9 Mei 2008

Nikmati Musik via RoIP


















Akses musik radio bisa berjalan tanpa mengenal batas wilayah. Sebuah tawaran menarik dari Mundu Radio. Meski bukan yang pertama, Mundu unggul dalam kualitas suara, jaringan channel radio dan mampu berjalan di multi sistem operasi.


Musik adalah bagian dari kehidupan, setiap individu pun berhak menikmatinya tanpa kecuali. Hal ini nyatanya juga berlaku dalam dunia ponsel. Ponsel tak bisa disebut full multimedia musik jika hanya mengandalkan pemutar musik semata, dukungan fasilitas radio pun saat ini menjadi mutlak sebagai komponen utama. Buat ponsel yang tak dibekali fasilitas FM radio kini bisa pula menikmati alunan musik dan berita dari radio tanpa harus memiliki radio transmitter. Solusi ini ditawarkan oleh Geodesic, content developer asal Mumbai - India yang menawarkan aplikasi Mundu Radio beta.

Mundu berjalan di platform Radio over Internet Protocol (RoIP) yang melaju di akses GPRS/CDMA dan 3G. Meski bukan yang pertama dalam solusi RoIP, Mundu Radio punya beberapa keunikan dalam jalur musik yang dipisahkan berdasar aliran melodi. Aliran musik Pop, Rock, Classical, Bollywood, Oldies, Instrumental dan instrumental dipisahkan dalam kategori segmen radio, pilihan pun tak tanggung-tanggung hingga ribuan saluran radio yang meng cover jaringan di lima benua.

Fasilitas lain mencakup personal play list, jalur akses cepat dan yang cukup penting kualitas suara hingga setara MP3 audio. Dalam uji coba diketahui kecepatan audio bisa berjalan di parameter 24 Kbps hingga 64 Kbps. Software Mundu radio bisa diadaptasi oleh cukup banyak ponsel sebab tersedia dalam versi sistem symbian seri60, Windows mobile Pocket PC, Windows Mobile Smartphone dan Palm. Lebih menarik pula download Mundu bersifat gratis dan Anda pun sudah mendapatkan account pribadi di web.

Sumber : www.mundu.com
File : 258 Kb
Ponsel : Ponsel Symbian seri60 v70/80, Windows Mobile, Windows Smartphone dan Palm.

Keterangan :
1. Untuk menikmati layanan Mundu terlebih dahulu Anda harus registrasi di http://radio.mundu.com/. Setelah itu Anda akan mempunyai account pribadi dan melihat layanan secara penuh.






2. Sebelum menjalankan Mundu di ponsel lakukan input username dan password.










3. Proses opsi memilih jaringan GPRS yang akan digunakan.











4. Opsi menu dalam aplikasi Mundu, terdiri dari play, recent stations, change station, update dan playlist. Lebih baik untuk pertama lakukan update playlist.









5. Pilihan genre music dari berbagai aliran musik, termasuk di dalamnya melodi khusus India.










6. Ilustrasi beberapa stasiun radio yang menyajikan musik jazz.











7. Setelah meng klik play, selanjutnya proses buffering akan berjalan secara otomatis.










8. Salah satu lagu dari John Coltrane yang sedang diputar di radio Sky FM Modern Jazz dari Canada.








(Des06)

Tidak ada komentar: