19 Mei 2008

Samsung SCH-W569



















Dual Mode GSM dan CDMA2000-1x



“Dengan fitur dual mode, SCH-W569 mampu beroperasi di dua jaringan meski tak aktif bersamaan. Lain dari itu, bekal handwriting recognition menjadi sebuah kejutan tersendiri di kelas ponsel Samsung”

Fitur Unggulan
Kehadiran ponsel ini bisa disebut cukup fenomenal bagi Samsung, SCH-W569 ditawarkan dengan beragam fitur handal seperti dual mode, handwriting recognition, kamera 1,3 megapixels dan SOS message.

Dual mode
Kelebihan
- Bisa mengadopsi dua platform jaringan GSM dan CDMA
- Mudah dalam akses penggunaan dan perpindahan jaringan
Kelemahan
- Teknologi lebih condong ke CDMA.
- Untuk CDMA tidak bisa dipakai ke operator selain Mobile8.
- Perpindahan jaringan cukup menguras energi baterai.

Handwiring Recognition
Kelebihan
- Dapat digunakan secara terpadu ke berbagai olah menu
- Dibekali adjust stylus pen
Kekurangan
- Layar bidang untuk handwriring terbilang kecil.
- Stylus pen tidak terintegrasi dalam badan ponsel
- Ukuran stylus pen pendek

Kamera
Kelebihan
- kamera rotasi
- Dapat digunakan untuk kepentingan self portrait.
Kekurangan
- Masih mengandalkan 1,3 megapixels
- Tidak dibekali flash light

Dewasa ini sudah jamak rasanya setiap orang menggunakan dua jenis headset, satu ponsel GSM dan satunya lagi ponsel jenis CDMA. Menyadari hal itu, Samsung Mobile melihat ceruk pasar yang pas untuk menawarkan produk ponsel dual mode, alias bisa aktif di dua “alam” GSM dan CDMA2000-1x lewat seri SCH-W569. Konsepnya pengguna tidak perlu lagi membawa dua ponsel yang berlainan teknologi, cukup “2 in 1” saja.

Sebelumnya Motorola juga pernah menawarkan produk dengan teknologi “2 in 1” di seri A860. Hadirnya SCH-W569 punya sisi yang terbilang menarik, sebab ponsel dengan kekuatan chipset Qualcomm ini dipasarkan dengan metode paket oleh operator Mobile8. Penggunaan chipset Qualcomm menandakan bahwa ponsel ini lebih dominan ke CDMA secara teknologi.

SCH-W569 berdesain sliding, bentuk front cover sangat mirip dengan seri ultra slim SGH-D900. Ponsel ini mengadopsi layar TFT 262 ribu warna dengan resolusi 240x320 pixels. Luas penampang layar yakni 44x33 mm, cukup lebar untuk ukuran sebuah ponsel. Desain ponsel ini cukup elegan, folder dapat disentak secara halus. Jenis keypad mengadopsi flat numeric. Kelengkapan instrumen mencakup tombol shortcut kamera yang bisa pula difungsikan sebagai shortcut pindah antar jaringan. Kemudian ada tombol volume yang berperan juga sebagai tombol pembalik gambar di menu kamera.

Satu lagi yang membuat SCH-W569 istimewa adalah adanya fasilitas handwriting recognition, menjadikan ponsel ini layaknya PDA phone. Pengoperasian menu bisa dilakukan lewat tombol tradisional bisa pula lewat stylus pen. Olah handwriting dipandu lewat opsi stylus adjust dalam menu setting. Fasilitas stylus pen tidak disediakan terintegrasi, melainkan opsional di luar badan ponsel.

Fungsi Dual mode, Imaging dan Musik
Moda dual mode dapat diganti lewat tombol shortcut ataupun lewat penggantian jaringan lewat menu network selection. Ponsel ini menyediakan dua slot kartu, untuk kartu SIM GSM dan RUIM CDMA. Tapi dalam penggunaan bisa dipasangkan juga untuk dua kartu SIM atau dua kartu CDMA. Tapi perlu diketahui karena ponsel ini masuk lewat program paket operator, maka jenis kartu RUIM non Mobile8 tidak bisa digunakan. Meski bisa berjalan di dua jaringan, fungsi saat jalur GSM diaktifkan hanya sebatas voice dan SMS. Berbeda saat jalur CDMA dipakai, Anda bisa menggunakan akses cepat internet di jaringan Mobile8.

Konsep lensa kamera menggunakan jenis rotating yang bisa diputar 180 derajat, serupa dengan yang digunakan pada seri SGH-D820. Untuk pemotretan resolusi utama yakni 1,3 mpixels (1280x960 pixels), selain juga ditawarkan resolusi yang lebih rendah seperti 1024x768/640x480/320x240 dan 176x144 pixels. Fungsi fitur pendukung imaging seperti biasa dihadirkan multi short, zooming 9x pembesaran, white balance, brightness, self timer, efek dan frame. Mendukung olah animasi gambar, juga disediakan aplikasi photo studio dalam menu multimedia. Untuk fungsi rekam video, resolusi tersedia 176x144 dan 128x96 pixels. Juga disertai fungsi fitur yang serupa dengan imaging.

Unsur musik diwakili fitur MP3 player yang dibekali fungsi timer, skip length, visual effect, set nada dering dan key lock. Yang juga menaik terdapat pula melody composer, fitur yang sudah lama ditinggalalkan Samsung tapi banyak diminati. Melody composer dapat diset untuk berbagai pilihan instrument musik. Untuk menambah kreasi, background musik tersedia dari mulai dance, jazz, latin, pop dan reggae.

Ukuran Ponsel
Dimensi : 52,4 x 99 x 17,6 mm
Dari ukurannya sudah bisa dipastikan ponsel ini cukup ergonomis, pola sentakan halus saat membuka dan menutup folder menjadi ciri ponsel ini.

Berat : 105 gram
Memang tidak masuk dalam kategori ponsel ringan, bobot ponsel ini rasanya pas dengan kandungan fitur dan fasilitas yang ada.

Baterai : Lithium Ion….
Keterangan vendor :
Hasil Test : Dari hasil uji coba, daya tahan baterai ponsel ini lumayan cukup baik. Hanya saja jika Anda sering menggunakan fasilitas pindah jaringan dari GSM ke CDMA atau sebaliknya bisa dipastikan energi baterai akan cepat terkuras.

Aplikasi
Samsung Messanger
Samsung Mobile dan Mobile8 akan bekerjasama untuk mengingat pelanggan dalam bentuk komunitas instant messaging. Dalam menu entertainment terdapat aplikasi Samsung messenger, setiap pengguna SCHW569 bisa memanfaatkan fasilitas ini secara built in, Anda bisa men set nick name, ukuran font dan history. Akses messaging menggunakan jalur internet akses dari Mobile8. Untuk men set nya masuk dari menu > entertainment > Samsung messange.

Time Setting
Untuk pertama kalinya display ponsel Samsung dapat menampilkan dual clock. Semisal waktu Jakarta dan Bangkok bisa di tampilkan pada layar wallpaper utama. Untuk men set time setting masuk dari menu > display > time srtting > dual lock. Anda bisa juga memilih opsi sngle lock.

Highlight Performa
SCH-W569 mempunyai jalur koneksi lewat kabel USB dan bluetooth, tapi sedikit disayangkan kemampuan bluettoth nya hanya bisa terkoneksi dari moda PC ke USB dan PC ke ponsel. Jalur koneksi bluetooth belum bisa digunakan mendukung fungsi bluetooth headset stereo, dalam uji coba peran bluetooth bisa dimanfaatkan sebagai media dial up lewat PC. Berbasis utama sebagai ponsel CDMA, SCH-W569 tidak mengadopsi akses internet dari GPRS. Hasil uji coba internet dengan Mobile 8 sangat mudah dan bagus tanpa ditemui kendala.

Fungsi GSM hanya difokuskan untuk voice dan SMS. Meski begitu ponsel ini juga dibekali fasilitas SOS message. Kemampuan voice bisa dikatakan cukup prima tersedia bekal speaker phone. Mendukung pancaran musik, SCH-W569 memiliki fasilitas dual speaker yang terletak dibagian bawah front cover. Ponsel ini dibekali memori internal total 124 Mb untuk beragam aplikasi, game, gambar dan musik. Tapi sayangnya SCH-W569 tidak memiliki slot untuk memori eksternal.

Spesifkasi
Harga Rp .. (paket dari operator)
Jaringan GSM dual band (900/1800 Mhz) dan CDMA2000-1x (800/1900 Mhz)
Memori Internal 124 Mb
Layar TFT LCD 262 ribu warna
Phonebook 1000 entry (picture caller ID)
Konektivitas Internet CDMA, Bluetooth, USB
Game Java MIDP, 3G Golf dan Othello
Nada dering MP3 dan polifonik 72 cord

Dialing Font
Sebagaimana layaknya ponsel Samsung generasi terbaru, dialing font menjadi ragam pilihan yang menarik. Tersedia pilihan jenis Inkpen, memoboard, rainbow dan black.

SOS Message
Aplikasi ini rasanya akan sangat penting untuk menangkal aksi kiriminal. SOS message dapat dikirimkan ke 10 nomer kerabat secara serentak. Metode pengiriman pesan bisa mulai dari sekali hingga tiga kali pengiriman.

Utilities
Utilities biasa disebut organizer pada seri-seri Samsung sebelumnya, dalam utilities terdapat kumpulan berbagai aplikasi seperti today, calendar, task list, alarm set, user memory, voice tools, memo, calsulator, countdown dan clock. Tidak ketinggalan ponsel ini juga dibekali aplikasi world clock.

(Jan07)

2 komentar:

listiyanto, Amk. mengatakan...

caranya buat seting manual ke pc agar terhubung ke internet PC gimana ya....... paket utimete

listiyanto, Amk. mengatakan...

user neam ???
paswodnya ap