15 Agu 2008

Samsung SCH-W619




















Sliding Dual On dengan 2 Mpix


“Tidak ada fitur yang terbilang baru, tapi SCH-W619 dapat memberi pilihan luas bagi konsumen. Perpaduan performa tinggi, fitur terdepan dan desain yang fancy”

Tak bisa dipungkiri, Samsung Mobile adalah vendor pertama yang mempopulerkan ponsel dual On (GSM dan CDMA aktif bersamaan) di Indonesia. Segmen ponsel yang bisa berjalan di “dua alam” ini diberi kode sebagai W series, dan kali ini Samsung Indonesia memperkenalkan SCH-W619 sebagai ponsel gres yang dibekali fasilitas kamera 2 Mpix. Diilihat dari spesifikasi, W619 serupa dengan pendahulunga SCH-W579, hanya W579 dirancang dengan desain clamshell, sedang W619 merupakan sebuah ponsel sliding.

Dengan kemampuan dua jaringan aktif bersamaan, ponsel dual on ini dibekali kapasitas baterai yang lebih besar. Fasilitas lain yang menunjang yakni teknologi layar sentuh plus keberadaan mini stylus pen. Untuk urusan fitur, boleh dibilang MP3 player menjadi andalan, apalagi dengan ketersediaaan slot kartu memori. Bagi para pebisnis, tak lupa W619 menyertakan fitur namecard recognition.

Keypad
W619 mengadopsi dua sistem input, yakni dengan keypad numerik konvesional dan sistem layar sentuh untuk pengendalian semua menu. Keypad konvesional dirancang cukup ergonomis, ditambah untuk menunjang layar sentuh, disediakan built in mini stylus pen. Untuk pilihan pengetikan tersedia handwriting recognition. W619 dibekali beberapa shortcut untuk musik, bluetooth dan switc call jaringan. Pengujian : Dilakukan uji ketik SMS, handwriting recognition dan berbagai olah menu. Nilai : 4,1. Kekurangan : Tidak ada kelemahan yang signifikan.

Kamera
Resolusi kamera CMOS 2 Mpix tentu bukan sesuatu yang istimewa lagi. Tapi di kelas dual on, menu kamera W619 hadir cukup lengkap plus adanya foto editor, efek, white balance dan night mode. Lewat software kamera, terdapat fitur namecard recognition yang otomatis menginput data ke contact. Pengujian : Dilakukan pemotretat dengan resolusi tertinggi. Nilai : 4. Kekurangan : Tidak dilengkapi dengan flash light dan pilihan ISO.

Video Recorder
Pilihan resolusi yang tersedia yakni 176x144 dan 128x96 pixels. Menu video recorder pada dasarnya dilengkapi fitur yang serupa dengan kamera. Untuk mengabadikan momen video, W619 telah dibekali video capture, hasil berupa foto dalam format JPEG. Pengujian : Dilakukan proses rekam beberapa menit. Nilai : 3,9. Kekurangan : W619 belum dibekali standar resolusi QVGA dan VGA, sehingga resolusi kurang terlihat optimal.

Messaging
Sebenernya tak ada yang terlalu istimewa dari menu ini, tapi buat pengguna diberi kemudahan untuk mengendalikan pengiriman SMS dari dua kartu, begitu juga dengan alokasi memori. Satu layar dapat menampung 6 baris teks. Ditambah lagi hadirnya SOS message yang cukup bermanfaat digunakan saat ini. Pengujian : Dilakukan pengiriman SMS. Nilai : 3,4. Kekurangan : Tidak dibekali long SMS, hanya terbatas di 160 karakter.

Audio
Ponsel ini dibekali pemutar musik MP3, dalam menu MP3 dibekali play list dan skip jarak lagu mulai dari 1/5/10/30 detik hingga 1 menit. Tak lupa untuk kreatifitas ada melody composer dalam format midi. Pengujian : Dilakukan pemutaran musik untuk beberapa lagu. Nilai : 3,8. Kekurangan : Tidak dibekali dual stereo speaker, untuk menikmati musik lebih optimal lewat headset. Juga tak disiapkan untuk format musik selain MP3.

PIM
Personal Information Management (PIM) ditempatkan dalam menu utilities. Terdiri dari user memory, voice memo, calculator, clock, dll. Yang cukup unik W619 juga dibekali area code, Anda bisa menginput kode area kota-kota di Indonesia dan luar negeri. Pengujian : Dilakukan pengoperasian seluruh menu. Nilai : 4,2. Kekurangan : Sedikit disayangkan ponsel ini tak dibekali fitur untuk membuka dan membaca dokumen, seperti Pdf.

Phone Memory
W610 dibekali memori internal dinamis 20MB, tapi juga didukung memori eksternal dengan kartu Micro SD. Kapasitas maksimum untuk Micro SD adalah 2GB. Kapasitas ini berbeda dengan alokasin untuk data SMS dan data contact. Pengujian : Dilakukan testing penggunaan micro SD dengan kapasitas 1GB. Nilai : 4. Kekurangan : Tidak praktis untuk input dan lepas kartu memori, Anda diharuskan melepas baterai untuk ini.

Kinerja
Kinerja dual on GSM dan CDMA terlihat cukup baik, dengan dibekali tombol switch jaringan, cukup mudah bagi Anda untuk mengatur panggilan. Begitu pun untuk message, sayang kemampuan SMS hanya terbatas 160 karakter dan video player dirasa belum optimal.

Samsung SCH-W619 Skor : 3,86

Kinerja Baterai
Data Vendor
W619 dapat memiliki waktu siaga baterai hingga 110 jam dan waktu bicara hingga 4 jam

Hasil Pengujian
Sudah jadi rahasia umum, kinerja baterai ponsel dual on akan lebih boros ketimbang ponsel biasa. Untuk itu tak keliru W619 dibekali baterai berkapasitas 1200 mAh. Memang pada akhirnya akan berpengaruh pada bobot ponsel. W619 dalam set dual on bisa bertahan 3 hari dalam waktu siaga normal, tidak digunakan untuk voice.

(Mar08)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas, mau koreksi dikit...itu gbrnya salah mas, yg direview W619 tapi kok gbrnya D880?