26 Des 2008

Samsung SGH-F400




















Kombinasi Keunggulan Musik Plus HSDPA


”Jalur musik terpadu menjadi ciri khas hadirnya SGH-F400, sistem navigasi musik, kejernihan suara speaker dan pilihan koneksi memberikan pilihan yang menarik bagi penikmat musik”

Beberapa bulan ini serbuan ponsel musik rasanya kian gencar, apalagi banyak merek ponsel lokal asal Cina yang ditawarkan dengan fitur musik terbaru dan dijual dengan harga relatif lebih murah. Menghadapi fenomena ini, vendor besar pun tak tinggal diam. Beberapa vendor besar sudah mulai memperkenalkan ponsel segmen musik dengan target pangsa pemula. Seperti Samsung Mobile yang menghadirkan seri SGH-F400. Ponsel ini adalah seri kedua yang memperkenalkan konsep folder geser dua arah, seri sebelumnya adalah SGH-i450.

Dengan kekuatan di fitur musik, tentu SGH-F400 tak hadir biasa-biasa saja. Kualitas pancaran musik dari speaker terbilang sangat baik berkat teknologi speaker dari Bang & Olufsen. Bukti sebagai ponsel musik sejati juga nampak dengan keberadan 3,5 mm female jack. Tombol navigasi pun bisa diputar 360 derajat (track wheel navigation), layaknya konsol MP3 player. Lain dari itu, akses internet HSDPA juga menjadikan poin keunggulan di kelasnya.

Desain
Desain SGH-F400 mirip dengan SGH-i450. Dengan folder geser dua arah menjadikan SGH-F400 memiliki dua sisi tampilan yang berbeda. Bila folder speaker dibuka, pilihan menu multimedia akan aktif siap untuk diakses. Sebaliknya bila folder keypad dibuka, ponsel kembali aktif untuk pilihan menu reguler. Untuk kemudaha, ada kelengkapan tombol shortcut ke menu kamera dan pemutar musik. Pengujian : Memutar musik dengan folder speaker terbuka, dan olah menu folder dua arah. Nilai : 3. Catatan : -

Keypad dan Tombol Navigasi
Deretan keypad dibuat cukup ergonomis dengan bentangan per tuts 10 mm. Di sudut kanan atas ditempatkan tombol akses untuk active standby menu, dan disisi kiri ada tombol akses video call. Tombol navigasi dibuat dengan konsep putar 360 derajat, tapi tetap bisa memaikan navigasi empat arah. Pengujian : mengendalikan fitur musik dengan track wheel navigation. Nilai : 3,3. Catatan : Untuk pengendalian menu utama terasa masih lebih nyaman menggunakan pilihan navigasi empat arah.



Pemutar Musik
Format musik yang bisa diputar yakni MP3/AAC/eACC dan WMA. Kelengkapan fitur musik mencakup sound effek (normal, pop, rock, jazz, wide, dynamic dan surround). Sebagai ponsel musik, tentu bluetooth stereo menjadi keharusan di ponsel ini. Sebagai tambahan, ada fitur music recognition yang mampu mengenali jenis musik yang sedang diputar. Pengujian : Memutar musik lewat headset USB dan headset 3,5 mm. Nilai : 3,5. Catatan : untuk menggunakan music recognition diperlukan akses internet yang cukup baik.

Radio
Agak ganjil tentunya bila ponsel musik hadir tanpa fitur radio. Fitur radio di SGH-F400 dapat menyimpan channel data 56 stasiun radio. Kelengkapan tambahan lainnya yakni bekal RDS (radio data system) untuk akses informasi radio pilihan secara cepat. Meski memiliki dua sistem input headset, radio hanya aktif menggunakan koneksi headset USB bawaaan dari Samsung. Pengujian : Mendegerkan musik via headset dan speaker. Nilai : 3,5. Catatan : untuk akses masih mengandalkan koneksi headset sebagai antena. Tak ada bekal rekam siaran radio.

Kamera
Kamera nampaknya bukan sesuatu yang terlalu diandalkan, tapi SGH-F400 punya resolusi kamera yang lumayan, yakni 3 Mpix (2048x1536 pixels). Fitur di menu kamera yang tersedia yakni pilihan efek, flash light, white balance, timer, multi shot dan brightness. Untuk rekam video, tersedia pilihan resolusi 320x240 dan 176x144 pixels. Format video bisa dipilih, 3GPP dan MP4. . Pengujian : Memotret gambar dan merekam video dengan resolusi tertinggi. Nilai : 3,3. Catatan : Tak dibekali fitur red eye dan macro mode.

Internet
Secara teori akses internet HSDPA (high speed downlik packet access) di SGH-F400 bisa dikebut hingga speed 3,6 Mbps. Selain itu tentu bekal koneksi yang disiapkan yakni GPRS dan EDGE kelas 10. Untuk akses selacar internet digunakan Net Font browser dan WAP 2.0. Fitur lain yang terkait dengan internet yakni video on demand, akses blogging ke aplikasi ShoZu dan music recognition. Pengujian : membuka menu browser ke situs www.selular.co.id. Nilai : 3,4. Catatan : -

Memori
Mutlak ponsel musik untuk memiliki memori yang besar. Memori internal yang tersedia yakni 24 MB, sedang memori eksternal yang mengusung konsep hot swap bisa mengakomodir kapasitas micro SD hinga 8 GB. Pengujian : Melakukan input memori micro SD dengan kapasitas 2 GB yang berisi file lagu 70 persen. Nilai : 3,3. Catatan : memori internal 24 MB tergolong kecil untuk ukuran ponsel ini, hampir semuanya telah terpakai untuk beberapa aplikasi yang embedded. Untuk menikmati download musik memang harus mengandalkan memori eksternal.

Kinerja
Menikmati musik di SGH-F400 bisa dibilang cukup menyenangkan. Semua fitur terkait musik dapat bekerja apik, apalagi pancaran suara speaker tampak jernih dan keras berkat teknologi ICE power Bang & Olufsen. Panduan navigasi musik pun terasa sempurna dengan scrool wheel navigation. Cuma sedikit yang jadi perhatian, memori internalnya hanya disediakan terbatas.

Samsung SGH-F400
Skor Akhir : 3,3

Kinerja Baterai
Data Vendor
Waktu Siaga hingga 620 jam
Waktu bicara hingga 4,5 jam

Hasil Pengujian
Ponsel ini bekerja menggunakan baterai lithium Ion 960 mAh. Dari hasil pengujian, performa baterai cukup mendukung untuk fungsi memutar musik. Indikator baterai hanya berkurang satu bar saat memainkan MP3 selama satu jam.

Spesifikasi
DESAIN Slide Bar
DIMENSI 103.2 x 48.2 x 16.9 mm
BERAT 105 gram
RINGTONE MP3/Polifonik
PROSESOR --
Sistem Operasi Proprietary
Jaringan GSM Triple band/3G/HSDPA

Layar
Kedalaman warna LCD TFT 262 ribu warna
Ukuran 2,2 inchi
Resolusi 240 x 320 pixels

Memori
Internal 24 MB
Eksternal Micro SD (paket 1GB) sampai 8GB
Hotswap ada
Phonebook dinamis
Call record ada

Baterai
Tipe Lithium
Kapasitas (mAh) 960
Standby time (jam) 620 jam
Talk time (jam) 4,5 jam

(Okt08)

Tidak ada komentar: