9 Jul 2008

Saatnya BTS Hadir Rumah



















Ukuran BTS kian kecil dan canggih. Kali ini femtocells, sebuah mini BTS siap dipasarkan untuk pangsa perumahan. Telah berbekal akses 3G/HSDPA dan keunggulan sistem plug and play


Rasanya sudah umum bila belantara BTS (Base Tranceiver Station) operator hadir disekitar lingkungan, wujud yang mudah dikenali bisa terlihat dari penampakan tiang/menara BTS dan sosok shelter (rumah BTS). Begitu juga dalam lingkungan indoor, hampir tak ada lokasi komersial yang lepas dari “hujan” cell BTS baik lewat pico cell dan nano cell. Tapi pernahkah terbayang bila BTS hadir dan ditempatakan khusus di dalam rumah? Jawabannya adalah mungkin dan kini memang tengah dikembangkan untuk pasar komersial di kawasan Eropa. Konsep BTS ini dinamakan femtocells, sebuah BTS mungil yang sengaja disiapkan untuk pasar perumahan dengan dukungan akses 3G mobile broadband.

Femtocells saat ini tengah diusung oleh beberapa vendor jaringan seperti Ubiquisys dan ip.access. Ide rancangan femtocells berasal dari kebutuhan akan akses 3G yang kurang optimal di dalam area indoor. Seperti diketahui jaringan 3G/HSDPA beroperasi pada frekuensi tinggi, lebih lebar dibanding bandwidth pada jaringan GSM, karakter sinyal radio ini membuat penetrasi sinyal 3G menjadi terhambat bila melalui obyek seperti tembok gedung. Padahal disisi lain, operator harus terus meningkatkan ARPU (Average Revenue Per User) dari pemakaian 3G, mengingat banyak investasi 3G operator yang belum kunjung balik modal.

Lewat femtocells, operator mendapat pilihan baru untuk menghadirkan akses 3G dengan biaya relatif murah. Pasalnya investasi pengembangan 3G bisa lebih di hemat, terutama pada jaringan makro, mengurangi gelar node B (BTS 3G), meningkatnya akses penggunaan jaringan 3G/HSDPA dan kesempatan operator untuk mennggelar layanan premium. Sedang konsumen juga tak kalah diuntungkan, terutama hadirnya kualitas mobile broadband yang prima di dalam rumah/gedung dan skema tarif dan billing yang di bundling. Tidak ketinggalan femtocells bisa juga beroperasi seamless dari dan ke jaringan selular luar.

Meski seamless, femtocells adalah jaringan private, hanya nomer ponsel anggota yang bisa menikmati jaringan femtocells. Seperti ZoneGate, parangkat femtocells buatan Ubiquisys, dalam spesifikasi ZoneGate bisa meng handle trafik 4 ponsel. Bagaimana proses kerja femtocells? Perangkat yang juga disebut sebagai 3G access point ini ditempatkan dengan memanfatkan jaringan internet ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) yang sifatnya stand alone. Jaringan ini menjadi jalur akses voice dan data dari femtocells ke jaringan operator, setelah tentunya melewati beberapa tahap, lihat bagan.














Hebatnya instalasi femtocells cukup mudah, dengan menganut pola plug and play. Selayaknya jaringan akses internet, tetap dibutuhkan peran ISP (Internet Service Provider). Dalam rancangan skema yang ditawarkan Vodafone, tarif ISP akan di bundling dengan total gelar layanan.

“Selain keunggulan di sisi teknis, femtocells dapat secara langsung meningkatkan kapasitas jaringan operator, dan dengan pola ini bisa lebih mengikat loyalitas pelanggan. Konsumsi baterai ponsel juga akan lebih hemat, sebab cell BTS berada di dalam rumah”, ujar Stephen Mallinson, CEO of UK Femtocells. Lebih dari itu diperlukan kerja keras dalam gelar femtocells di lapangan, mengingat yang digelar merupakan jaringan frekuensi berlisensi. Femtocells dalam paketnya bisa dikombinasikan dengan WiFi router, dan lebih luas bisa digabungkan ke dalam konsep UMA (Unlicensed Mobile Access).

Menurut informasi, biaya hardware femtocells per rumah adalah 100 dollar AS, belum termasuk biaya instalasi yang mungkin bisa dua kali lebih tinggi. Selain telah dilirik oleh operator besar di Eropa, pengembangan femtocells juga mendapat dukungan dari Motorola dan Google. Bahkan Google ikut investasi dana pengembangan femtocells di Ubiquisys. Pihak operator, selain punya alasan dapat meningkatkan ARPU, sebenarnya operator sangat berkepentingan dengan hadirnya femtocells yang konon pas untuk menangkal pemakaian VoIP yang kian merebak.

Spesifikasi Femtocells PC8208 3GPP HSDPA/Rel5 Femtocell Basestation PHY

Radius Cell 200 meter
Jumlah Antena 1
Maksimum Equipment speed 10 Km/jam
Maksimum traffic capacity Voice 12.2 Kbps AMR
Maksimum HSDPA data rate 7.21 Mbps
Maksium ponsel yang bisa dilayani 4 secara bersamaan

(Des07)

Tidak ada komentar: