13 Jul 2009

Samsung SGH-D980




















Dual On Dengan Layar Touch Wiz

“Untuk kelas dual on, D980 adalah yang pertama dilengkapi kamera 5 Mpix, ditambah navigasi atraktif dengan konsep drag and drop”


Samsung Mobile punya segmen khusus untuk menandakan produk ponsel berkualifikasi dual on (dua jaringan aktif bersamaan), yakni dengan label ”DuoS”. Dan kini Samsung Mobile kembali menghadirkan seri ponsel DuoS ketiga di Tanah Air. Seri yang dimaksud yakni Samsung SGH-D980. Ponsel ini berdesain full layar sentuh dan menjadi keluarga terbaru kelas DuoS setelah seri SGH-D880 dan SGH-D780. Kualifikasi yang disandang D980 yakni dual on GSM-GSM.

Untuk kelas ponsel dual on, rancangan yang ditawarkan D980 terbilang revolusioner, terutama pada konsep full layar sentuh dengan terobosan drag and drop layar utamanya, Samsung menyebutnya sebagai Touch Wiz. Tidak ada bekal keypad konvensional, semuanya serba virtual di layar. Konsep inilah yang jadi fenomena pada Apple iPhone. Konsep rancangan dan ukuran D980 hampir sama persis dengan seri SGH-F480. Fitur yang dinggulkan yakni kamera lima megapixels. Lain dari itu fitur dan fasilitas yang ditawarkan terlihat biasa saja, seperti pemutar musik, FM radio dan bluetooth dengan kemampuan A2DP



Desain
Karena mengandalkan full layar sentuh, D980 tampak begitu minimalis. Selain panduan navigasi yang ada di layar, ponsel ini juga dilengkapi tombol pengautur navigasi yang berada dibawah layar, seperti tombol jawab, tombol kembali dan tombol akhiri panggilan on/off. Seperti biasa di sisi ponsel ada tombol pengatur volume dan tombol shortcut aktivasi kamera. Pengujian : melakukan panggilan bergantian dari dua kartu GSM yang digunakan. Nilai : 3,33. Catatan : agar navigasi menu di layar tak tersentuh secara tak sengaja, terdapat tombol pengunci layar di sisi kiri.






Layar

Sebagian besar olah navigasi menu dilakukan lewat layar sentuh resistive TFT 262 ribu warna, persis dengan konsep iPhone. Layar sentuhnya memiliki bentangan 40x53 mm, atau sekitar 2,6 inchi. Sedikit lebih kecil dengan bentangan layar SGH-F480 dengan ukuran 2,8 inchi. Moda layar pun terbagi menjadi dua, yakni pilihan layar menu dan layar widget. Pengujian : olah navigasi ke beberapa menu dari list widget dan menu panggilan. Nilai : 3. Catatan : drag and drop menu hanya bisa dilakukan dari layar widget.

Keypad
Sebagai ponsel yang mengusung full layar sentuh, keypad hanya dapat dinikmati secara virtual. Cukup mudah untuk menampilkan keypad virtual, semisal pada menu message dan memo. ”Tombol” virtual dirancang dengan bentangan 10 mm, cukup nyaman untuk navigasi lewat jari telunjuk. Pengujian : mengetik pesan SMS lewat jari telunjuk dan stylus pen. Nilai : 2,92. Catatan : Agar lebih presisi memilih menu gunakan stylus pen yang disediakan. Ukuran papan ketik untuk teks SMS terbilang kecil. Tidak ada pilihan yang menampilkan opsi QWERTY keypad.

Pemutar Musik
Dari vendornya, ponsel ini bukan dirancang sebagai ponsel musik, tapi dilihat dari kemampuan fitur musiknya, D980 tak kalah dengan F480. Aneka format musik bisa diputar seperti MP3/AAC dan AAC+. Sedang untuk fasilitas navigasi yang ada mencakup repeat mode, shuffle, pilihan efek dan pastinya kemampuan untuk berjalan multitasking. Pengujian : memutar musik MP3 lewat headset dan speaker. Nilai : 3. Catatan : Tidak ada pengaturan equaliser. D980 juga tak dibekali female jack headset 3,5 mm. Tidak ada sesuatu yang benar-benar baru ditawarkan di menu musik.

Kamera
D980 jadi ponsel pertama di kelas DuoS yang dibekali kamera dengan resolusi 5 Mpix (2560x1920 pixels). Fitur dan fasilitas kamera tergolong lengkap, bahkan nyaris setara dengan Samsung Innov8 yang 8 Mpix. Aneka fiturnya mancakup aneka efek, timer, white balance, ISO sampai 400, exposuremeter, panorana, macro, face detection, anti shake sampai wide dynamic range. Pengujian : foto dengan resolusi tertinggi dan foto macro mode. Nilai : 3,11. Catatan : Foto panorama bisa difoto dengan resolusi maksimum 1520x420 Mpix.

Rekam Video
Fitur rekam video menyediakan opsi banyak pilihan resolusi, selain resolusi VGA (640x480 pixels), tersedia pilihan resolusi 352x288/352x240/176x144 dan 128x96 pixels. Fiturnya banyak yang serupa dengan menu kamera, kecuali tidak terdapat anti shake dan ISO. Rekam seperti biasa dapat dilakukan dengan audio on/off. Pengujian : melakukan rekam video dengan resolusi VGA selama 30 detik, hasil video disimpan dalam format MPEG4. Nilai : 3. Catatan : panjang durasi rekam bisa dilakukan berdasar set normal dan limit MMS.

Memori
Total memori internal yang dimiliki D980 yakni 45MB, masih kalah jauh dengan kapasitas memori internal F480 yang 232MB. Selain itu ada bekal tambahan kartu memori eksternal (Micro SD) hingga kapasitas maksimum 2GB. Pengujian : memasang kartu Micro SD 2GB dengan kapasitas memori 50 persen. Nilai : 3. Catatan : ada kemunduran dari aspek penempatan kartu memori, pasalnya ponsel ini tak mengsung konsep hot swap. Untuk memasang dan melepas kartu harus melepas baterai dan ponsel dimatikan terlebih dahulu.

Konektivitas dan Internet
Bluetooth mengusung versi 2.0, seperti biasa kemampuannya cukup lengkap mulai dari printing, push object sampai stereo headset A2DP. Sebagaimana ponsel dual on yang saat ini beredar, D980 hanya mampu mengusung koneksi GPRS kelas 10 untuk akses browsing dan email. Untuk browsing menggunakan teknologi Net Front browser v3.4. Layar dapat menampilkan format xHTML dan HTML. Pengujian : membuka salah satu situs lokal, performa koneksi terbilang rendah. Nilai : 3. Catatan : ponsel dual on dipasarnan belum ada yang dibekali kemampuan 3G dan WiFi.



Dual On GSM-GSM
Konsep dual on di ponsel ini menawarkan banyak kemudahan, untuk panggilan telepon, cukup tab keypad. Anda bisa langsung memilih kartu mana yang akan digunakan untuk melakukan panggilan. Hal yang sama juga dilakukan untuk mengirim SMS. Semua bisa dilakukan dalam kendali menu di satu layar. Pengujian : melakukan panggilan dengan dua kartu bergantian, dan berkirim SMS. Nilai : 3,5. Catatan : -

Kinerja
Untuk kelas ponsel dual on, D980 memberi sensasi atraktif terutama pada desain full layar sentuh, terlebih lagi bekal kamera 5 Mpix yang cukup bagus. Lain dari itu, fitur yang dihadirkan terkesan biasa di kelas Samsung, seperti pemutar musik, FM radio dan bluetooth stereo. FM radio di ponsel ini dapat melakukan recording. Meski tak ada bekal fitur document viewer, dalam ujicoba D980 mampu menerima dan membuka file dalam format Microsoft Word. Konsep dual on memang punya kelebihan, tapi menyisakan kekurangan pada kemampuan koneksi internet.

Samsung SGH-D980 Skor : 3,38

Kinerja Baterai
Data Vendor
D980 dipasok tenaga dari betarai standar dengan kapasitas 1200 mAh. Waktu siaga yang dapat ditempuh adalah 340 jam dan waktu bicara hingga 9,8 jam.

Hasil Pengujian
Penggunaan baterai berkapasitas besar adalah pilihan tepat untuk ponsel dengan kemampuan dual on. Dalam dua hari, indikator baterai hanya berkurang satu baris dari lima baris indikator yang tersedia.

DESAIN Bar
DIMENSI 97.5 x 55 x 16.3 mm
BERAT 117 gram
RINGTONE Polifonik, MP3 dan truetone

PROSESOR
Sistem Operasi Proprietary
Jaringan 2G dual on GSM (GSM 900 / 1800 / 1900)

Layar
Layar Luar tidak ada
Kedalaman warna tidak ada
Ukuran tidak ada
Resolusi tidak ada
Layar Dalam ada
Kedalaman warna TFT 262 ribu warna
Ukuran 2,6nchi
Resolusi 240 x 320 pixels

Memori
Internal 45 MB
Eksternal 2 GB (Micro SD)
Hotswap tidak ada
Phonebook 1000
Call record ada
SMS record dinamis

Konektivitas
GPRS kelas 10
EDGE kelas 10
HSDPA tidak ada
WLAN/Wi Fi tidak ada
Bluetooth 2.0
Infrared tidak ada
Kabel Data USB 2.0
PC Sync ada

Messaging
Long SMS ada (1836 karakter)
MMS ada
Fax tidak ada
E-mail Messaging ada
Video Messaging tidak ada
Voice Messaging ada
SMS Broadcast ada
Instant Messaging tidak ada

Kamera
Kualitas 5 MP/Dual Kamera
Resolusi Max 2560x1920 pixels
Auto Focus ada
Flash Light ada
Night mode ada
Digital Zoom ada
Macro Mode ada
Landscape View ada
Multishot ada
White Balancing ada
Kontras ada
Brightness ada
Efek ada
Timer ada
Red Eye tidak ada

Video
Resolusi Max 640 x 480 pixels
Kualitas rekam high, medium, low
Player 3GPP dan MP4
Video Editor tidak ada
Slow Motion tidak ada
Insert tidak ada
Efek ada
Mute Record ada
Durasi Max tergantung memori

Musik
Player MP3/AAC/eAAC
Equalizer tidak ada
Shuffle ada
Play List ada
Bass booster tidak ada
Composer tidak ada
Downloadable ada
Shortcut Button tidak ada
Stereo Speaker ada
3D Sound tidak ada
A2DP headset ada
Multitasking ada
Channel List ada
Radio FM ada
Auto Search ada
Save Option ada

Internet
Browser Net Front
WAP 2.0
Full XHTML ada
Zoom tidak ada
Auto Configuration ada
Offline Mode ada
Proxy Setting ada
Modem tidak ada
Multitasking ada
Rendering ada

Baterai
Tipe Lithium Ion
Kapasitas (mAh) 1200
Standby time (jam) 340 jam
Talk time (jam) 9,8 jam

(Apr09)
























Tidak ada komentar: