9 Sep 2008

Layar Ponsel High Performance












Tidak hanya ketajaman warna yang jadi ukuran kehebatan layar ponsel. Tapi ada faktor lain yang juga penting, seperti konsumsi energi dan unsur ketahanan.


Teknologi layar termasuk elemen dari ponsel yang mengalami revolusi cepat, kini ketajaman layar di ponsel sudah menggapai tingkatan jutaan warna, ditambah adopsi kualitas layar LCD (liquid crystal display) TFT di banyak kelas ponsel. Tapi inovasi terus berlanjut, apalagi dengan dorongan pengembangan bisnis beberapa vendor terbilang giat menciptakan solusi baru, seperti munculnya teknologi OLED dan OLPF (optical loss pass filter) keluaran Epson.

Visi vendor tak lagi semata menciptakan layar dengan keunggulan dari segi ketajaman warna, tapi juga soal kecepatan membran pada layar, efisiensi energi dan kemudahan dalam memproduksi. Konsep ini yang tengah diuji oleh Qualcomm dengan teknologi IMOD (interferometric display). Layar jenis terbaru ini menggunakan basis MEMS (micro electro mechanical system). Layar IMOD dibuat dengan material inorganic, keunggulannya layar tidak terlalu berpengaruh pada kondisi lingkungan seperti suhu ekstrim, kelembaban dan radiasi ultra violet. Umumnya layar ponsel yang ada saat ini sangat rentan pada ketiga unsur tadi, kecual jenis OLED yang optimal pada kondisi visual over lightning.

Elemen IMOD terdiri dari gabungan serat kaca, lapisan thin film, celah udara dan reflektif membran (lihat gambar - 1). Setiap sisi IMOD berukuran 10 – 100 microns, dan bisa dikonversi hingga 400 – 1000 dots per inchi. Pihak Qualcomm dalam release menyebut performa layar ponsel/PDA akan mengalami peningkatan dalam beberapa unsur, seperti always on, layar akan bekerja instant akses tanpa start up delay. Konsumsi energi rendah, readibility dan response time yang 10 hingga 1000 kali lebih cepat dari jenis LCD biasa. IMOD memanfaatkan keunggulan fungsi active matrix dengan biaya passive matrix.

Berikut bagan jenis-jenis layar ponsel. IMOD sendiri tergolong dalam non emissive display, artinya elemen yang tidak memancarkan cahaya sendiri yang mengadopsi konsep FDP (flat panel display).












Tabel Performa Jenis Layar Ponsel











Keterangan
EPD : Electrophoretic Display, digunakan pada ponsel Motorola F3
ChLCD : Cholesteric LCDs, LCD dengan struktur spiral
STN : Super Twisted newmatic, layar warna dengan kualitas rendah
TFT : Thin Film Transistor, layar warna dengan kualitas tinggi namun tidak cocok untuk kondisi sunlight.
OLED : Organic Light Emitting Diode, konsumsi energi efisien dan ukuran layar yang kecil.

(Feb08)

Tidak ada komentar: