30 Mei 2008

Samsung SGH-C300


















Tampil Simpel Tanpa Kamera


“Hadir tanpa bekal kamera dan fasilitas koneksi, namun ponsel ini tetap memiliki ciri khas tersendiri lewat mobile tracker dan SOS message”

Fitur Unggulan
Phonebook
Plus
- Berjumlah 1000 entry
- Dibekali speed dial

Minus
- Input entry hanya empat data yakni nomer ponsel, rumah, rumah dan email

SOS Message
Plus
- Mudah digunakan dengan akses jalur SMS
- Belum diterapkan oleh vendor-vendor lain

Minus
- Jumlah nomer yang dituju terbatas (5 recipients)
- Pesan darurat belum bisa dirancang dengan teks pribadi

Layar
Plus
- Layar 65 ribu warna, masih yang terunggul di kelas ponsel low end

Minus

- Visualiasi layar tidak begitu maksimal dengan teknologi STN


Samsung Mobile kembali menghadirkan ponsel di kelas ultra low end. Kali ini yang ditawarkan yakni seri Samsung SGH-C300. Ponsel low end dengan desain sliding ini rancangannya cukup kompak, namun sesuai dengan fokus segmen dan harga yang nantinya ditawarkan, SGH-C300 tidak dibekali fasilitas kamera. Meski dikodratkan di kelas ultra low end, SGH-C300 dibekali dengan sentuhan-sentuhan fitur standar terkini khas Samsung. Sebagaimana jenis ponsel low end lainnya, SGH-C300 dirancang tanpa banyak ornament alias minimalis dengan balutan body full warna hitam. Dalam desain keypad dan tombol navigasi pun tak nampak sesuatu yang istimewa.

Visual layar SGH-C300 ditunjang dengan teknologi STN (super twisted newmatic) dengan kedalaman 65 ribu warna. Tingkat resolusi layar yakni 128x160 pixels dengan dimensi 28x35 mm. Adopsi STN sudah lumrah dipakai ponsel low end, tapi di seri SGH-X530 yang juga masuk golongan ultra low end terbaru sudah dibekali layar TFT (thin film transistor). Hasil visual TFT tentu lebih baik ketimbang STN. Tiadanya kamera menjadikan pilihan image wallpaper begitu minim. Untuk itu SGH-C300 menyediakan 11 jenis koleksi wallpaper, termasuk digital clock, analog clock dan calendar.

Fungsi navigasi dan keypad juga terlihat biasa-biasa saja. Tombol navigasi empat arah dapat di set untuk shortcut akses ke empat menu sesuai pilihan. Pada bagian tengah tombol navigasi seperti biasa terdapat shotcust internet akses. SGH-C300 tampil begitu sederhana, tidak ada instrumen luar seperti tombol volume sekalipun. Yang ada cuma headset jack dan slot charging di bagian bawah body.

Untuk urusan memori, SGH-C300 mengandalkan total memori sebesar 2 Mb. Dari total jumlah tersebut 700 Kb dimanfaatkan untuk keperluan messaging SMS dan MMS, serta kapasitas untuk melodi dan download picture sebesar 1624 Kb. Untuk games yang berbasis Java dialokasikan 512 Kb. Dalam versi uji coba SGH-C300 dibekali empat game embedded yakni Snowball, Minesweeper, Sudoku dan Tetris.

Internet, Messaging dan Hiburan
Akses internet terdapat dalam menu WAP browser di Fun Box. Dalam versi jualnya nanti pihak Samsung Mobile akan menggunakan sistem inject proxy setting GPRS operator lokal. Di menu internet terdapat sembilan alokasi halaman WAP favorit, disammping satu alamat yang disediakan untuk akses ke WAP Samsung Fun Club. Fasilitas internet ditunjang GPRS kelas 10 dan WAP 1.2 browser. Untuk mendukung kemampuan messaging, fasilitas long SMS disediakan sampai 918 karakter. Sistem sending SMS diberikan kemudahan berkat pengiriman ke 20 nomer sekaligus. Kelengkapan untuk pengetikan masih ada size font formatting, underline dan strikethrough.

Menambah variasi tersedia EMS (Enhanced Message Service), disediakan 24 koleksi EMS picture, 10 embedded animation dan add emoticon. Sedang untuk MMS (Multimedia Message Service) disiapkan untuk ditambahkan teks sampai 1224 karakter, disamping moda add sound dan picture. Memudahkan dalam pengiriman MMS, bisa diatur fungsi delivery time MMS mulai dari immediately, 6 hour later, 12 hour later, 1 day later dan 1 week later.

Untuk fitur hiburan tentu jangan bayangkan Anda bisa menikmati fitur seperti MP3 player. Sebab ponsel ini tak punya bekal hiburan untuk urusan musik. Bekal hiburan hanya dipasrahkan pada empat games dengan sistem Java MIDP 2.0. Meski games dibekali dengan sound tapi visual layarnya terlihat kurang begitu maksimal. Dalam hal kemampuan sound, SGH-C300 dibekali sepuluh jenis nada dering polifonik 16 cord. Beberapa sistem moda ponsel yang dapat menggunakan sound yakni SMS, MMS, alert, slide tone dan power on/off

Ukuran Aktual
Dimensi :92 x 44 x 18,8 mm
Dari segi dimensi ponsel ini tampak cukup pas digunakan dalam genggaman orang kebanyakan. Ukuran yang tidak terlalu besar, juga tak terlalu kecil membuat ponsel ini mudah diselipkan di saku.

Berat : 94 gram
Jelas bukan masuk dalam golongan ponsel teringan, tapi dengan bobot 94 gram tentu tidak ada masalah buat penggunaan ponsel ini.

Baterai : Lthium Ion 800 mAh
Keterangan vendor : Waktu bicara hingga 7 jam dan waktu siaga hingga 325 jam
Hasil test : Dengan fitur dan fasilitas yang terbatas membuat konsumsi energi ponsel ini terbilang hemat. Dalam uji coba dalam kurun waktu tiga hari siaga, icon bar di ponsel ini belum mengalami penurunan.

Aplikasi
SOS Messagge
Pengaturan aplikasi SOS message di SGH-C300 terdapat di dalam menu messages. Opsi untuk sending dan receive option di set secara terpisah. Maksimum SOS message dapat di set ke 5 nomer sekaligus, serupa dengan yang tardapat pada SGH-X530. Pengiriman pesan dapat dilakukan satu sampai lima kali. Sebelum menggunakan SOS message, lakukan klik message > SOS message > sending option > on. Jika sudah aktif maka di layar akan muncul lampu warna biru.

Mobile Tracker dan Policy
Kedua aplikasi ini sengaja dirancang untuk tujuan keamanan sang pengguna, keduanya terdapat dalam menu security. Mobile tracker berfungsi untuk mengirim info nomer kartu SIM baru ketika kartu SIM lama dilepas. Untuk hal tersebut diperlukan proses pairing setting terlebih dahulu yang dilengkapi dengan password. Tujuan mobile tracker yakni untuk mengetahui keberadaan ponsel yang hilang meski telah berganti kartu SIM. Sedang privacy adalah perlindungan lewat password untuk beberapa menu seperti MMS, memo list, images dan sounds.

Highlight Performa
Bagi Anda yang membutuhkan ponsel keluaran terbaru tapi hanya ingin berbekal fitur sederhana, SGH-C300 rasanya layak menjadi pilihan. Tidak ada beban fitur-fitur yang ‘berat’, membuat ponsel ini lumayan hemat energi, ditambah lagi keypad light juga tersedia untuk mengatur pencahayaan di waktu yang dapat disesuaikan. Mungkin yang bakal menjadi kendala adalah fasilitas konektivitas, SGH-C300 tidak dibekali dengan infrared sekalipun. Meski demikian ponsel in dapat beroperasi dengan baik, kualitas pancaran suara dilengkapi dengan fasilitas spaker phone. Untuk fungsi sliding pun bisa membuka dan menutup dengan lancar. Adanya mobile tracker dan SOS message jelas menjadi ciri utama kehadiran ponsel ini.

Spesifikasi
Harga : kurang lebih Rp 800.000,-
Memori Internal : 2 Mb
Sistem operasi : Proprietary
Layar : STN 65 ribu warna
Phonebook : 1000
Jaringan : GSM dual band
Konektivitas : USB cable
Game : Java, 4 embedded
Nada dering : Polifonik 16 cord

Organiser
Fitur ini jelas sesuatu yang wajib hadir di setiap ponsel, tidak terkecuali di ponsel Samsung ini,. Terdiri dari alarm multi fungsi, kalender, time & date, kalkulator, to do list, voice memo 100 Kb dan currency exchange

Harga
Kabarnya ponsel ini perdananya akan ditawarkan dengan harga Rp 800.000,-. Melihat dari fitur dan kondisi persaingan di kelas ponsel low end, rasanya Samsung Mobile perlu menurunkan harga perdana ponsel ini.

(Mar07)

Tidak ada komentar: