28 Jul 2008

Samsung SGH-E590




















Kesan Standar, Kemampuan High End


“Dibalik desain yang simpel, banyak fitur dan fasilitas modern yang dibenamkan di SGH-E590.. Sebuah potret keunggulan produk di kelas middle end”

Fitur Unggulan
Fitur dan fasilitas multimedia rasanya cukup lengkap di ponsel ini, contohnya kamera 3 Mpix, kapasitas memori besar, bluetooth stereo, layar 262 ribu warna, FM radio dan SOS message.

Pemutar Musik
Keunggulan
- Mendukung format MP3/AAC/AAC+/E-AAC/WMA player
- Dilengkapi equalizer
- Dilengkapi 3D sound
- Multi tasking
- Bluetooth stereo
Kekurangan
- Mono speaker

Kamera
Keunggulan
- Kamera 3.15 megapixels
- Dilengkapi aneka menu pendukung
- Dibekali image editor
- Foto Panorama
Kekurangan
- Tidak ada flash light


Ponsel dengan kelengkapan fitur high end umumnya identik dengan rancangan mewah, futuris dan tentunya berharga jual mahal. Tapi implikasi persaingan pasar yang ketat, pola diatas tak lagi menjadi patokan. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya Samsung SGH-E590, ponsel candy bar ini bila ditengok terkesan sebagai ponsel yang ‘sangat biasa’, desainnya sederhana dengan material plastik khas ponsel-ponsel middle end. Tapi dibalik itu semua, SGH-E590 punya bekal fitur dan fasilitas ponsel high end, ambil contoh kamera 3 Mpix, slot memori eksternal dan bluetooth stereo A2DP. Harga perdana yang ditawarkan juga terbilang cukup miring di kelasnya, tak sampai Rp 2 juta.

SGH-E590 tergolong ponsel mungil dengan pilihan warna hitam dan putih. Tampilan front cover terlihat begitu klasik, tuts keypad dibuat dengan ukuran 10 mm, cukup ergonomis dalam pengoperasian, begitu juga tombol navigasi empat arah. Dukungan layar pun tak sembarangan, layar tunggalnya sudah berbekal 262 ribu warna dengan teknologi TFT (thin film transistor). Ukuran layar 1.8 inchi dengan resolusi 220x220 pixels, tampilan layar bisa menampung hingga 5 baris teks di menu message.

Pada back cover, begitu kentara ikon ponsel berkamera. Posisi lensa sudut tetap dibuat agak menjorok keluar, layaknya lensa pada kamera poket. Mendukung dalam fasilitas kamera, SGH-E590 dilengkapi instrumen tombol shortcut untuk kamera, tombol zoom in/out dan tombol mode kamera. Deretan tombol instrumen kamera terletak di sisi kiri, menjadikan pengoperasian kamera cukup ergonomis dalam posisi landscape. Selain itu masih ada tombol volume disisi kanan, tidak seperti biasa, tombol volume tak bisa difungsikan sebagai tombol pembalik di menu kamera. Slot untuk charger, data dan headset terintegrasi, tepat dibawahnya ditempatkan slot kartu memori untuk micro SD.

Kamera, Pemutar Musik dan Konektivitas
Dengan harga kelas middle, SGH-E590 sudah menawarkan keunggulan foto kamera 3 Mpix (2048x1536 Mpix), selain ada opsi resolusi yang lebih kecil 1600x1200/1280x960/1024x768/800x600/VGA/320x240/220x220 dan 220x176 pixels. Sedang untuk rekam video, pilihan resolusi yakni 352x288/320x240/176x144 dan 128x96 pixels. Visual pengaturan menu-menu ditampilkan dalam posisi landscape. Fitur pendukung di kamera mencakup self timer, efek (black&white, negative, sepia, emboss, sketch, antique, moonlight dan fog). Masih ada lagi aneka pilihan frame, sunlight mode, white balance (daylight, incandescent, fluorescent, cloudy, sunset dan auto) dan ISO (auto/100/200 dan 400). Disayangkan tak ada bekal flash light di ponsel ini.

Berkaitan dengan musik, SGH-E590 terbilang cukup kaya, fitur pemutar musik telah mengadaptasi jenis teknologi terbaru, seperti multi equalizer, multi tasking dan kualitas 3D sound. Meski pancaran suara musik hanya dihasilkan oleh mono speaker yang terdapat di back cover. Tentu kehebatan pemutar musik masih dengan fasilitas bluetooth stereo. Pemutar musik terintegrasi dengan dukungan kapasitas memori yang besar. Untuk memori internal ada bekal 90 MB dan memori eksternal sampai 1 GB dengan micro SD.

Untuk koneksi SGH-E590 cukup lengkap layaknya generasi ponsel high end. Konektivitas langsung jarak dekat mengandalkan Bluetooth dan USB kabel data. Selain Bluetooth stereo, fungsi lain Bluetooth tak lain untuk file transfer, object push, dial up dan basic printing. Koneksi dengan USB seperti umumnya membutuhkan instalasi di sisi PC, dalam paket jual disertakan software Samsung PC studio 3.

Tak bisa dikesampingkan SGH-E590 memiliki fitur messaging yang cukup lengkap, mulai dari SMS, MMS hingga email client POP3. Fitur darurat khas Samsung juga tak ketinggalan, yakni SOS message. Untuk ketik SMS dibekali long message hingga 1920 karakter. Sedang untuk SOS message bisa menampung hingga 5 recipients number. Seperti biasa tombol SOS message menggunakan 4x tekan pada tombol volume. Maraknya SMS spam juga sudah diantisipasi oleh Samsung dengan adanya fitur block message.

Ukuran Aktual
Dimensi : 94 x 42 x 13.5 mm
SGH-E590 berdesain kompak dengan ukuran yang terbilang mungil.

Berat : 65 gram
Ukuran yang kecil berdampak langsung pada bobot ponsel yang ringan. Ponsel ini tergolong kelas ponsel Samsung yang teringan.

Baterai : Li-Ion 800 mAh
Menurut keterangan vendor, SGh-E590 memiliki waktu siaga hingga 300 jam dan waktu bicara hingga 4 jam. Dalam uji yang dilakukan selama dua hari penuh, ponsel ini terbilang cukup awet baterainya, dalam kondisi FM radio aktif selama 4 jam, ikon baterai tak berkurang. Energi baterai mulai terkuras saat bluetooth aktif.

Aplikasi
FM Radio
Radio menjadi salah satu aplikasi unggulan di SGH-E590. FM radio terdapat dalam menu Applications, seperti biasa untuk menikmatinya diperlukan koneksi langsung dengan headset stereo. Fasilitas simpan channel station hingga 10 entry, FM radio bisa diputar secara multi tasking dan suara bisa juga diperdengarkan lewat earphone. Keunggulan lainnya yakni terdapat 3 program reminder dan 3 set up alarm.

Image Editor dan Panorama
Ponsel kamera dengan kualitas resolusi tinggi akan terasa hambar tanpa image editor. Aplikasi ini merupakan bagian yang terpisah dari menu kamera. Dalam image editor, bisa dilakukan olah gambar mulai dari cropping, contrast, adjusting dan rotating. Meski tak terkait langsung dengan image editor, fungsi shot pada SGH-E590 juga mendukung seting panorama. SGH-E590 tercatat menjadi ponsel Samsung pertama yang dilengkapi panorama di Tanah Air.

Asesoris
Kabel Data USB
- Untuk melakukan sinkronisasi file dan data ke PC
- Tersedia dalam paket penjualan
Headset Stereo
- Bekerja dengan pola push to talk
- Sebagai kelengkapan wajib untuk menikmati FM radio
- Tersedia dalam paket penjualan.

Highlight
Performa
Ponsel ini rasanya cukup fenomena di kelasnya, tak banyak ponsel yang ditaewarkan dengan fitur sedemikian lengkap, tapi dengan nilai jual perdana cukup pas buat orang kebanyakan. Kinerja ponsel secara umum cukup optimal dalam hal voice dan konektivitas. Kemampuan imaging cukup lumayan, meski memiliki kelemahan dalam flash lighting. Untuk mempercepat akses ke menu favorit, SGH-E590 juga dibekali active menu di layar utama. Secara umum, user interface dan skin mengadopsi serupa yang diterapkan di seri ultra edition.

Tapi ada faktor yang juga perlu diperhatikan, kebanyakan koleksi game yang ditawarkan bersifat trial, ada batas waktu penggunaan sebelum Anda harus membeli. Memang koleksi game trial tergolong menarik seperti midnight pool, minigolf las vegas, paris Hilton dan Sonic The Hedgehog.

Spesifikasi
Harga : Rp 1.900.000,-
Sistem operasi : Proprietary
Memori Internal : 90 MB
Layar : TFT LCD 262 ribu warna
Jaringan : GSM Triple band (900/1800/1900 mhz)
Konektivitas : GPRS kelas 10, bluettoth dan USB
Hiburan : Java games, 2 embedded
Fitur lain : World clock, alarm, calendar, memo, converter, timer, dll.

Yahoo Search
Adanya situs pencari yang dibenamkan pada SGH-E590 mampu menambah performa akses browsing internet. Sebelumnya Samsung juga sudah membenambakan situs pencari lain, seperti google search.

(Okt07)

4 komentar:

erwin mengatakan...

saya sudah berulang kali cari casing samsung e590 tapi tidak ada juga.dmna saya harus mencarinya saya sendiri di bandar lampung tolong bantuannya.tempo hri loud speaker dari rusak,knp kualitas speaker kurang baik n saya juga skalian pesan casing di pusat service samsung jakarta tapi tetap alasannya tidak ada. tlong klu nerbitkan hp lengkapi dengan suku cadangnya supaya konsumen puas dngan playanannya...tolong.

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...

Setahu saya memang Samsung e590 tidak dijual dalam pilihan casing optional. Alias tidak bisa diganti-ganti seperti halnya hape nokia. Salah satu kelemahan Samsung ada di dukungan asesoris dan suku cadang, jangankan di lampung, di jakarta pun demikian

Anonim mengatakan...

Di player musiknya satu playlistnya koq cuma bisa muter 30 lagu, n ga bisa muterin semua lagu. apa bisa mainin semua lagu yg da di krt memori.

Ozi mengatakan...

saya sudah memakai hp ini kurang lebih satu tahun selama ini tidak ada keluhan,tapi stiap saya mencoba download game yang ukurannya 290kb keatas gagal dan ada tulisan Jar file is over max size knapa ya padahal saya lihat di java memory masih terpakai 1/4 saja berarti masih cukup kenapa ya?apa hp saya ada masalah lain makanya jadi begitu,mohon diberitahu solusinya.terima kasih.