3 Jun 2008

Samsung SGH-X830


















Ukuran Mikro Kapasitas Memori Makro


“Belum banyak ponsel yang menghadirkan kemampuan musik secara total, SGH-X830 menghadirkan totalitas mulai dari desain, fitur dan kapasitas memori yang ekstra besar”


Fitur Unggulan
Meski berbentuk tidak konvesional, ponsel ini punya positioning yang jelas sebagai ponsel musik. Tak pelak menjadi fitur unggulan adalah pemutar musik dengan berbagai format yang dilengkapi memori ekstra besar dan kamera megapixels.

Pemutar Musik
Keunggulan
- Mendukung format MP3/AAC/AAC+ dan WMA
- Background music player
- Didukung fungsi bluetooth stereo
- Click wheel navigasi
- Dibekali memori internal dinamis 1 GB

Kekurangan
- Tidak dibekali speaker stereo
- Pancaran suara dari speaker kurang maksimal

Messaging
Keunggulan
- Dilengkapi dengan long message character
- Dilengkapi SOS message
- Dilengkapi mobile track via SMS

Kekurangan
- Tidak dibekali fasilitas email client
Kamera
Keunggulan
- Dibekali fasilitas foto dan rekam video
- Dibekali fungsi efek dan ISO
- 10x digital zoom

Kekurangan
- Masih mengandalkan resolusi 1.3 megapixels


Tidak banyak ponsel musik yang total menghadirkan nuansa musik secara keseluruhan. Salah satu yang layak menyandang gelar “super music phone” adalah Samsung SGH-X830. Tampilan desain yang micro size dan swivel folder (folder putar) telah memberikan kesan yang amat beda dari ponsel kebanyakan. Folder SGH-X830 bisa diputar 180 derajat dengan satu kali sentuhan. Pada saat folder tertutup ponsel ini lebih mengesankan sebagai MP3 player biasa, tanpa ada sentuhan ponsel sedikitpun.

Desain yang ekstra mungil, berdimensi 84 x 30 x 20 mm dan berat 72 gram menjadikan ponsel ini tak bisa menampilkan wujud layar lebar. SGH-X830 dilengkapi layar TFT 262 ribu warna dengan resolusi 128 x 220 pixels. Ukuran layarnya 20 x 33 mm atau 1.45 inchi. Fungsi navigasi nya cukup menarik dengan konsep click wheel. Bentuk rotasi putar mengingatkan pada navigasi di perangkat iPod. Selain fungsi putar 360 derajat, wheel navigasi juga berperan untuk mengatur menu empat arah yang customized. SGH-X830 juga dibekali instrumen tombol layaknya MP3 player, seperti tombol hold dan tombol pengatur volume. Port charger, USB dan headset disatukan dalam satu tempat yang terintegrasi.

Desain yang tak biasa juga tercermin dari susunan dan bentuk keypad. Susunan keypad hanya terdiri dari dua baris dengan sudut ketik vertikal. Alhasil memang dibutuhkan penyesuain untuk bisa leluasa menggunakan keypad di ponsel ini. Ukuran tombol keypad yakni 10 mm tanpa ruang kosong diantaranya. Lensa kamera sudut tetap terletak di back cover. Lokasi penempatan lensa yang pas dalam genggaman menjadikan lensa cenderung tertutup oleh tangan saat akan melakukan pemotretan. Kamera tak bisa diaktifkan dalam posisi folder tertutup.

Pemutar Musik dan Kamera
Format musik yang ditawarkan terbilang cukup lengkap, tapi sebenarnya bukan sesuatu yang baru diterapkan pada serial Samsung terbaru. Yang menjadi unggulan disini pada letak memori, maklum urusan pemutar musik tak dapat lepas dari kebutuhan akan memori yang memadai. SGH-X820 tak tanggung-tanggung menyediakan memori internal 1 GB. Menjadikan ponsel ini punya kemampuan setara dengan memori MP3 player konvesional. Tapi perlu diingat, SGH-X830 tak menyediakan dukungan memori eksternal.

Ada dua jalur untuk menikmati koleksi melodi musik yang telah di download, yakni lewat music player pada menu applications. Jika lewat jalur ini, Anda harus menutup folder swivel. Musik hanya bisa dimainkan pada saat folder tertutup. Kemudian lewat music pada menu My Files, lewat jalur ini bisa didengarkan musik tanpa harus menutup folder. Tampilan layar antara kedua menu tersebut berbeda. Keunggulan lainnya tersedia fitur background musik playing. Menambah kenikmatan tersedia fasilitas bluetooth headset stereo.

Tak ada yang terlihat istimewa dari fitur kamera, untuk foto resolusi tertinggi yakni 1280x1024 pixels (1.3 mpix), kemudian dibawahnya 1024x768 /800x600 /640x480 /320x240 dan 128x220 pixels. Sedang untuk rekam video dalam set normal, resolusinya yakni 352x288 /320x240/ 176x144 dan128x96. Sedang untuk moda limit of multimedia/wallpaper pilihannya yakni 128x96 dan 176x144 pixels. Hal ini berkaitan dengan batasan kemampuan layar, SGH-X830 dibekali video wallpaper dan video caller ID.

Seperti sudah taka asing, setiap ponsel Samsung cukup ‘kaya’ dengan menu tambahan untuk kamera. Koleksi efek tersedia B&W, sepia, negative, emboss, sketch dan moonlight. Lain dari itu ada lagi timer dengan hitungan maksimum 5 detik, white balance dan ISO (automatic, ISO 100/ 200/ 400). SGH-X830 dibekali kamera jenis CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor). Tidak ada bekal flash light, untuk mengatur pemotretan di ruang gelap, keberadaan white balance dan pengaturan ISO bisa menjadi jawban.

Aplikasi Messaging
SMS dan MMS sudah jelas terdapat di ponsel ini. Tapi ada tambahan aplikasi messaging lain yakni SOS message dan Block message. SOS message berfungsi untuk mengirim pesan darurat secara cepat dengan jalan menekan tombol volume sebanyak empat kali. SOS messages bisa dikirim repeat mulai dari interval 1, 3 dan 5 kali. Hanya saja jumlah recipients number yang bisa di set maksimum cuma ke lima nomer. Sedang block message berperani memblokir pesan dari SMS dan MMS yang masuk. Untuk menambahkan menu block cukup lakukan pilihan add to block list yang ada di menu message.

Video Caller ID
Selain bekal jumlah phonebook yang mencapai 1000 multiple entry. SGH-X830 juga dibekali phonebook dengan kemampuan my name card, caller ID lewat video dan images. Saat menerima panggilan Anda bisa melihat siluet dari video selama panggilan belum terjawab. Resolusi video untuk caller ID adalah 128 x 96 pixels. Fungsi video dalam ponsel ini juga bisa Anda manfaatkan untuk video wallpaper, caranya masuk ke menu settings > display settings > wallpaper.

Ukuran Aktual
Dimensi 84 x 30 x 20 mm
Desainnya murni mencerminkan sebuah MP3 player. Sangat ringkas meski tak terlalu ergonomis dalam penggunaan.

Berat 72 gram
Jelas bobot ponsel ini cukup ringan

Baterai Lithium Polimer 800 mAh
Keterangan Vendor : Waktu bicara hingga 3 jam dan waktu siaga hingga 320 jam

Hasil Test : Baterainya lumayan kuat untuk mendukung fitur musik. Hanya saja akan lumayan cepat terkuras jika diaktifkan fungsi bluetooth stereo. Waktu siaga terbukti bertahan 4 hari dengan penggunaan fitur musik secara minim.

Highlight Performa
Jika diperhatikan SGH-X830 menggunakan user interface serupa dengan seri Ultra Edition. Hanya ukuran layarnya dimampatkan. Tampilan bentuk ini lumayan dinamis dengan pilihan set up skin dan dialing font yang menyegarkan. Cuma tetap saja, ukuran layar yang kelewat kecil bisa jadi buat kebanyakan orang bisa menjadi hambatan visual saat melakukan pengetikan pesan. Tapi untuk urusan music player hal ini tentu tak menjadi masalah. Sebagai ponsel musik disayangkan SGH-X830 tak dibekali dual speaker stereo. Kejernihan alunan musik hanya bisa dinikmati lewat headset. Tanpa headset pancaran suara terasa kurang jelas.

Spesifikasi
Harga Rp –
Sistem Operasi Proprietary (Samsung Mobile)
Layar TFT LCD 262 ribu warna
Jaringan GSM Triple band (900/1800/1900 Mhz)
Konektivitas Bluetooth (A2DP), USB dan GPRS kelas 10
Phonebook 1000
Games 2 embedded, Cannon Ball dan Forgetten
Fitur Lain Podcasting support, keypad light, offline mode, voice recorder, dll.

Mobile Track
Aplikasi ini terdapat dalam security di dalam menu setting. Mobile Track berperan untuk mengirim info nomer kartu SIM baru ketika kartu SIM lama dilepas. Untuk menikmatinya diperlukan proses pairing setting lengkap dengan password. Dengan demikian Anda bisa mengetahui keberadaan ponsel yang hilang meski telah berganti kartu SIM.

Aksesoris
1. Kabel Data USB
- Tersedia dalam paket penjualan
- Digunakan untuk transfer data dan sinkronisasi.

2. Bluetooth Headset WEP 410
- Bluetooth versi 1.2
- Berat 7.4 gram
- Waktu bicara 4 jam dan Waktu siaga 70 jam
- Tidak ada dalam paket penjualan.

(Jun07)

Tidak ada komentar: