25 Jun 2008

Kian Mudah dengan VoIP Wizard















VoIP di ponsel memang didamba, tapi tak banyak yang bisa mengakses lantaran proses setting yang rumit. Kini VoIP Wizard hadir untuk mengatasi kerumitan, dan akses VoIP pun mudah dilakukan.


Akses VoIP (Voice over Internet Protocol) memang menawarkan banyak keuntungan, terutama bila dilihat dari segi tarif dan biaya yang harus dikeluarkan. Maklum VoIP menggunakan basis internet yang investasinya jauh lebih murah ketimbang sistem konvesional. Kemajuan mobile broadband dan dukungan WLAN (Wireless Local Area Network) WiFi pada perangkat ponsel secara nyata membawa pengaruh percepatan di kelas mobile VoIP.

VoIP di ponsel memang tak lagi terdengar baru, tapi harus diakui untuk men setting VoIP di ponsel bukan perkara mudah, banyak level parameter yang harus di input. Beda provider, beda pula parameter setting, hal itu jelas memusingkan bagi pengguna. Nah, menjawab kesulitan diatas, InTouch memperkenalkan solusi VoIP setting Wizard, aplikasi yang memberi kemudahan setting VoIP otomatis ini disiapkan guna mendukung Nokia E series, seperti E61i, E65 dan E90 Communicator. Aplikasi ini memberi kemudahan dengan memangkas beberapa proses input yang rumit.

Dalam VoIP Wizard telah terangkum setting untuk layanan CBN Talk, VoIP Rakyat dan Okefone. Kecuali VoIP Rakyat, kedua layanan telah memiliki ijin ITKP (Internet Teleponi untuk Keperluan Publik). Nah, khusus Okefone menawarkan solusi akses VoIP SLI (Sambungan Langsung Internasional) ke nomer ponsel atau PSTN operator luar negeri. Berikut unjuk kerja VoIP Wizard dengan Okefone (www.okefone.com).

1. Tampilan awal VoIP Wizard, aplikasi ini merupakan hasil kerjasama antara Linksys, InTouch dan Nokia.







2. Pilihan jenis layanan di dalam VoIP Wizard, selain CBN Talk, VoIP Rakyat dan okefone, Anda bisa menambahkan pilihan layanan baru dalan create manual.







3. Pilih jenis layanan, lalu klik options, akan muncul parameter input seperti user name, password, WLAN access point dan enable incoming call.







4. Layanan Okefone memerlukan voucher yang berisi kode password, create internet settings. Platform yang digunakan mengadopsi SIP (Session Initiation Protocol).






5. Setelah proses registrasi dan setting berhasil, muncul ikon ‘internet telephone settings defined’ dan ditandai ikon info running teks.







6. Kembali ke menu Connectivity, klik Internet Telephone, secara otomatis akan muncul ikon ‘discovering service’. Jika akses VoIP telah aktif ditandai dengan ikon telepon dan bola dunia di sudut kanan atas layar.






7. Set nomer menggunakan kode akses Okefone 01065+kode negara+kode area+nomer tujuan. Sebaiknya rangkaian nomer di set terlebih dahulu dalan contact phonebook.






8. Lakukan panggilan dengan memilih opsi Internet call. Dalam uji coba Selular berhasil mengakses nomer ponsel koresponden di Amerika Serikat. Tarif yang dikenakan Okefone Rp 999,- per menit, bandingkan dengan tarif SLI biasa Rp 8.300,- per menit. Kualitas suara pun ternyata cukup baik.





Sumber : Download gratis di Nokia Professional Centre / SMS “E VoIP” ke 9800
File : 535 KB SIS
Harga : Rp 1000,- untuk SMS, belum termasuk biaya GPRS
Ponsel Pendukung : Nokia E61i, E65 dan E90 Communicator.

(Nov07)

Tidak ada komentar: