21 Agu 2008

Proteksi Penggunaan Bluetooth











Mencegah lebih baik daripada mengobati, inilah prinsip Bluetooth Guard. Software yang cara kerjanya sederhana namun bisa mengoptimalkan energi baterai.


Koneksi ponsel lewat media bluetooth memang menawarkan banyak kelebihan, apalagi tren fitur dab fasilitas dengan basis ini terus berkembang pesat, seperti misalnya pemanfaatan bluetooth stereo headset di ponsel-ponsel keluaran terbaru. Tapi koneksi dengan bluetooth juga cukup rentan terhadap serangan virus, bahkan lewat bluetooth, seseorang bisa mengintip isi file dari ponsel yang Anda gunakan, atau dikenal dengan istilah bluesnarfing. Nah, untuk menangkal gangguan terhadap koneksi bluetooh, kini tersedia software bluetooth guard versi 1.0.

Software ini dirancang untuk ponsel bersistem operasi Symbian series60 third edition. Serangan virus bluetooth sendiri memang paling dominan menyerang ponsel-ponsel dengan sistem operasi Symbian. Sebenarnya tidak ada pelindung yang paling ampuh, selain usaha menangkal munculnya gangguan itu sendiri. Begitu juga dengan prinsip software ini. Bluetooth guard tidak tergolong rumit, pada dasarnya hanya berusaha mengatur pemanfaatan bluetooth secara optimal, otomatis dan hemat energi baterai.



Sebelum menjalankan software, jangan lupa untuk terlebih dahulu mengaktifkan fasilitas bluetooth di menu connection.






Pengaturan pertama adalah ”change BT after”, lakukan setting sesuai hitungan waktu yang dikehendaki. Ada dua opsi set yakni ”on, invisible” dan ”off”. Profil bluetooth akan berubah sesuai waktu yang ditentukan.





Untuk prosedur keamanan, pilih menu “ask”, terdiri dari “never, when active dan always”. Software akan mengkonfirmasi setiap akan terjadinya perubahan.






Jika dipilih “always”, akan muncul ikon peringatan sebelum profil berganti. Bluetooth akan aktif namun akan berubah dari visibilty ke hidden. Sebaliknya jika dipilih “never”, tidak akan ada informasi peringatan. “when active” merupakan proteksi agar tak terjadi gangguan saat proses sending file.





Sumber : www.symbianguru.com
Besar file : 296 KB SIS
Harga : $ 9.99 / Trial 10 hari
Ponsel Pendukung : Nokia Symbian series60 third edition, Samsung SGH-i520 dan LG Joy

(Feb08)

Tidak ada komentar: