22 Agu 2008

Samsung Akhirnya Menyalib Nokia?




















Judulnya bisa jadi agak provokatif, tapi yang dimaksud tentu bukan Samsung menyalib penjualan ponsel Nokia. Sampai saat ini Nokia masih teuteup kekeh jadi jawara vendor nomer satu di dunia. Yang saya maksud menyalib adalah tentang spesifikasi produk.

Selama ini generasi smartphone dengan sistem operasi Symbian seri60 selalu dikuasasi oleh Nokia, yang terbagi dalam dua kelas - N series dan E series. Vendor pengguna Symbian seri60 dipasaran juga bukan Nokia saja, tercatat Siemens (almarhum), LG, Panasonic (almarhum) dan Samsung mobile punya kisah dan sejarah menghadirkan produk di symbian seri60.

Untuk urusan kecanggihan fitur dan fasilitas, kita rasa tipe Nokia N82/N95 dan N96 sudah mumpuni, seabrek fitur ada disana. Tapi nyatanya ada sensasi baru yang diperkenalkan Samsung Mobile, dalam analisa spek diatas kertas mampu mengungguli jawara ponsel Nokia N series terbaru sekalipun. Produk yang dimaksud tak lain adalah Samsung i8510 Innov8.

Mengapa bisa disebut lebih unggul dr N series Nokia? Jawabannya terletak pada adopsi kamera 8 megapixels ( 3264x2448 pixels) dan DivX player. Versi software sistem operasinya pun memakai yang terbaru - Symbian OS v9.3, Series 60 rel. 3.2. Untuk multimedia pun sudah setali tiga uang dengan N series, ada headset 3,5 mm, FM radio RDS, smart reader, memori internal 16GB, rekam video VGA 30 fps (frame per second), bahkan saat dengan QVGA bisa hingga 120 fps. Mau bicara soal GPS, di i8510 juga ada A-GPS, akses WiFi b/g dan HSDPA 7,2 Mbps. Detil spesifkasi yang lengkap, silahkan cari di search google.

Diluar Nokia, Samsung adalah vendor yang cukup lama menghadirkan seri60 Symbian, produk terdahulu ditandai dengan kode SGH-Dxxx. Selain Samsung, vendor LG juga mulai serius dengan seri60 symbian, seperti dibuktikan baru-baru ini meluncurkan seri LG KT610 di Jakarta. Walau sayang berdesain Communicator, lengkap pula dengan A-GPS tapi minus WiFi.

Menurut rencana, SGH-i8510 Innov8 akan resmi dilurkan ke pasar Global pada akhir Agustus ini, Vietnam dipilih sebagai lokasi kelahiran smartphone canggih ini. Untuk fans Samsung, harap sabar, ponsel ini juga bakal masuk Indonesia sekitar bulan September mendatang.

Tidak ada komentar: