25 Jun 2008

Samsung SGH-G600














5 Mpix plus Macro Mode


“Memang bukan yang pertama mengadirkan kamera 5 Mpix, tapi imaging SGH-G600 terbilang atraktif dengan tambahan fungsi macro mode dan panorama”

Fitur Unggulan
Inilah ponsel terbaik Samsung untuk urusan imaging, hadir dengan kecanggihan kamera 5 megapixels, plus dukungan menu tambahan lain seperti format panoraman dan makro mode. User interface pun terlihat anyar dan dinamis dibanding seri-seri terdahulu.

Kamera
Keunggulan
- Resolusi 5 Mpix
- Menu imaging lengkap, termasuk macro mode dan panorama
- Dibekali power LED flash

Kekurangan
- Tidak dibekali secondary camera
- Tidak ada cermin untuk self portrait

Pemutar Musik
Keunggulan
- Multi format musik MP3/AAC/AAC+ dan WMA player
- Bersifat multi tasking
- Dilengkapi kemampuan Bluetooth stereo A2DP

Kekurangan
- Tidak ada 3D sound



Kedigdayaan ponsel kamera di Tanah Air kini dipegang oleh ponsel kemara beresolusi 5 Mpix. Meski bukan yang pertama muncul, Samsung akan segera menghadirkan ponsel basis GSM berkemampuan 5 Mpix, yang diberi kode produksi SGH-G600. Ponsel ini berkonsep sliding dengan variasi tombol navigasi yang menarik. Fungsi navigasi dirancang dengan desain scroll wheel, seperti layaknya pada konsol iPod. Tapi pada SGH-G600, scrool wheel hanyalah wujud variasi, untuk menjalankan menu tetap layaknya seperti tombol navigasi empat arah.

Untuk sajian visual, SGH-G600 menjadi ponsel Samsung pertama di Indonesia yang tampil dengan layar TFT LCD 16 juta warna. Kekuatan layar super jernih ini menggunakan resolusi 240 x 320 pixels. Ada yang beda perihal layar ponsel ini, SGH-G600 telah dilengkapi graphical user interface, dan tersedia pilihan beberapa themes dengan ikon dinamis, layaknya ponsel symbian seri60. Malah Anda bisa membuat Themes dengan kreasi sendiri. Pilihan themes yang tersedia yakni espresso, magnolia, violet dan breeze.

Pada sisi atas kanan layar ditempatkan sebuah sensor, secara otomatis layar akan mengatur pendaran cahaya di berbagai kondisi yang berbeda, semisal indoor atau outdoor. Dalam seting ukuran small, tampilan layar bisa memuat hingga 8 baris teks di menu SMS. Meski tergolong padat fitur, SGH-G600 tidak membutuhkan banyak instrumen pendukung. Diseputar badan ponsel hanya terdapat tombol pengatur volume, yang juga berperan sebagai tombol akses SOS message dan kemudian ada tombol kamera. Kamera hanya bisa digunakan saat folder terbuka, mengingat posisi letak lensa berada di balik folder. Untuk koneksi data, charger dan headset menggunakan satu lubang slot yang sama. Slot lain yang tersedia untuk kartu memori Micro SD dengan sistem hot swap.

Messaging, Kamera, Musik dan Internet

Menu messaging terbilang lengkap mulai dari SMS, MMS dan email client POP3. Malah tak ketinggalan SOS message yang bisa di set sampai 5 recipients dengan repeat pesan mulai dari satu kali hingga lima kali. Tapi ada lagi yang cukup khas, pada setiap seting SMS dan MMS disiapkan sistem block number. Sedang pada email ada blacklist berdasarkan address list dan subject list. Fitur block merupakan penanngkal bagi Anda untuk menghindari datangnya spam SMS dan email yang dapat langsung mengganggu. Pesan spam akan disimpan langsung di dalam folder khusus. Khusus untuk SMS memiliki panjang maksimum 1920 karakter.

Resolusi 5 Mpix (2560x1920 pixels) saat ini adalah yang tertinggi dihadirkan ponsel Samsung di Tanah Air. Selain 5 Mpix juga terdapat pilihan resolusi mulai dari 2340x1728/2048x1536/1600x1200/1280x960 sampai 320x240 pixels. Dukungan fitur kamera bisa disebut sangat lengkap untuk ukuran saat ini. Shooting mode bisa menanpilkan moda panorama shot, pas untuk memotret nuansa alam dan lingkungan, selain juga disediakan moda mosaic shot, multi shot dan single shot. Untuk keperluan pemotretan jarak dekat, sudah tersedia macro mode, berkat fitur ini kamera bisa memotret obyek detail produk dalam jarak amat dekat tanpa gambar menjadi pecah.

Fitur-fitur penting lain yang ada mencakup flash light, timer, frames, efek gambar, frames, white balance, ISO dan tak ketinggalan 4x digital zoom. Khusus untuk efek gambar, ada pilihan anyar seperti blue, red, green dan aqua, melengkapi pilihan sepia, negative, emboss, antique dan grey. Kebolehan foto ternyata diikuti dengan kecanggihan fungsi rekam video. Untuk rekam video menawarkan fitur-fitur yang serupa dengan pemotretan. Keunggulan rekam video terletak dari tersedianya resolusi VGA (640x480 pixels), selain tersedia 352x288/320x240/176x144 dan 128x96 pixels. Anda pun bisa mengambil opsi untuk memasukkan rekam suara atau tidak.

Untuk mendukung kemampuan fitur, SGH-G600 berbekal memori internal dinamis sebesar 55 MB. Dalam uji coba, performa ponsel pun masih cukup optimal saat dipasang dengan Micro SD berkapasitas 1 GB. Dengan kapasitas memori besar, SGH-G600 mampu ‘menggelar’ layanan musik lumayan sempurna. Pada menu music tersedia menu bantuan untuk memilah jenis lagu, seperti recently played, most players, artist, genres dan podcast. Fitur musik juga dibekali aneka efek jenis musik seperti rock, pop, classic, dance, live, surround dan lain-lain.

Dukungan internet dalam versi uji telah dilengkapi inject setting proxy operator GSM lokal. Kemampuan browser mengadopsi teknologi Net Front v3.4, salah satu kebolehan browser ini bisa menampilkan virtual pointer dalam format HTML. Tapi perlu diketahui untuk jalur akses internet, SGH-G600 masih mengandalkan GPRS kelas 10, karena memang ponsel ini belum mendukung akses 3G.

Ukuran Aktual
Dimensi : 101 x 47.8 x 14.9 mm
SGH-G600 adalah ponsel berkonsep sliding yang cukup ergonomis. Hentakan sliding dirancang cukup lembut.
Berat : 104 gram
Tidak termasuk golongan ponsel super ringan, tapi bobotnya jelas belum merupakan gangguan.

Baterai : Lithium Ion 880 mAh
Keterangan vendor : Waktu siaga hingga 300 jam dan waktu bicara hingga 3,5 jam
Hasil Test : Kinerja baterai SGH-G600 tergolong awet. Meski digunakan banyak untuk memutar musik, kemampuan baterai ponsel ini tetap menunjukkan kondisi bar penuh selama 2 hari.

Aplikasi
FM Radio
Kelengkapan fasilitas FM radio terbilang sangat memadai di SGH-G600. Anda bisa melakukan self tuning dan add to preset channel. Kemampuan FM radio juga bersifat multi tasking dan mampu men set 15 channel stasiun radio. Tapi di lain itu, ada kebebatan lain dari FM radio di SGH-G600, dimana Anda bisa merekam lagu atau suara radio secara langsung dengan format MP3. Sehingga kualitas hasil suara menjadi sangat baik dan bisa diandalkan untuk di share ke pihak lain. Untuk mengatur channel radio bisa juga memanfaatkan tombol joystick.

Image Editor
Aplikasi ini merupakan bagian yang terpisah dari menu kamera.Dalam image editor, bisa dilakukan olah gambar mulai dari cropping, contrast, adjusting dan rotating. Gambar yang akan diolah bisa diambil langsung berupa foto baru, atau dari image yang ada di galeri. Melengkapi kemampuan editing, SGH-G600 juga dibekali dengan dukungan image stamp. Menjadikan setiap foto yang akan dicetak bisa dibuat lebih bermakna.

Highlight Performa
Seandainya ponsel ini telah dilengkapi 3G, rasanya SGH-G600 akan menjadi produk yang nyaris sempurna. Untuk mendukung kemudahan di awal pengoperasian, set up wizard menjadi bekal fasilitas yang membantu, hanya saja wizard tidak mencakup set jaringan GPRS dan MMS, seperti yang ada di setting wizard Nokia. Tampilan visual layar boleh diacungi jempol, sebab baru pertama Samsung menghadirkan themes dinamis di sistem operasi yang proprietary. Umumnya model themes dinamis kerap dijumpai pada ponsel dengan sistem operasi symbian. Kemampuan koneksi bluetooth juga tersedia lengkap, mulai bluetooth stereo hingga untuk printer. Meski ada peningkatan kedalaman layar dengan 16 juta warna, tidak tampak pengaruh signifikan dari konsumsi energi baterai.

Spesifikasi
Harga : Rp –
Sistem Operasi : Proprietary
Memori Internal : 55 MB
Layar : TFT LCD 16 juta warna
Jaringan : GSM Quad band (850/900/1800 dan 1900)
Konektivitas : GPRS kelas 10, Bluetooth dan USB
Hiburan : Java games
Fitur lain : Voice recorder, memo, world clock, calculator, timer dan stopwatch

TV out
Kemampuan display SGH-G600 kian mumpuni dengan adanya fasilitas Tv out. Format Tv out bisa mendukung PAL dan NTSC.

Games
Games Java yang disajikan lebih banyak dan variatif, tapi sayangnya sebagian besar merupakan versi trial, untuk melanjutkannya Anda diharuskan membeli lewat jalur SMS premium.

(Des07)

Tidak ada komentar: