12 Mei 2008

Samsung SGH-D830


















Clamshell Tertipis 9,9 Milimeter

“Sosoknya memang sangat mencerminkan sebagai ponsel fashion kelas atas. Meski dinobatkan sebagai ponsel tertipis, SGH-D830 punya fitur yang cukup tebal”


Setelah Selular di edisi terdahulu telah mengulas ponsel SGH-X820 dan SGH-D900, kini sebagai rangkaian terakhir serial ultra slim edition, Selular mengulas SGH-D830 yang dijuluki sebagai ponsel clamshell tertipis hingga saat ini dengan ketebalan yang cuma 9,9 milimeter. Hadirnya SGH-D830 sudah barang tentu bukan tanpa pesaing, setidaknya pasar clamshell tipis sebelumnya sudah diisi oleh Motorola dengan serial Razr. Oleh sang vendor SGH-D830 dirancang untuk bersaing di kelas fashion multimedia.

Fitur Unggulan
SGH-D830 punya fitur multimedia yang lengkap untuk kelas ponsel Samsung generasi terbaru. Fitur imaging dan entertainment sudah dipersiapkan dengan cukup optimal. Beberapa yang menjadi andalan adalah :

Kamera
A. Kemampuan foto hingga 2 megapixels (1600x1200 pixels)
- Pilihan size lain terdiri dari 640x480/320x240/240x320/1280x960/1024x768 dan 800x600 pixels.
- Pilihan efek terdiri black/white, negatif, sepia, antique, moonlight dan fog
- Shooting mode – single shot, multi shot dan mosaic shot
- ISO – automatic 100/200/ dan 400
- Timer – 3/5 dan 10 detik
B. Kemampuan rekam video terdiri dari size 352x288/320x240/128x96 dan 176x144 pixels.
- Dibekali dengan white balance
- Hasil video dapat diputar dalam format 3GPP dan MPEG4
- Digital zooming 10x dan brightness
- Dibekali fasilitas sound record dengan format audio AMR
- Bicara hasil pemotretan kamera CMOS ini cukup bagus, hanya saja Anda akan kesulitan untuk melakukan self portrait. Tidak dibekali cermin standar dan layar eksternal tidak bisa difungsikan sebagai cermin diri.

Music Player
- Dapat memutar format melodi MP3, AAC, AAC+ dan WMA (windows media audio)
- Format melodi dapat di set sebagai nada dering.
- Berbekal 3D sound dan dual speaker menjadikan pancaran musik terbilang sangat memuaskan. Pengaturan equalizer mulai dari rock, classicla, jazz dan normal.
- Music player dapat bersifat multi tasking

Konektivitas
- Bluetooth masih menjadi andalan untuk aksesbilitas jarak dekat. Fungsinya sudah mencakup serial port, dial up, file transfer, object push dan headset stereo. Saat dilakukan uji coba pengiriman file MP3 dengan size 1724Kb ke Nokia Communicator dibutuhkan waktu sekitar 90 detik.
- GPRS kelas 10
- WAP browser 2.0
- EDGE

Layar TFT 262 ribu warna
Dukungan layar TFT (thin film transistor) 262 ribu warna menjadikan visual layar terbilang sangat jernih. Resolusi layar adalah 230x320 pixels dengan ukuran layar 36x47 mm, atau seukuran bidang 2,3 inchi. Dalam tampilan layar penuh bisa menampung hingga 8 baris teks saat ketik di menu message.

Matrix User Interface
Generasi ultra slim edition Samsung punya ciri khas khusus dalam urusan user interface. Seperti halnya pada SGH-X820 dan SGH-D900, maka SGH-D830 juga berbekal matrix user interface dengan pola 3x3. Pilihan warna user interface terkesan konservatif dengan menyediakan pilihan warna hitam dan putih yang bisa diatur dari menu skin.

Keypad Light
SGH-D830 bisa digolongkan sebagai ponsel yang ekonomis dalam urusan alokasi energi. Dari menu keypad light dapat di customized pendaran cahaya keypad mulai dari any tim, night time dan custome time. Jam mulai dan jam akhir pendaran cahaya pun dapat diautur berdasar pola AM/PM.

Sensor Numeric Keypad
Salah satu keunggulan desain SGH-D830 terletak pada rancangan flat numeric keypad. Artinya tombol keypad dan tombol navigasi lain dibuat secara datar tanpa lekukan. Desain keypad ini mengingatkan pada konsep yang mirip diterapkan pada Motorola Razr V3x. Teknologi kaypad mengusung sensor numeric, tetap memerlukan penekanan oleh jemari Anda. Berbeda dengan teknologi touch senstive key yang terdapat pada LG Chocolate atau Samsung SGH-E900.

SOS Message
Menghadapi kriminalitas yang kian meningkat turut menjadi perhatian bagi kelengkapan fitur ponsel ini. SOS message menjadi sandaran utama untuk keperluan darurat. Masih seperti seri sebelumnya, SOS message bisa di set untuk berkirim pesan pendek ke 10 nomer sekaligus. Pengiriman pesan bisa pula di set mulai dari 1 kali hingga 5 kali. Aktivasi dilakukan dengan menekan tombol volume sebanyak 4 kali.

Messaging
Meski bukan sesuatu yang baru, kelengkapan messaging rasanya perlu dijelaskan sekilas. Selain SMS dan MMS, SGH-D830 sudah berbekal email client POP3/SMTP. Untuk menjaga privasi pada menu message juga dibekali black list yang berasal dari push message. Kemampuan SMS bisa digenjot untuk long message 1836 karakter. Sedang MMS dibatasi dengan alokasi penerimaan dan pengiriman message hingga ukuran file 296Kb.

Memori
Memori internal yang tersedia adalah 80Mb, cukup besar untuk menampung kebutuhan file images, video, music, sound dan aplikasi lainnya. Jika masih dirasa kurang SGH-D830 menyiapkan slot memori microSD yang terletak disisi kiri badan ponsel, lengkap berikut penutupnya. Memori lain yang terpisah adalah untuk kebutuhan game Java sebesar 4Mb. Jenis pilihan game pada versi uji coba adalah Bobby Carrot dan Time RiderII. Belum ada jenis permainan baru.

Flight Mode
Ponsel dengan bekal kemampuan music player ini pun dapat dinikmati saat di kabin pesawat udara. Cukup masuk ke menu phone setting Anda akan menjumpai opsi offline mode. Tinggal klik maka flight mode pun sudah aktif. Ponsel dijamin tak akan memancarkan sinyal selular.

Tv Output
Adanya fasilitas Tv output menambah fungsi konvergensi menjadi dominan. Tv output tersedia dalam opsi setting PAL dan NTSC. Fasilitas ini dapat dijumpai dalam menu display setting. Dalam paket penjualan disediakan kabel data penguhung ke perangkat Tv.

Baterai : Lithium Ion 630 mAh
- Keterangan vendor : Berkemampuan waktu bicara hingga 3 jam dan waktu siaga hingga 180 jam
- Hasil test : Dalam uji coba ponsel ini mempunyai masa siaga hingga 3 hari. Jika beberapa fitur dimanfaatkan dalam waktu panjang seperti music player tentu akan cepat menguras energi baterai. Optimalisasi charging dibutuhkan sekitar 1,5 jam.

Ukuran Aktual
Dimensi : 103 x 54 x 9,9 mm
Inilah clamshell phone tertipis, meski desainnya mirip Motorola Razr tetap urusan tipis SGH-D830 yang lebih unggul. Ketebalan 9,9 mm diukur saat folder tertutup, jika folder dibuka maka folder tempat keypad hanya berukuran tebal 5 mm. Meski tipis rancangan body ponsel cukup kuat dan padat.

Berat : 85 gram. Bukan yang teringan dari segi berat, tapi bobot ponsel ini membuat pengoperasian ponsel menjadi sangat nyaman.

Performance
Mulai dari fungsi konektivitas, messaging hingga gaming semuanya dapat berjalan dengan sangat baik. Hanya perlu jadi catatan meski desain cukup ergonomis, ponsel ini agak sulit untuk dibuka dengan satu tangan. Juga menjadi perhatian penting layar eksternal sangat kecil 0,8 inchi, resolusi 240x320 dengan warna shade grey menjadikan layar ekstrenal tidak bisa difungsikan sebagai ‘cermin’ untuk self portrait. Lebih penting kesan ergonomis sangat terasa dalam pengoperasian keypad datarnya, halus dan memberikan kesan khusus bagi pengguna.

Spesifikasi
Harga Rp 3 jutaan
Layar TFT 262 ribu warna
Phonebook 1000 multiple entry
Jaringan GSM Triple band
Memori Internal 80Mb
Nada dering 64 cord polifonik dan MP3
Kamera 2 megapixels
Infrared/Bluetooth Tidak/Ya
Game Java, 2 embedded
Download Ya, multiple
Fitur Lainnya Alarm, image editor, world time, calculator, converter, picsel viewer, dll.

Tips SGH-D830
Kedalaman layar ponsel ini cukup tinggi, apalagi jenis yang diadopsi adalah kualitas TFT. Urusan konsumsi energi menjadi isu yang penting mengingat kapasitas baterai juga tidak begitu besar. Agar lebih efesien lakukan seting brightness pada layar. Juga tidak ada salahnya atur keypad light, pada kondisi siang hari atau terang tidak perlu keypad light selalu menyala.

Kompetitor
Motorola V3x
- 2 megapixels plus flash light
- Layar TFT 262 ribu warna
- Bluetooth
- T-Flash/Micro SD card

(Okt06)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Sepertinya review D830-nya copy paste deh. Aku pake D830. Yang benar bukan punya dual speaker, tapi loudspeaker menyatu dengan earpiece. So, suaranya kecil. Kalo dipakai calling dengan mode loudspeaker suaranya cempreng banget.
Tapi kalo dengerin musik pakai headset mantap banget.