1 Agu 2008

Lokal Chating via WiFi












Software WiChat




Ada kepuasan tersendiri menikmati lokal chating via WiFi, hambatan jangkauan tak begitu menjadi masalah. Apalagi bisa berkirim file dan tersedia jalur chat dengan enkripsi data.


Chating dengan memanfaatkan jalur internet WiFi (wireless fidelity) bukan cerita baru. Ingin akses chating dari ponsel, PDA dan laptop tentu bisa dijalankan dengan skenario chat lewat WiFi yang biasa dikenal dengan sebutan WLAN (wireless local area network). Tapi konsep diatas hanya memanfaatkan WiFi sebatas bridge (jembatan) untuk akses yang langsung terhubung ke sistem IP (internet protocol) kabel standar. Singkatnya Anda tak bisa membentuk komunitas chat di area WiFi dengan basis IP sama, alias ini dinamakan lokal chat.

Lokal chat sebelumnya populer lewat basis bluetooth alias bluechat. Tapi bluechat punya kekurangan, terutama dari segi jarak dan fasilitas menu. Nah, kini kekurangan bluechat bisa diatasi lewat WiChat, sebuah software hasil kreasi Mobiz Technologies Pte. WiChat bisa digunakan dalam satu komunitas area WiFi, dengan syarat masing-masing user chat terkoneksi dengan hotspot WiFi yang sama. Ditambah lagi tentunya user chat harus terlebih dahulu harus mengistal dan mengaktifkan WiChat. “Untuk sementara WiChat baru kami desain untuk symbian seri80, kedepan akan diluncurkan untuk symbian seri60 third edition. Tapi semuanya tergantung pada pihak Nokia,” ujar Bruno Zysman, chief operating officer Mobiz Technologies. Jadi untuk sementara memang hanya pengguna Communicator yang bisa asyik berchat via WiChat.

Gambar 1 dan 2




Tampilan awal WiChat, berupa isian kata kunci dan jalur konksi via Easy WLAN. Kemudian dilanjutkan dengan proses seleksi WLAN network yang digunakan.

Gambar 3 dan 4





Sebelum masuk ke layanan, Anda diwajibkan mengisi data pengguna secara lengkap. Lewat pengaturan data pengguna, Anda bisa merubah kata kunci. Data pengguna ini nantinya bisa dibaca oleh lawan chat. Kemudian pengaturan notifikasi, memungkinkan untuk memilih nada default ataupun browser dari koleksi sendiri, termasuk pilihan nada untuk P2T (push to talk).

Gambar 5 dan 6





Layar chat, memuat daftar pengguna WiChat. Apabila nama dalam komunitas telah menjadi teman, maka identitas teman yang sedang tidak aktif akan tetap berada dalam komunitas dan berwarna abu-abu. Ini untuk membedakan dengan teman yang sedang aktif. Anda pun bisa melihat data teman pengguna di tampilan layar ini.

Gambar 7 dan 8





Pilihan moda layanan mencakup push to talk dengan durasi rekam maksimum 10 detik dan minimum 1 detik. Kemudian ada pesan suara, untuk melihat daftar pesan suara yang dikirim atau diterima. Anda juga mengirim file seperti gambar dan lagu.

Gambar 9 dan 10





Anda bisa mengirim pesan lewat secure chat, data dikirim lewat pesan yang ter enkripsi, ditandai dengan garis warna merahdi nama lawan chat. Anda bisa pula men set lawan chat sebagai tambahan teman, hapus, tambah sebagai blacklist dan hapus dari blacklist.


Sumber : www.mobiztech.com
File : 214 Kb (sebelum install)
Harga : Gratis (untuk member www.communicator-comunity.com)
Ponsel Pendukung : Symbian seri80 (Nokia 9300i dan 9500)

(Jul07)

Tidak ada komentar: