19 Sep 2008

Samsung SGH-B200








Andalkan Waktu Siaga dan Rekam Radio



”Fitur boleh dibilang sangat sederhana, tapi toh ponsel ”Cinta Laura” ini bisa memampilkan performa maksimal sesuai dengan kelasnya”



Bila dilihat dari fitur yang ditawarkan memang ponsel kelas pemula terasa kurang menarik untuk dilirik. Tapi fakta dipasaran membuktikan sesuatu yang menarik, pangsa ponsel kelas pemula tetap tertinggi dari segi penjualan di Tanah Air. Samsung Mobile yang belakangan cukup gencar menghadirkan kelas smartphone tak ketinggalan strategi untuk bertarung di kelas ponsel pemula. Salah satu buktinya dengan kehadiran seri SGH-B200. Ponsel candybar ini digolongkan oleh pihak vendor ke dalam segmen essentials. Artinya ponsel yang hanya menghadirkan fitur dasar tapi tangguh dalam penggunaannya.

Ikon ketangguhan memang menjadi promo utama ponsel ini. Promo SGH-B200 yang memakai model Cinta Laura menyebut waktu siaga ponsel bisa bertahan hingga 10 hari. Dengan harga bandrol Rp 500 ribuan tentu jangan berharap ada bekal kamera dan pemutar musik MP3. Tapi kemampuan FM radio boleh diacungi jempol, inilah ponsel Samsung pertama yang bisa merekam siaran radio untuk dijadikan nada dering. Lumayan menghibur, tak lupa ponsel ini menyediakan browser internet.

Layar
Dengan dimensi yang mungil, tampilan layar B200 terbilang kecil dengan bentangan layar 30 x 20 mm (1,52 inchi) dan tingkat resolusi 128x128 pixels. Dengan sistem koneksi yang minim, pilihan wallpaper dan animasi menjadi terbatas, tidak banyak pilihan. Satu tampilan layar bisa memuat 5 baris teks di menu message. Pengujian : olah tampilan wallpaper dan menu-menu. Niai : 2,9. Catatan : Adopsi teknologi STN pada layar memang kurang maksimal untuk kualitas visual, sesuai dengan harga jualnya.

Keypad
Ukuran masing-masing tuts keypad didesain cukup ergonomis, dimensi rata-rata diatas 10 mm. Selain tuts keypad, ada dua tombol softkey dan tombol navigasi empat arah yang tiap sudut bisa dikustomisasi sesuai menu yang dipilih. Pengujian : mengetik short messsage dan olah penggunaan beberapa menu. Nilai : 2,9. Catatan : dilengkapi sistem keypad lock yang serupa dengan di ponsel Nokia.

Internet
Meski fitur-fitur yang dihadirkan terbilang sangat sederhana, tapi kemampuan standar GPRS terbukti bisa berjalan baik. Dalam menu browser terdapat bookmarks, enter URL dam auto setitings operator lokal. Pengujian : melakukan browsing ke situs www.selular.co.id dan ww.detik.com. Nilai : 3. Catatan : browser tidak bisa membuka situs selular.co.id dan detik.com, disebutkan file konten terlalu besar. Tapi browsing berhasil untuk membuka situs www.xl.co.id dan Samsung Fan Club.

FM radio
Fasilitas radio hanya bisa aktif bila terkoneksi dengan headset stereo. Kemampuan utamanya mencakup rekam siaran, self tuning, channel interval, add to favorit dan speaker on. Ponsel bisa menyimpan kapasitas hingga 38 channel list frekuensi radio. Pengujian : merekam siaran selama 30 detik dengan kapasitas data terpakai 328 KB. Rekaman bisa di set sebagai nada dering. Nilai : 3,1. Catatan : Kapasitas memori yang minim tentu menjadi kendala bila ingin merekam dalam banyak pilihan.

SOS message
Fitur yang terdapat dalam menu SOS message tak berbeda dengan yang terdapat di seri-seri sebelumnya. SOS message bisa memuat hingga lima nomer recipients dengan opsi repeat hingga lima kali. Pengujian : melakukan test SOS message ke dua nomer recipients. Nilai : 3,5. Catatan : Aktivasi SOS message dilakukan dengan menekan tombol C sebanyak empat kali. Biasanya tombol aktivasi diaktifkan dengan menekan tombol pengatur volume.

Memori
Dengan harga bandrol yang mungil, turut berimbas pada kapasitas memori yang disediakan. Memori internal untuk kebetuhan sound dan images disediakan 600 KB, sedang untuk Java games dialokasikan 512 KB. Masih ditambah lagi kapasitas memori phonebook yang bisa menyimpan 500 entry, dan memori SMS 200 entry. Pengujian : mengisi memori hingga penuh dengan rekaman radio. Nilai : 3. Catatan : -

Mobile Tracker
Biarpun dari segi fitur tergolong low end, ponsel ini juga dibekali fitur mobile tracker. Dengan men set fitur ini, Anda bisa melacak keberadaan ponsel saat hilang. Setiap kali ponsel berganti kartu SIM akan memancarkan informasi tertentu ke nomer yang telah di set. Pengujian : melakukan setting mobile tracker. Nilai : 3. Catatan : Disayangkan untuk menjumpai fitur ini harus melewati entry antar menu yang berlapis.

Kinerja
Dengan beban fitur yang ringan tak ada hambatan untuk menjajal performa ponsel ini. Fungsi radio berikut kemampuan merekamnya bisa dijadikan nilai jual tersendiri. Kemampuan speaker phone, akses browser GPRS dan SOS message dapat berjalan baik.

Samsung SGH-B200 Skor : 3

Kinerja Baterai

Data vendor
Disembutkan ponsel ini memiliki waktu siaga hingga 400 jam dan waktu bicara hingga 5 jam.

Hasil Pengujian
Meski tak sempat menjajal dalam waktu 10 hari penuh. Kemampuan baterai B200 tergolong bisa diandalkan, selama tiga hari waktu siaga, indikator baterai tidak berkurang satu level pun. Penggunaan fitur radio terbilang cukup sering.

Spesifikasi
Desain Candy bar
Dimensi 104 x 44.5 x 16mm
Berat 74 gram
Ring Tone 64 cord polifonik
Sistem Operasi Proprietary
Jaringan GSM dual band
Processor Proprietary

20 komentar:

Anonim mengatakan...

THANKS infonya...
samsung b 200 bisa untuk modem internetan gak ya ? tus settingnya susah gak ?
performanya gimana jika untuk modem ???

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...

Terus terang saya belum sempat jajal B200 utk modem internet, seandainya bisa jadi modem rasanya agak repot, dalam paket jualnya tdk dibekali CD PC suite. kalau utk setting GPRS di ponsel cukup mudah, setting operator lokal sudah tersedia otomatis, tinggal dipilih saja.

Anonim mengatakan...

Saya baru saja beli hp ni n saya sebenarnya agak2 bingung juga make'nya soalnya nggak pernah pake samsung sebelumnya...Mau nanya neh:
1. Untuk menghilangkan gambar saat kita browsing internet gimana??
2. Kenapa getar dan melodi gak bisa saling bebarengan??
3. Cara nambah nada untuk pesan gimana??
Makasih sebelumnya...

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...

Setahu saya untuk menghilangkan gambar saat browsing di internet nggak ada toolsnya di B200, beda dengan sistem di opera browser. Trus soal nada melodi dan getar saya kurang tahu secara mendalam. Untuk tambah lagu rasanya agak sulit, selain memori internalnya kecil, pada peket penjualan juga tidak disertakan kabel data...
semoga membantu.. thx

Unknown mengatakan...

Tolong dunk gmna detailnya untuk setting fitur mobile tracker wat B200 ini.
Coz ru ja beli ni masih awam bgt....
Thanks ya sblmnya

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...

Untuk setting mobile tracker, masuk ke menu security. Kemudian buka mobile tracker, masukan input nomer ponsel teman anda untuk dilakukan pairing, anda juga diminta untuk masukan kode password. Sesudah itu Anda bisa mengendalikan B200 itu dr ponsel lain via SMS.

free mengatakan...

Apa KiTa BiSa Download game/aplikasi lewat web browser nya..tnks

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...

Wah untuk download game/aplikasi dari web B200 pastinya nggak bisa mas..

Anonim mengatakan...

Mo tanya b200 bisa buat Ym-an ga yah?
trus aplikasi Ym-an yang cocok apa buat ponsel ini?

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...

Samsung B200 tidak bisa buat YM-an... tidak ada software yang mendukung untuk ponsel itu.. thx

Anonim mengatakan...

kalo mo masukin game ato masukin aplikasi gimana ya?

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...

masukin aplikasi atau game tidak bisa bro... maaf yaa...

Anonim mengatakan...

kode password nya apa untuk aktifkan mobile tracker??thx

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...

kode password tentunya bisa Anda buat sendiri

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

cara setting internet buwat samsung sgh-b200 gimana yah ?????? tanxs ya sebelumnya

Anonim mengatakan...

samsung sgh-b200 bisa intenet g nya???? klw bisa setting nya gmn????

mbak tanti mengatakan...

Samsung B200 ini lumayan karena bisa access FB, google dengan baik meski harganya gak begitu mahal.

ayun_jack mengatakan...

maav mau tanya gmn ya mereset password sgh b 200...soalnya hp saya kena password n lupa passwordnya...sekarang gag bisa kepakai...tlg blz

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...

@ Ayun Jack : jujur saya sudah ndak pegang B200 lagi, tp utk mengatasi problem Anda sih, krn lupa password yaa.. rasanya kudu di hard reset deh, coba datang aja ke Service Center Samsung.. Thx bro