4 Jul 2008

Selancar dengan Web Run Time dan Widgets



















Tampilan visual layar yang jelas, atraktif dengan akses cepat sudah menjadi kebutuhan dalam web access. Web Run Time dan Widgest memberikan semua kebutuhan tersebut pada generasi terbaru ponsel Symbian seri60.


Ketersediaan akses mobile broadband membawa berbagai implikasi dalam pemanfaatan fitur. Salah satunya seperti akses browsing dan blogging di layar ponsel. Meski akses browsing bukan sesuatu yang kelewat baru, nyatanya fitur ini tak berhenti berkembang, arahnya jelas adalah teknologi web access seperti yang ada di PC. Nokia dan Symbian di akhir tahun lalu membuat gebrakan dalam menampilkan fitur web browsing dengan sistem Web Run Time dan widgets.
Web Run Time menjadi satu paket dalam standar Symbian seri60 third edition, feature pack 2.

Web Run Time sendiri adalah aplikasi development environment yang memungkinkan pengembangan widgets dengan aplikasi-aplikasi web lainnya untuk piranti mobile menggunakan teknologi standar, seperti AJAX, javascript, CSS dan HTML. Web run-time menawarkan banyak kemungkinan untuk pengembangan aplikasi web. Aplikasi yang menggunakan teknologi standar, memungkinkan para pengembang menciptakan widgets baru yang inovatif sekaligus memindahkan widgets yang sudah ada dari desktop ke ponsel seri60 dengan mudah.

Sedangkan widgets (window gadget) adalah berbagai komponen pada gratifis layar (user interface), seperti halnya checkbox dan tombol-tombol lain. Istilah widget kini juga diartikan sebagai program-program kecil yang bisa dijalankan pada berbagai sistem operasi, selain di komputer kini sudah berkembang di ponsel. Aplikasi ini kemudian dikenal dengan sebutan widest. Dalam pengembangannya, widgets bisa dipergunakan untuk koneksi layanan konten web 2.0, aneka aplikasi utama seri60, GPS (Global Positioning System), phonebook, kalender, dan lain sebagainya. Saat ini Nokia membenamkan kemampuan Web Run Time dan Widgets pada seri N76 dan N95 yang baru saja diluncurkan.

Ragam Kemampuan Widgets
1. Share Foto

Dengan menggunakan widget, visual dari aplikasi seperti share foto dapat lebih baik dan teratur. Proses upload lebih efesien dan dibekali moda search dan upload gambar yang efektif. Singkatnya Anda akan lebih mudah melihat gambar-gambar penting, lebih cepat dan memudahkan untuk urusan mobile blogging.




2. RSS Feeds

RSS singkatan dari Real Simple Syndication adalah salah satu cara untuk mengambil berita dari sebuah website tanpa harus mengunjungi website tersebut. Reuters salah satu penyedia layanan RSS Feeds. Penyajian rubrik Top news, Technology, Business dan Sport dapat dinikmati layaknya di layar PC.




3. Weather Bug

Tampilan layar di situs ramalan cuaca umumnya kurang bervariasi. Dengan widgets info ramalan cuaca ditunjukan dalam moda temperatur, map dan radar.






4. Deal Finder

Untuk urusan bisnis dan belanja tampilan dengan widgets bisa dibuat lebih menarik, runtut dan memudahkan.







5. Chat

Vusual layar untuk chatting bisa sangat variatif. Tambahkan Avatar dan emoticons ke dalam pesan Anda. Tunjukan karakter dan perasaan pada lawan chat.


(Jun07)

Tidak ada komentar: