7 Jul 2008

Samsung SGH-G800



















Selengkap Kamera Profesional


Fitur Unggulan
Untuk fitur imaging SGH-G800 kini jadi ponsel yang tercanggih dikelasnya. Ditambah lagi dukungan internet powerful HSDPA dan fasilitas multimedia terbaru.

“Walau berwujud ponsel kamera, tapi soal kemampuan imaging ponsel ini sudah setara dengan kamera para profesional”

Kamera
(+)
- 5 Megapixels (2592х1944 pixels)
- Xenon flash light
- Optical inner zoom (3x)
- Fasilitas macro dan panorama
- Face Detection
- Anti shake
(-)
- Tidak ditemukan

Internet
(+)
- Mendukung fungsi 3G/video call
- Akses HSDPA 7,2 Mbps
- Access Net Front browser v3.4
(-)
- Tidak ada fasilitas WLAN




















Seperti sudah banyak disebutkan, G series dari Samsung Mobile memang diciptakan untuk keunggulan imaging. Bila di edisi lalu, diulas test Samsung SGH-G600, kini PT. Samsung Electronics Indonesia juga sudah menyiakan seri G lanjutan yang lebih padat teknologi dan fitur, terutama fokus pada peningkatan kemampuan imaging dan akses 3G. Samsung SGH-G800 oleh sang vendor diberi tag line “Photographer Choice” dan baru diperkenalkan secara resmi Dalam ajang “Samsung Rendezvous with History” di British Museum, London – Inggris akhir Oktober 2007.

SGH-G800 dirancang dengan nuansa warna silver, dengan paduan bahan metal dan plastik. Bahkan bisa dikatakan elemen metal cukup dominan. Walau menjadikan bobot ponsel cukup berat (129 gram), tapi tampilan SGH-G800 ikut terangkat luks, tak ubahnya konsol kamera digital dengan bandrol premium. SGH-G800 dirancang dengan desain sliding up yang halus hentakan, serta tombol keypad yang berukuran relatif besar. Bila tampilan depan menampakkan wujud ponsel, tampilan back cover telah menjelma layaknya konsol kamera. Posisi lensa dan flash light dilindungi dengan cover kamera aktif, tak ketinggalan keberadaan tombol shutter dan zoom. Untuk sesi foto dan rekam video, posisi layar menjadi bentuk landscape.

Kamera, Internet dan Musik
Banyak hal yang bisa diungkap dari unsur kamera, terutama pada penerapan fitur yang biasa digunakan pada kamera SLR professional. Diantaranya red eye reduction, untuk menghilangkan efek bola mata berwarna merah saat penggunaan flash, lalu anti shake, berguna untuk menjaga fokus gambar agar terhindar dari goncangan. Itu masih belum seberapa, masih ada lagi macro, berguna untuk memfoto detail obyek dalam jarak sangat dekat, lalu fasilitas panorama, bermanfaat untuk memfoto obyek dalam dimensi luas, hingga mencapai 180 derajat atau lebih. Untuk kualitas foto, didukung parameter ISO 100/200/400 dan automatic. Tapi ada lagi fitur yang paling mutakhir, yakni face detection, fitur ini memungkinkan obyek wajah “direkam” cepat dalam proses auto fokus.

Resolusi 5 Mpix memang bagus tapi tentu membutuhkan ukuran memori lebih besar. Untuk itu juga ditawarkan resolusi 3 Mpix/ 2 Mpix/ 1.3 Mpix dan VGA. Khusus front camera, resolusi maksimum hanya sekelas VGA. Moda pemotretan bisa di set single/multi/mosaic dan frame shot. Kemampuan rekan video juga sudah yang terdepan, resolusi video bisa mengadopsi hingga standar VGA, format video juga bisa dipilih antara 3GPP atau MP4. Baik foto dan rekam video juga dibekali menu tambahan seperti white balance, aneka efek, dan exposure matering.

Dukungan internet cukup maksimal dengan adanya akses 3.5G (HSDPA) hingga kelas 7,2 Mbps. Malah kini masih terbilang jarang ponsel dengan akses HSDPA 7,2 Mbps. Akses standar internet tetap menggunakan GPRS kelas 10 dan EDGE kelas 10 hingga 236,8 Kbps. Dalam uji, Selular berhasil mengakses situs www.selular.co.id secara cepat dengan browser Access Net Front v3.4. SGH-G800 juga dikenal sebagai blog mobile phone, dimana tersedia menu akses langsung ke blog Shozu, Anda bisa upload dan download bermacam file dari ponsel, dengan syarat Anda harus memiliki account Shozu sebelumnya.

Di segmen musik, pemutar musik bisa mendukung format MP3/MIDI/AAC/AAC+, e-AAC+, WMA dan ASF. Ada yang baru dari pemutar musik di SGH-G800, yakni menu rate track, Anda bisa memilah musik di album hingga 5 level pilihan. Selain menu yang sudah umum seperti repeat mode, shuffle, bluetooth stereo dan background playing atau multi tasking mode. Fitur-fiur diatas didukung kapsitas memori internal dinamis 110 MB, dan tambahan slot micro SD sampai kapasitas 4 GB.

Ukuran Aktual
Dimensi : 101 x 52 x 18,8 mm
Termasuk dimensi yang besar untuk ukuran ponsel, tapi minimal untuk sebuah konsol kamera.
Berat : 129 gram
Komponen metal dan fasilitas yang lengkap membuat bobot ponsel menjadi relatif berat.

Baterai : Lithium Ion 1000 mAh
Versi vendor menyebut baterai memiliki waktu siaga hingga 220 jam, dan waktu bicara hingga 200 menit. Dalam uji coba, ponsel memang tak terlihat boros dengan adopsi kapasitas baterai yang besar.

Aplikasi
Video Editor

Selain image editor, SGH-G800 juga dibekali video editor. Aplikasi ini bisa membantu Anda merangkai sekuel cuplikan video, foto dan suara/lagu ke dalam putaran video yang utuh. Anda bisa mengambil koleksi data yang ada dari menu insert. Aplikasi ini adalah yang pertama diterapkan di ponsel Samsung. Format video bisa disimpan dalam bentuk 3GPP atau MP4.

FM radio
Masih seperti biasa, untuk memutar FM radio headset harus terhubung ke ponsel. FM radio bisa menyimpan channel stasiun radio hingga 58 buah. And bisa melakukan manual atau automatic tuning. Untuk mengatur kemudahan, Anda bisa mengatur channel interval antara 100 Khz dan 50 Khz. Aplikasi ini juga bisa berjalan multi tasking.

Highlight
Performa

SGH-G800 pas disebut ponsel yang luar biasa. Belum ada di Indonesia ponsel yang menggunakan inner optical zoom, dimana sudut lensa bisa terlihat maju mundur, walau terlihat kecil dalam frame lensa kaca yang terlindung. Keberadaan Xenon flash light juga menjadi poin tersendiri, dimana hasil pancaran cahaya terbukti sangat jelas dan terang untuk pemotretan malan dan indoor. Untuk pancaran suara, SGH-G800 juga dibekali dual speaker stereo. Meski banyak kelebihan disana sini, sebenarnya sangat disayangkan Samsung Mobile tak membenamkan fasilitas WLAN.

Spesifikasi
Jaringan : GSM triple band / UMTS 2100 Mhz
Layar : TFT LCD 262 ribu warna (320 x 240 pixels) / 2,4 inchi
Memori Internal : 110 MB
Konektivitas : USB 2.0 / bluetooth v 2.0 A2DP/3G/HSDPA
Fitur lain : document viewer, multi alarm, world clock, converter, dll

RSS Feeds
Fitur ini membuat Anda lebih cepat mengakses situs favorit, Anda bisa mengatur ukuran files untuk auto download (max 5 MB). Juga bisa di set tipe download, mulai dari only text, image, audio atau video.

(Jan08)

Tidak ada komentar: