25 Jul 2008

Samsung SCH-S299




















Andalkan SOS Message dan FM Radio


Fitur Unggulan
Kesan simpel menjadi andalan tersendiri buat ponsel ini, untuk fitur rasanya SOS message dan FM radio yang layak menjadi unggulan

Sudah sekian kali bagi Samsung memperkenalkan produk CDMA di Tanah Air, dan kebanyakan CDMA keluaran Samsung identik hadir di kelas middle end. Nah, masih di kelas yang sama, PT. Samsung Electronics Indonesia (SEIN) kembali menghadirkan SCH-S299, sebuah ponsel CDMA dengan desain candybar yang simpel, sesuai pangsa pasarnya. Fasilitas dan fitur di ponsel ini cukup sederhana, tidak ada bekal kamera, Namun fitur terlihat cukup fungsional dengan menu standar khas di kelasnya.

SCH-S299 dibekali teknologi layar STN (Super Twisted Newmatic) dengan kedalaman 65 ribu warna, tingkat resolusi 128x128 pixels. Jenis teknologi yang dipilih memang sudah terbilang kuno untuk saat ini, meski wajar digunakan untuk kelas ponsel middle end. Dengan minimnya fitur dan fasilitas, tidak banyak yang bisa diceritakan dari ponsel ini. Untuk urutan menu terdiri dari calls, contact, message, utilities, entertainment dan settings.

Untuk message hanya bisa melakukan fungsi SMS dengan maksimum 160 karakter. Kapasitas memori SMS yang tersedia juga cukup ngepas dengan 100 inbox. Selain FM radio, pada menu entertainment terdapat dua koleksi game standar, yakni Gaza dan Honey Ball. UTK (R-UIM Tool Kit) browser dari operator juga ditempatkan dalam menu entertainment.
Walau tampil sederhana, menu settings lumayan cukup komplit. Nada dering dengan 32 polyphonic cord memiliki 14 koleksi melodi. Kemudian ada pilihan wallpaper standar, pengaturan backlight LCD/keypad dan pilihan dialing font (rainbow dan black). Untuk keamanan penggunaan, auto key lock bisa di set setelah 15, 30 dan 60 detik.

Aplikasi
SOS Message

Ini adalah fitur wajib bagi ponsel Samsung, tapi tidak dengan produk kompetitor lainnya. Disinilah letak keunggulan SCH-S299. SOS message tedapat dalam menu message, dan dalam pengoperasian dilakukan lewat shortcut tombol volume. SOS message bisa menampung sampai 10 nomer tujuan dengan pengulan (repeat) mulai dari 3 sampai 5 kali.

FM Radio
Adanya radio lumayan menjadi hiburan di ponsel. Keunggulan fitur radio bisa dilihat dari channel set, dan di ponsel ini terdapat 12 channel set dengan kemampuan speaker on. Kemampuan FM radio yang juga berguna yakni set alarm lewat radio, bisa di set setiap hari atau satu kali. Seperti biasa, fitur ini hanya bisa dinikmati bila headset dalam posisi terpasang.

Performa
Ponsel ini cukup pas bagi Anda yang menginginkan ponsel CDMA standar, kemampuan speaker phone cukup baik, dan untuk kemudahan layanan bahasa Indonesia sudah tersedia. Meski belum tentu bisa dioptimalkan, SCH-S299 sudah dibekali platform BREW (Binary Runtime Environment for Wireless) PlayRoom untuk keperluan gaming. Meski tak memiliki fitur pemutar musik, ponsel ini ternyata juga dibekali airplane mode.


Dimensi : 45.6 x 106 x 13.9 mm
Berat : 72 gram

Baterai : Li Ion 800 mAh
Keterangan : Tidak ada keterangan resmi dari vendor tentang daya tahan baterai. Dalam uji coba, ponsel ini bisa memiki waktu siaga hingga 4 hari, dimana pengguaan voice minim.

Spesifikasi
Harga : Dibawah Rp 1 juta
Jaringan : CDMA2000-1x 800 Mhz
Phonebook : 500
Nada dering : Polyphonic 32 cord
Layar : LCD STN 65 ribu warna
Konektivitas : USB

(Jan08)

Tidak ada komentar: