15 Des 2008

Fitur Terbaru di E Series
















Selain berbekal A-GPS, kamera 3,2 Mpix dan aplikasi Office terbaru. E71 dan E66 ternyata juga disempurnakan dengan beberapa fitur dasar yang menarik

Setiap kemunculan ponsel pintar selalu memberi sensasi, utamanya pada kemampuan di fiturnya. Apalagi jika si ponsel pintar menyandang ‘gelar’ sebagai business phone, seperti baru-baru ini keluarga Nokia E series meluncurkan seri E71 dan E66. Banyak fitur baru yang dijejalkan untuk memuaskan hasrat pebisnis modern, tak ketinggalan fitur hiburan ter update juga menjadi bagian yang tak terlewatkan. Hal ini membuat tampilan fitur E series tidak ’kaku’ seperti sebelumnya, tak sedikit yang menyebut fitur E71 dan E66 cukup dekat dengan generasi Nokia N series terbaru. Beberapa fitur yang ditampilkan sebenarnya bukan ’wajah’ baru, tapi bisa juga disebut baru karena sebelumnya tak pernah hadir di keluarga E series. Antara E71 dan E66 memiliki kadar fitur yang serupa. Berikut bedah fitur dasar generasi E series terbaru.

Built in Encryption









Sebagai ponsel bisnis, sisi perlindungan mutlak diberikan lebih. Ini diperlukan agar tak sembarang orang bisa melihat data di ponsel. E series terbaru memberi enkripsi pada phone memory dan memory card, bisa dipilih dua-duanya atau salah satu. Sistem ini memudahkan untuk mengamankan banyak data-sata secara langsung.

Switch Mode









Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah cepat (switch) fungsi ponsel dalam dua mode, yakni ”business” dan ”personal”. Dalam konfigurasi kedua mode, salah satunya bisa di set theme, wallpaper dan active standby menu (aplikasi plug in). Cara pengaktifan switch mode sangat mudah dengan satu kali tekan pada tombol. Jadi pengguna bisa dengan mudah memisahkan dua fungsi (tampilan) ponsel, antara business dan personal (nama bisa diganti). Semisal saat jam kerja, business mode menampilkan theme, wallpaper dan active standby berupa Quickoffice, kalkulator, kalender dan mailbox. Semua menampilkan wajah profesional pengguna. Nah, saat santai pulang kantor, switch ke personal mode, layar akan berganti ke wallpaper, themes dan active standby menu favorit Anda, seperti games, musik, Map dan lain-lain.

One Touch Key












Setiap ponsel E series memiliki empat tombol ‘one touch’ key yang terletak dibawah softkey. Tapi ada yang unik pada E71 dan E66, Perintah tombol ‘one touch’ key bisa di set lebih atraktif. Waktu tekan tombol bisa diolah untuk perubahan menu, misalnya pada tombol kontak, saat di tekan panjang akan otomatis membuka menu ’new meeting’, dan tekan pendek akan membuka menu kalender. Kesemuanya bisa di customized sesuai selera Anda.

Smart Dialing dan Contact









Mencari kontak rekan bisnis jauh lebih mudah dan cepat. Cukup ketik karakter pertama nama rekan Anda di dalam idle screen (layar standby di menu utama). Secara otomatis idle screen akan melakukan proses matching dengan data di dalam menu kontak, sistemnya menggunakan pola pop up. Saat membuka menu kontak juga ada kemudahan, pada panel layar akan muncul pilihan opsi moda komunikasi langsung (telepon, SMS, MMS email dan lain-lain)

Enhanced Calender









Kalender di E series terbaru sudah lebih maju, idenya mencontoh dengan yang ada di E90, lebih atraktif dibanding generasi sebelumnya. Tampilan kalender bisa diurai dalam dua jendela, sekilas layout nya menyerupai gaya Outlook. Jadi pengguna tak perlu repot menggerakan tombol navigasi saat ingin melakukan editing. Melihat agenda harian pun lebih jelas dengan enhanced calendar.

Hiburan


Generasi E series terdahulu umumnya miskin hiburan, kecuali E90 dan E51. Seri sebelumnya E series tidak menghadirkan fitur hiburan standar seperti FM radio. Pada dua E series terbaru FM radio sudah disiapkan, selain fasilitas pemutar musik. Bahkan ada fasilitas female jack 2,5 mm untuk koneksi ke headset. Bekal bluetooth stereo A2DP tak ketinggalan pula guna menunjang hiburan.

Auto Rotating Screen


Fitur ini memberi kemudahan berupa perpindahan otomatis layar dari portrait ke landscape, dan sebaliknya. Proses perpindahan layar mengikuti pola gerakan ponsel dalam genggaman. Fitur ini sebenarnya sudah diterapkan pada Nokia N82 dan N95.

(Ags08)

Tidak ada komentar: