24 Des 2008

Samsung SGH-i900 Omnia
















Ponsel Bisnis Full Infotainment


“Tak hanya menjadi unggulan di segmen high end Samsung, dengan kelengkapan fiturnya, Omnia termasuk salah satu jenis PDA phone terlengkap yang ada saat ini”

Semenjak kemunculan iPhone, beberapa vendor secara serius mempersiapkan desain ponsel yang serupa. Salah satu yang cukup getol berkompetisi di kelas ini adalah Samsung Mobile. Setidaknya untuk pasar Tanah Air Samsung telah meluncurkan tiga produk dengan teknologi layar sentuh, yakni SGH-F480, SGH-i780 dan SGH-P520 Armani. Melanjutkan keunggulan di segmen layar sentuh, Samsung Mobile kini telah memasarkan produk terbarunya SGH-i900 Omnia.

Kehadiran Omnia bisa dibilang cukup menarik, pasalnya fitur dan fasilitas ponsel ini tergolong lengkap. Dengan bekal sistem operasi Windows Mobile 6.1 Professional, Omnia punya kemampuan office lengkap khas Windows. Untuk imaging, Omnia sudah berbekal kamera 5 Mpix. Koneksi multimedia pun sudah mengadopsi WiFi dan A-GPS plus geo-tagging. Untuk kelas ponsel Windows, Omnia tergolong mumpuni dengan fasilitas DiVx player. Tapi ada hal lain yang tak kalah memukau, memori internalnya tergolong besar di kelas PDA phone, yakni 16GB. Hal ini semua menjadikan Omnia sebagai ponsel hign end teratas yang dirilis Samsung Mobile tahun ini.

Touchwiz User Interface
Inilah desain user interface rancangan Samsung untuk menandingi sensasi iPhone. Touchwiz memungkinkan olah navigasi menggunakan intuisi drag and drop untuk memindahkan menu-menu pilihan. Sebelumnya SGH-F480 juga mengadopsi jenis user interface ini. Pengujian : melakukan olah perpindahan menu-menu pilihan dalam moda layar portrait dan landscape. Menu shortcut dapat dikendalikan dengan gerakan menggeser. Nilai : 3,3. Catatan : Moda drag and drop hanya bisa dilakukan pada tampilan layar utama.

Finger Optical Mouse
Keunggulan sistem navigasi Omnia diperkuat dengan optical mouse. Lewat optical mouse pengendalian menu di layar jadi serupa dengan sensasi navigasi di layar PC. Kecepatan reaksi sistem optical ini pun bisa disesuaikan. Dalam setting, pilihan optical mouse bisa diubah ke sistem tombol navigasi empat arah. Pengujian : Melakukan olah navigasi ke menu musik, office dan radio lewat optical mouse dan tombol navigasi empat arah. Nilai : 3,4. Catatan : Teknologi optical mouse sebelumnya telah digunakan di seri SGH-i780.

Internet Sharing
Kemampuan internet Omnia tergolong hebat, terutama dengan HSDPA yang bisa dikebut hingga 7,2 Mbps. Salah satu turunan kemampuan di lini ini adalah internet sharing, Omnia bisa dijakikan modem, jalur yang tersedia sharing menggunakan bluetooth dan kabel data. Pengujian : Dalam ujicoba dilakukan koneksi modem Omnia via bluetooth ke laptop. Proses pairing sangat mudah ke PC, apalagi setting internet operator sudah dipersiapkan oleh vendor. Nilai : 3,2. Catatan : Penggunaan internet sharing via bluetooth terbilang akan mengurasa cepat energi baterai, apalagi ponsel berperan sebagai modem HSDPA.

Kamera
Kamera 5 Mpix (2560x1920 pixels) dirancang dengan auto fokus lengkap dengan flash light. Pilihan resolusi lain yang tersedia yakni 2048x1536/1600x1200/1280x960/VGA dan QVGA. Untuk rekam video resolusi sudah standar VGA. Fitur dalam menu kamera mencakup ISO, white balance, face detection, panorama, macro mode, dusk and dawn dan foto obyek sport. Pengujian : memfoto dengan resolusi tertinggi dalam moda macro mode. Nilai : 3,5. Catatan : Pada menu kamera ada fitur goe-tagging, tapi dalam versi ujicoba fungsi GPS belum siap untuk dioperasikan.

Internet Browser
Ada dua sistem internet browser yang dibenamkan di Omnia. Yang pasti ada tentu Internet Explorer dari Windows, dan sebagai pilihan ada Opera browser versi 9.5. Opera browser versi terbaru menawarkan visual yang jauh lebih menarik, dibekali dengan pengaturan pop ups, full screen, ukuran fonts dan non visual image untuk meringankan beban trafik download. Pengujian : Mengakses internet browser Opera via WiFi dan 3G. Nilai : 3,2. Catatan : -

Pemutar Musik
Omnia disasar untuk kelas ponsel infotainment, sudah tentu urusan pemutar musik menjadi unggulan. Omnia bisa memutar format musik MP3/AAC/AAC+/WMA/OGG dan AMR. Untuk kemudahan akses dibekali shuffle dan shortcut akses menu berupa touch music player. Pengujian : Menjajal fungsi bluetooth stereo A2DP, meski dipasangkan dengan headset Nokia BH-503, kualitas suara terbukti sangat bagus. Nilai : 3,2. Catatan : Visual layar dalam menu pemutar musik sedikit kaku.

Radio FM
Adanya menu radio menjadi pilihan yang tepat dikala waktu luang. Omnia bisa melakukan auto search dan save ke beberapa saluran frekuensi radio yang tersedia. Dalam ujicoba bisa auto save 52 channel. Fitur di menu radio adalah RDS (radio data system), fitur FM broadcast channel yang belum bisa digunakan di Indonesia. Kemampuan lain dari radio yakni bisa melakukan rekaman siaran. Pengujian : Melakukan rekam siaran 10 menit, hasil disimpan dalam format MP3. Nilai : 3,2. Catatan : Koneksi radio tetap harus menggunakan sambungan dengan headset.





Fungsi Office
Sebagai sebuah PDA phone, Omnia tentu memiliki fungsi office lengkap, terdiri dari Excel mobile, one note mobile, power point mobile dan word mobile. Fungsi office lengkap mencakup membuat dokumen baru dan editing. Sistem input teks menggunakan keypad QWERTY virtual. Bisa juga menggunakan stylus pen untuk handwriting recognition. Pengujian : Edit naskah dengan keypad virtual. Nilai : 4. Catatan : untuk input teks yang cepat dibutuhkan adaptasi. Omnia tidak menggunakan stylus pen yang terintegrasi, melainkan terpisah.

Konektivitas
Omnia termasuk perangkat yang kaya jalur konektivitas, diantara yang tersedia adalah bluetooth 2.0, mini USB 2.0, TV out dan WiFi standar 802.11 b/g. Tapi masih ada satu lagi yang terbilang canggih yakni DLNA (Digital Living Network Alliance). DLNA memunkinkan koneksi antar perangkat dengan memanfaatkan WLAN plus IP v4. Koneksi ponsel ke TV bisa dilakukan tanpa kabel. Pengujian : Koneksi internet via WiFi dan transfer lagu via bluetooth. Nilai : 3,2. Catatan : Koneksi DLNA belum bisa dilakukan karena perangkat lain dengan DLNA belum tersedi di pasar.

Memori
Kapasitas memori internal 16GB terbilang besar untuk kelas PDA phone saat ini. Omnia bisa ditambahkan kartu T-Flash maksimum hingga kapasitas 8GB. Pengujian : Melakukan input kartu memori T-Flash dengan kapasitas 2GB. Ponsel dapat berkerja optimal juga berkat dukungan prosesor 624 Mhz keluaran Marvell. Nilai : 3,8. Catatan : Input kartu memori tidak menggunakan konsep hotswap, bisa dilakukan cukup dengan membuka back cover.

Kinerja
Kinerja fitur Omnia secara umum cukup baik, sayang dalam versi ujicoba fungsi GPS belum bisa berjalan karena dukungan map yang belum tersedia. Dalam versi jualnya, GPS Omnia menggunakan solusi imaging dari Nusamap. Omnia juga dibekali business card reader, fitur yang cukup berguna bagi pebisnis. Untuk kemudahan pengoperasian ada teknologi akselerometer yang diwujudkan pada fitur motion sensor.

Samsung SGH-i900
Skor Akhir : 3,5

Kinerja Baterai
Data vendor
Omnia mengadopsi standa baterai lithium Ion dengan kapasitas 1440 mAh. Menurut pihak vendor kemampuan baterai bisa bertahan dalam waktu siaga hingga 500 jam, dan waktu bicara hingga 5 jam 50 menit.

Hasil Pengujian
Kapasitas baterai yang besar mutlak untuk Omnia yang memiliki beban fitur besar. Dari hasil pengujian, baterai akan cepat terkuras untuk dual akses koneksi, seperti internet sharing dimana bluetooth dan internet HSDPA aktif bersamaan.

DESAIN Monoblok
DIMENSI 112 x 56.9 x 12.5 mm
BERAT 122 gram
RINGTONE Polifonik dan MP3
PROSESOR 624MHz Marvell PXA312 processor
Sistem Operasi Windows Mobile 6.1
Jaringan GSM quad band dan HSDPA 2100

Memori
Internal 128 MB RAM, 256 MB ROM / 16GB
Eksternal 8 GB (Micro SD)
Hotswap tidak ada
Phonebook dinamis
Call record ada
SMS record dinamis

Konektivitas
GPRS kelas 12 – 48 Kbps
EDGE kelas 12 -
HSDPA ada, 7,2 Mbps
WLAN/Wi Fi ada (b/g)
Bluetooth 2.0
Infrared tidak ada
Kabel Data USB 2.0
PC Sync ada

(Okt08)

Tidak ada komentar: