3 Jul 2008

Kayu Pemblokir Sinyal Ponsel















Material kayu ternyata bisa dijadikan pemblokir sinyal ponsel yang ampuh. Menggunakan bahan campuran magnetik dan kayu sari buah apel, menjadikan solusi ini cukup unik untuk diterapkan


Telah beragam inovasi ditelurkan untuk memblok sinyal dari ponsel. Mulai dari menggunakan metode jamming frekuensi sampai teknologi material cat khusus. Seiring tuntutan akan perlindungan dan privasi yang kian meningkat, mendorong Hideo Oka, engineer dari Iwate University di Morioka - Jepang, untuk merancang bahan material kayu yang bisa memblok sinyal ponsel. Bahkan tak hanya sinyal ponsel yang bisa diblokir, sinyal pancaran lain seperti Bluetooth dan WiFi pun juga bisa diblokir oleh jenis kayu ini. Bagaimana bisa?

Jenis kayu yang dibuat Hideo Oka tentu bukan jenis kayu murni, melainkan hasil dari bahan kayu campuran. Metode pembuatan kayu ini pertama dengan melapisi seluruh permukaan lapisan kayu dengan ferrite powder. Ferrite powder tidak lain adalah jenis bubuk yang mengandung bahan magnet nickel zinc. Sebelum proses tersebut, bahan ferrite powder dicampur dengan bubuk kayu sari buah apel (cider wood powder). Nah, setelah proses pencampuran selesai, hasilnya berwujud material kayu baru, dan kemudian disatukan dengan tekanan tinggi (pressing) ke bahan kayu asli. Hal ini dilakukan agar bahan-bahan campuran bisa menyerap ke partikel kayu.








Selain menyatukan dengan metode pressing, Hideo Oka juga membuat metode lain dengan sistem sandwiching, yakni menempatkan bubur kayu yang mengandung ferrite powder diantara dua panel kayu. Lalu bagaimana dengan hasil uji coba? Hideo Oka menjajal keampuhan jenis kayu ini dengan menghadapi ‘serangan’ dari gelombang antena radio broadcast mini yang memakai frekuensi 900 Mhz dan 1.8 Ghz, jenis frekuensi yang digunakan oleh GSM (Global System for Mobile Commmunication).

Dalam situs Mobile Tech Today (www.mobile-tech-today.com), disebutkan antena yang diuji juga mampu mem-broadcast pada frekuensi diatas 2.5 Ghz, lebar frekuensi ini yang juga digunakan oleh teknologi akses seperti bluetooth dan IEEE.802.11 atau dikenal dengan istilah WiFi (wireless fidelity). Hasil uji nyatanya cukup memuaskan, menggunakan bahan kayu campuran sandwich dengan ketebalan 4 milimeter, gelombang sinyal dan radiasi microwave berhasil diserap sampai tingkat 97 persen. Untuk memperkuat penyerapan sinyal, pengguna bisa memambahkan ketebalan bahan sandwich ferrite powder.

Hideo Oka merancang solusi ini untuk adaptasi yang sederhana, seperti untuk rancangan pintu dan dinding ruangan. Meski tidak diketahui soal harga, tapi Hideo Oka percaya bahwa kayu pemblokir sinyal bisa dijual dengan harga murah, mengingat campuran materialnya tidak terlalu rumit. Apalagi jenis panel kayu bisa menggunakan bahan kayu daur ulang dan jenis kayu sisa.

(Nov07)

Tidak ada komentar: