8 Mei 2008

Pantech PG-3600V







Mirip iPod dengan Touch Wheel Navigation

‘Pantech It’s different’ demikian tagline Pantech Mobile dalam mengusung kehadiran generasi ponsel terbaru. Setelah masuk pasar ponsel Tanah Air dengan konsep ponsel yang benar-benar beda. Seperti diperlihatkan dengan kehadiran desain camera look di seri PG-8000 dan PG-6100, kali ini Pantech Mobile dengan mitra PT. Metrotech Jaya Komunika selaku distributor utama sudah mempersiapkan kehadiran seri Pantech terbaru untuk pasar Indonesia yakni PG-3600V. Ponsel ini sudah diperkenalkan sejak bulan Februari lalu. Meski PG-3600V buatan Korea, tetapi seri ini cukup populer di Taiwan karena desain nya yang mirip iPod.

Dalam ajang Indonesia Cellular Show (ICS) 2006 bulan Juli lalu PG-3600V pun sudah diperkenalkan sebagai show case di booth Pantech. Selain kental dalam keunggulan desain yang full fesyen. PG-3600V pun tergolong ponsel yang padat muatan fitur. Elemen imaging sudah berbekal megapixels serta dukungan memori tambahan lewat kartu micro SD.

Tampilan Desain
Konsep desain ponsel ini begitu mirip dengan konsol iPod, dan memang benar bahwa PG-3600V dari asalnya dirancang sebagai ponsel musik. Dirancang dengan desain sliding dengan sentuhan permukaan yang halus. Hentakan folder pun dibuat cukup ringan dan mudah dalam satu kali geser saja. Pada folder depan begitu tampak kesan kuat perangkat navigasi berdesain bulat. Navigasi nya sendiri menggunakan teknologi touch key, tidak termasuk tombol soft key. Beberapa instrumen pendukung ponsel ini mencakup tombol pengatur volume dan tombol akses kamera.

Untuk slot kartu micro SD ditempatkan pada bagian bawah. Masih dibagian bawah dan sejajar tapi beda folder ditempatkan slot charger. Pada back cover hanya terdapat lensa kamera yang dibekali cermin. Posisi lensa dilindungi oleh penutup geser terintegrasi. Penutup lensa bersifat aktif, artinya penutup akan memberikan reaksi langsung terhadap menu standy kamera. Secara keseluruhan PG-3600V memiliki dimensi 103 x 46,8 x 18 mm dan berat 97 gram. Tersedia dalam dua warna yakni hitam dan merah muda.

Touch Wheel Navigation
Proses navigasi menu menggunakan pola rotasi. Sistem gerak menu mengadopsi touch click wheel empat arah. Saat folder ditutup alat navigasi berdesain datar ini tidak bisa difungsikan. Saat folder dibuka baru akses menu dapat dijalankan lewat sentuhan jari. Alat navigasi sentuh difungsikan sebagai short cut ke empat menu yang telah ditentukan. Pola navigasi sentuh ini mengingatkan pada bentuk naviogasi pada iPod. Untuk keypad dirancang cukup ergonomis, meski desain datar tombol keypad tidak terlalu atraktif.

Layar
Jenis layar mengadopsi teknolofi TFT (thin film transistor) dengan kedalaman 256 ribu warna. Resolusi layar yakni 176 x 220 pixels dengan ukuran 38 x 32 mm. Dalam satu layar bisa ditampilkan 8 baris teks untuk messaging. Layar PG-3600V terbilang cukup maju dengan kemampuan menampilkan video wallpeper, selain picture caller ID.

Fitur Kamera
Kemampuan imaging bisa mendukung rekam video dan pemotretan. Untuk pemotretan resolusi maksimum 1,3 megapixels (1280 x 1024 pixels), selain ada pilihan resolusi XGA, SXGA dan LCD. Sedang untuk rekam video tersedia pilihan resolusi QVGA, SQCIF dan QCIF. Untuk memudahkan pemotretan dalam aneka suasana tersedia opsi white balance dengan beberapa pilihan seperti day light dan cloudy. Tidak ketinggalan dukungan multi shot dengan maskimum 12 picture berikut pola speed yang bisa diatur.

Beberapa kelengkapan lain masih terdapat pada menu kamera seperti self timer dan time stamp. Saat momen perekaman bisa di set dengan atau tanpa menggunakan audio record. Format gambar disimpan dalam file JPEG dan rekaman video disimpan dalam format 3GPP.

MP3 Player dan Nada Dering
Salah satu unggulan dalam menu multimedia adalah MP3 player. Sebagai lumrahnya ponsel musik terdapat mode classic, metal, live, rock, bass, dance, jazz dan user EQ. Ada satu ciri khas dalam menikmati musik di ponsel ini dengan opsi flight mode. Jadi musik di ponsel tetap bisa dinikmati saat berada di kabin pesawat. Format melodi MP3 dapat di set sebagai nada dering, selain jenis 64 cord polifonik.

Pancaran sound MP3 memang tidak terasakan nuansa stereo, tapi masih cukup nyaman dinikmati. Agar lebih jelas disarankan menggunakan headset. Selain MP3 player juga tersedia video player yang bisa dijumpai dalam media gallery.

Memori
Ada dua kelompok alokasi memori pada ponsel ini. Memori internal dinamis tersedia total 21,6 Mb. Dialokasikan untuk kebutuhan aplikasi Java, foto, video, image, sound dan sistem operasi. Lain dari itu Anda bisa mengoptimalkan kebutuhan memori dengan kartu tambahan dengan jenis micro SD. Memori untuk messaging multimedia seperti email dan MMS juga mengandalkan alokasi dari memori internal. Namun untuk dukungan memori SMS disiapkan tersendiri dengan jumlah 100 inbox. Masih menyangkut soal memori, kapasitas phonebook teresedia 800 entry multiplier lengakp berikut video dan picture caller ID.

Konektivitas
Jalur konektivitas mengandalkan akses bluetooth, WAP dan USB mass storege. Dalam versi uji coba bluetooth PG-3600V bisa di set untuk kebutuhan berkirim gambar, business card, melodi sampai penggunaan headset. Dukungan akses internet berupa WAP browser 2.0 dengan tampilan layar xHTML. Teknologi internet juga dipadukan dengan teknologi GPRS kelas 10 dengan kecepatan rata-rata 32-48 kbps. Untuk USB mass storage bisa dilakukan dengan terlebih dahulu memasukan kartu memori.

Fatness Checker
Selain condong sebagai ponsel musik, ponsel elegan ini juga menyediakan fasilitas kesehatan berupa aplikasi fatness checker yang terdapat dalam menu organiser. Menggunakan fatness checker cukup simpel. Anda tinggal memasukan angka tinggi dan berat badan. Maka secara otomatis akan muncul kalkalasi ala Pantech yang menyebutkan kondisi ideal Anda, underweight, normal atau overweight disertai dengan presentase fatness.

Organiser
Kelengkapan menu organiser ponsel ini mengingatkan pada menu yang sama pada ponsel-ponsel Korea lain seperti Samsung dan VK. Selain fatness checker tersedia menu pilihan seperti alarm, calender, memo, world time, calculator, converter, stop watch dan timer. Untuk memo bisa di set untuk kebutuhan voice dan text memo. Voice memo dapat merekam suara dengan waktu 3 menit untuk satu kali rekam. Sedang text memo untuk satu kali pencatatan dapat menampung hingga 255 karakter. Seperti yang terdapat pada ponsel VK, pola hitungan stop watch bisa di set mutli lap yakni 4 lap.

Performa
Dalam hal tampilan ponsel ini mencerminkan sebuah ponsel yang menyenangkan, begitu pun dalam pengoperasian menu nya. Anda bakal disuguhkan pola baru dalam mengatur pergerakan menu. Singkat kata memang perlu waktu untuk membiasakan diri dengan pola touch wheel navigation. Tapi bisa dipastikan performa navigasi cukup berjalan baik tanpa masalah dari sisi software. Dalam versi yang dicoba Selular mengadopsi jenis software versi 1.00. Ponsel yang beroeprasi di frekuensi triple band GSM ini menggunakan jenis baterai Lithium Ion dengan kapasitas 800 mAh. Dalam penggunan standar dapat dicapai waktu siaga hingga 180 jam dan waktu bicara hingga 4,5 jam.

Dalam versi jual nya nanti dipastikan ponsel ini sudah dibekali fasilitas inject proxy setting GPRS operator GSM lokal. Namun belum diketahui jelas berapa kapasitas micro SD yang akan disertakan dalam paket penjualan. Pantech PG-3600V adalah ponsel ketiga yang telah di test Selular menggunakan teknologi touch key. Sebelumnya ada LG Chocolate dan Samsung SGH-E900.

Spesifikasi
Harga Rp –
Layar TFT LCD 256 ribu warna
Ukuran 103 x 46,8 x 18 mm
Berat 97 gram
Waktu bicara/ Waktu siaga Hingga 4,5 jam / Hingga 180 jam
Jaringan GSM Triple band (900/1800/1900 Mhz)
GPRS Ya, kelas 10
WAP 2.0
Games Ya, 2 Java (Crab Shooter dan Block Fighter)
Kamera 1,3 megapixels
Bluetooth/Infrared Ya/Tidak
Fitur lainnya email, MMS, favorit, security settings, flight mode, dll

(Agus06)

Tidak ada komentar: