14 Agu 2008

Mobile TV via CMB









- Ponsel dengan kemampuan mobile TV CMB




Mobile Tv tergolong teknologi yang bisa digelar dengan beragam platform, dari teknologi satelit, cell hingga terrestrial. Kini dengan konsep CMB para operator bisa menggelar mobile Tv beserta layanan multimedia unggulan lain secara multicast.

Hadirnya era 3G membawa banyak sentuhan pada ragam fasilitas multimedia gaya baru. Salah satu hasilnya adalah mobile Tv yang kini menjadi maskot keberadaan 3G disamping video call. Sedikit kilas balik, mobile Tv dalam terminologinya mengadopsi beberapa platform, seperti DVB (Digital Video Broadcasting) H/T yang populer di Eropa, Media Flo dari Qualcomm, ISDBT (Integrated Services Digital Broadcasting Terrestrial) di Jepang dan DMB (Digital Multimedia Broadcast) yang diadopsi di kawasan Korea Selatan. Untuk Indonesia sendiri, DVB-H menjadi rujukan gelar mobile Tv oleh operator 3G.

Lepas dari beberapa platform diatas, ada sebuah platform mobile Tv yang tak kalah menarik yakni via CMB (Cell multimedia Broadcast) dan MBMS (Multimedia Broadcast Multicast Service) yang untuk pertama kali diperkenalkan pada 22 Januari lalu oleh PCCW, operator mobile dan fixed network dari Hong Kong. Layanan mobile Tv via CMB dari PCCW melibatkan peran vendor Huawei Technologies sebagai penyedia solusi jaringan via UMTS/HSPA network dan Qualcomm dalam penyediaan chip handset untuk terminal yang mampu menangkap layanan Tv CMB. CMB/MBMS merupakan interoperability testing (IOT) yang menjadi standar solusi mobile Tv berdasarkan basis dari 3GPP release 6.

Konsep mobile Tv via CMB berjalan melalui sistem jaringan selular pada umumnya, pancaran transmisi data Tv tetap disalurkan melalui media cell pada BTS (base transceiver station). Pada CMB/MBMS transmisi program Tv disalurkan dengan kecepatan 256 Kbps. Hal ini mirip dengan konsep layanan mobi Tv dari Mobile 8, meski Mobile 8 berjalan di platform CDMA2000-1x, sedang PCCW di jalur 3G UMTS turunan dari GSM. Berbeda dengan DVB dan DMB yang menyalurkan transmisi lewat jalur terrestrial.

Kelebihan dari MBMS yakni mampu mendukung multimedia broadcast dan multicast services secara bersamaan. Ini memungkinkan pihak operator mengirim multimedia content langsung secara broadcast ke seluruh pelanggan atau spesifik grup. Selain kemampuan mobile Tv, wujud dari CMB bisa disalurkan dalam bentuk MMS (Multimedia Message Services) broadcast, mirip dengan SMS broadcast tetapi memakai media MMS.

Teknologi CMB dari Huawei mengadopsi solusi PTP (Point to Point) dan PTM (Point to Multipoint), aplikasi yang bisa disebar diantaranya sending group multimedia message, multimedia advertisement dan tentunya free dan premium Tv. Untuk menggelar mobile Tv via CMB, operator hanya membutuhkan upgrade software pada jaringan 3G (UMTS/HSPA) yang sudah dimiliki. Hal ini bisa menjadi altertnatif yang patut diperhitungkan operator dengan basis 2G/3G UMTS jika ingin menawarkan layanan mobile Tv.

Aristektur Jaringan CMB













Keterangan : RNC (Radio Network Controller)
GSN (GPRS Support Node)
Node B – BTS selular dengan kemampuan 3G

(Jun07)

Tidak ada komentar: