini Anda bisa ‘memindahkan’ layar ponsel ke layar TV. Samsung SGH-D600 merupakan seri pertama yang mengadopsi fitur ini.

Offline Mode
Perancang ponsel ini patut dipuji, berkat adanya offline mode maka ponsel ini tetap dapat diaktifkan dalam pesawat udara. Ponsel dijamin tidak akan mengganggu sistem navigasi, sebab sinyal selular dimatikan. Offline mode digunakan juga pada saat menginginkan ketenangan sambil menikmati fitur music player dan bermain game. Offline mode juga tersedia di seri SGH-D720 dan SGH-E900.

Performa
Ponsel yang berjalan di frekuensi GSM triple band ini memiliki performa yang cukup baik. Biarpun desain nya tipis tapi kemampuan serta kapasitas baterai nya tidak ‘tipis’. Desain yang tipis mengharuskan ponsel ini menggunakan sistem baterai kelas Lithium polymer berkapasitas 800 mAh. Dari kapasitas tersebut waktu bicara bisa dicapai hingga 2,5 jam dan waktu siaga hingga 260 jam. Pancaran suara untuk komunikasi juga sangat bagus tanpa kendala. Dilengkapi pula dengan fasilitas handsfree speaker. Hanya saja lubang buzzer yang kecil, kemudian tidak adanya dual speaker membuat pancaran musik masih kalah optimal dengan seri-seri sebelumnya. Meski begitu kualitas stereo dan 3D sound masih cukup jelas dirasakan.

Spesifikasi
Harga : Rp 3 jutaan
Layar : TFT LCD 262 ribu warna
Ukuran : 113 x 50 x 6,9 mm
Berat : 66 gram
Waktu Bicara/Siaga : Hingga 2,5 jam / Hingga 260 jam
Jaringan : GSM Triple band (900/1800/1900 Mhz)
Kemampuan download : Ya, GPRS kelas 10 / EDGE
Infrared/Bluetooth : Tidak / Ya
Games : Ya, 2 Java
Kamera : 2 Megapixels
Fitur lainnya : document viewer, world clock, voice recorder, alarm, calculator, convertor, timer, stopwatch, dll.

(Jul06)

Tidak ada komentar: