26 Nov 2009

Samsung GT-B3210 Corby TXT














QWERTY 2G Mungil Padat Fitur


“Munculnya Corby TXT adalah jawaban Samsung Mobile untuk bertarung di pangsa ponsel QWERTY berharga murah di Tanah Air”


Segmen ponsel berdesain QWERTY dengan harga murah memang punya daya pikat besar di pasaran. Walau segmen tersebut didominasi oleh produk keluaran vendor merek lokal, bukan berarti vendor merek global tutup mata pada gurihnya segmen pasar ini. Salah satu vendor global yang mulai masuk di pasar ini adalah Samsung Mobile lewat seri Corby TXT. Sesuai dengan segmennya, Corby TXT hanya disiapkan untuk melayani jaringan 2G. Oleh vendornya, ponsel ini dirancang dengan desain daya pikat kuat dalam unsur model dan gaya. Salah satunya dibuktikan dengan adopsi solusi fashion jacket untuk gonta ganti back cover.

Sebagai produk keluaran baru, Corby TXT punya banyak fitur unggulan yang pas untuk selera anak muda. Sebut saja FM radio dengan fungsi rekam, MP3 player, fake call, female jack 3.5 mm, bluetooth stereo dan tentunya kamera 2 Mpix. Kodrat sebagai ponsel messaging tentu harus puny bekal kemampuan email dan instant messenger. Untuk dua fitur tadi, Corby TXT yang dibandrol Rp 1,5 juta sudah menyiapkan sesuatu yang cukup menarik dan ideal untuk penggunaanya.

Desain

Rancangan Corby TXT banyak terinspirasi dari lekukan mobil balap Ferrari dan lekukan celana jeans. Maka tak heran ponsel ini desain sudut sampingnya tak umum, yakni berkurva dan pop style kontur mengigatkan pada bentuk pesawat siluman. Pengujian : menjajal aspek ergonomis ponsel dalam beberapa penggunaan dan mencoba akses audio jack 3.5 mm. Back cover cukup mudah diganti-ganti sesuai selera pengguna. Catatan : Agak berbeda dari seri-seri ponsel Samsung terdahulu, Corby TXT mengusung slot charger micro USB


Keypad
Desain Corby TXT tergolong mungil untuk ukuran ponsel QWERTY, ini berdampak langsung pada ukuran keypadnya. Dalam alur keypad tak lupa disiapkan tuts akses langsung ke menu MP3 player dan tuts shortcut ke menu SMS. Pengujian : mencoba mengetik cepat, cukup mudah tapi diperlukan adaptasi sejenak karena ukuran tuts yang hanya 5 mm. Corby TXT dibekali tombol navigasi empat arah yang bisa di customized. Catatan : ada pengaturan keypad light dan guna membiasakan mengetik tersedia game khusus untuk melatih jemari.

Layar

Layar Corby TXT mengambil konsep landscape dengan ukuran 2.2 inchi. Kedalaman layar yakni 262 ribu warna TFT dengan resolusi 176 x 144 pixels. User interface (UI) memperkenalkan pilihan themes kartun yang menarik. Tak lupa terdapat menu transition effect untuk menabah kesan dinamis. Pengujian : menjajal beberapa fitur, termasuk layar kamera dan pemutar video. Adanya shortcut toolbar di home screen membuat navigasi menu lebih cepat. Catatan : layar tidak dilengkapi sensor akselerometer.



FM Radio
FM radio merupakan menu tersendiri yang punya kemampuan rekam siaran langsung. Ditambah lagi fitur find music Shazam. Selain self tuning, radio bisa di set untuk berjalan background playing atau multi tasking. Pengujian : menikmati alunan radio lewat speaker on dan headset. Navigasi untuk pencarian frekuensi dilengkapi visual yang menarik. Catatan : Shazam adalah fitur untuk mengenali identitas lagu lewat fungsi rekam. Aktivasi Shazam harus terhubung dengan internet. Koneksi radio tetap mengandalkan headset sebagai antena.

Pemutar Musik


Spesifikasi pemutar musik mencakup repeat mode, shuffle, background playing, sound effect dan music auto off. Pemutar musik juga dilengkapi kemampuan bluetooth stereo dan find music Shazam. Pengujian : mendengarkan musik lewat headset stereo dan speaker on. Walau tak dilengkapi speaker stereo, kualitas pancaran suara terdengar jernih. Widget menu musik juga dapat ditampilkan pada home screen. Catatan : agar pemutar musik dapat berjalan multi tasking, perlu pengaturan terlebih dahulu.

Kamera
Kamera 2 Mpix (1600x1200 pixels) menjadi fitur unggulan di segmen ponsel ini. Fitur pada kamera mencakup night mode, self timer, efek, frames, white balance, viewfinder mode dan multiple/mosaic capture. Tak ketinggalan brightness dan 11x zoom. Pengujian : memotret gambar dengan resolusi tertinggi. Catatan : zoom tidak bisa dilakukan bila menggunakan setting resolusi 2 Mpix. Letak tombol zoom. Lensa kamera tidak dibekali flash dan cermin untuk self portrait. Pemutar musik tak bisa berjalan bersamaan dengan menu kamera.

Internet

Corby TXT mengandalkan browser Net Front versi 3.5. Kelebihan browser ini sudah dilengkapi fungsi zoom in/out, virtual pointer, run java script dan play sound. Dan untuk kemudahan berbagi informasi, ada cara mudah untuk send dan copy URL lewat SMS, email dan bluetooth. Pengujian : mencoba olah navigasi browser di beberapa situs tanpa display image. Meski teknologi sebatas EDGE, akselerasi internet browser terbilang berjalan cepat dan ringan. Catatan : Fitur internet tidak bisa berjalan multi tasking.

Chatting
Aplikasi chatting terdapat dalam menu messages. Dalam paket jual sudah terinstal aplikasi Mini Fring. Aplikasi ini berjalan di platform Java dan bersifat multi network, dapat menjalankan beberapa layanan chatt sekaligus. Pengujian : menjajal chatting dengan Google Talk. Catatan : koneksi untuk log in terasa agak lambat. Layanan chatt yang tersedia yakni MSN Messenger, Google Talk, ICQ dan AIM. Sangat disayangkan tidak ada layanan yang paling popular, Yahoo Messenger (YM). Aplikasi chatt juga tak bisa berjalan multi tasking.

Email
Masih dalam koridor menu messages. Corby TXT punya kemudahan setting email POP3. Layaknya ponsel Windows Mobile, untuk aktivasi cukup diperlukan input username dan password untuk Google Mail dan Yahoo Mail. Begitu juga mudahnya untuk setting email kantor. Total Anda bisa membuat 5 akun email. Pengujian : menjajal akses email POP3 dengan Gmail. Catatan : untuk kemudahan penggunaan, gunakan time retrieve dan pengaturan limit size email dalam menu settings.

Performa
Bisa dibilang Corby TXT adalah ponsel QWERTY yang kaya warna. Terdapat kemudahan untuk mengakses beberapa widget layanan jejaring sosial pada menu Communities . Kinerja ponsel ini termasuk baik, terutama untuk akses pemutar musik, email client, FM radio dan internet browser. Walau disayangkan untuk internet browser dan aplikasi chatting tidak bisa multi tasking. Untuk mengatasi tidak adanya aplikasi YM, Corby TXT dalam paket jualnya mengusung aplikasi Chatbox dari Telkomsel. Dan ponsel ini memang dijual dalam bundling tanpa unlock dengan kartu Simpati Telkomsel. Ponsel ini tak memiliki kemampuan document viewer.

Kinerja Baterai
Ponsel mungil nan tipis ini tidak termasuk golongan yang haus energi baterai.. Dengan berjalan di platform 2G maka bisa ditakar kekuatan dan daya tahan ponsel ini. Apalagi fitur yang digotong juga terbilang sederhana untuk kelas messaging. Corby TXT dilengkapi baterai standar Lithium Ion 800 mAh. Pihak vendor memberikan keterangan, waktu bicara dapat dicapai hingga 450 menit dan waktu siaga hingga 390 jam. Dalam uji coba, indikator baterai hanya berkurang 2 bar dalam pemakaian dua hari. Penggunaan dalam kondisi minimal. (Haryo Adjie Nogo Seno)

Spesifikasi
DESAIN QWERTY bar
DIMENSI 112 x 59.6 x 12.9 mm
BERAT 94 gram
RINGTONE Polifonik dan MP3
PROSESOR -
Sistem Operasi Proprietary
Jaringan GSM quad band

Layar
Kedalaman warna TFT 262 ribu warna
Ukuran 2.2 inchi
Resolusi 176 x 144 pixels

Memori
Internal 40 MB
Eksternal 8 GB (Micro SD) – paket 1 GB
Hotswap ada
Phonebook 1000
Call record ada
SMS record 500

Konektivitas
GPRS kelas 10
EDGE kelas 10
HSDPA tidak ada
WLAN/Wi Fi tidak ada
Bluetooth 2.1
Infrared tidak ada
Kabel Data USB 2.0 micro USB
PC Sync ada

Messaging
Long SMS ada (160x12)
MMS ada
Fax Tidak ada
E-mail Messaging ada
Video Messaging ada
Voice Messaging ada
SMS Broadcast ada
Instant Messaging ada

Kamera
Kualitas 2 MP
Resolusi Max 1600 x 1200 pixels
Auto Focus ada
Flash Light tidak ada
Night mode ada
Digital Zoom ada
Macro Mode tidak ada
Landscape View ada
Multishot ada
White Balancing ada
Kontras ada
Brightness ada
Efek ada
Timer ada
Image Stabiliser tidak ada

Video
Resolusi Max 176 x 144 pixels
Kualitas rekam high, medium, low
Player 3GPP dan MP4
Video Editor tidak ada
Slow Motion tidak ada
Insert tidak ada
Efek ada
Mute Record ada
Durasi Max tergantung memori

Musik
Player MP3/AACdan WMA
Equalizer ada
Shuffle ada
Play List ada
Bass booster tidak ada
Composer tidak ada
Downloadable ada
Shortcut Button ada
Stereo Speaker tidak ada
3D Sound tidak ada
A2DP headset ada
Multitasking ada
Channel List ada (customized channel)
Radio FM ada
Auto Search ada
Save Option ada

Internet
Browser Net Front versi 3.5
WAP 2.0
Full XHTML ada
Zoom ada
Auto Configuration ada
Offline Mode ada
Proxy Setting ada
Modem ada
Multitasking tidak ada

Fitur lain
GPS dengan minimap tidak ada
Dokumen Viewer tidak ada
Adobe PDF Reader tidak ada
Siaran TV tidak ada
PIM ada
Push to Talk tidak da
File Manager ada
Video Memo tidak Ada

Baterai
Tipe Lithium Ion
Kapasitas (mAh) 800
Standby time (jam) 390
Talk Time (jam) 7,5

15 komentar:

Anonim mengatakan...

aq skarang make corby txt,,moo nanya,,cara nyambungin ke laptop bwd jdi modem gmna y???b'hubung ku blum punya kbel datanya,,klo ud ada nantii bisa langsung di nyambungind gag atw mesti pake instal2 dlu???swlnya bingung nii,,beli bluetooth ex bwd laptop atw skaliand kabel data bwd phonekuu...

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...

kalo untuk sambungin ke laptop saya kurang tahu yaa, malah saya mau tanya di paket jualnya ada CD driver ga yaa? Tp menurut saya sih, Corby ga cocok untuk jadi modem internet, soalnya kemampuan akses internet Corby cuma sebatas GPRS, rasanya kurang ideal buat dijadikan modem

Anonim mengatakan...

saya mau tanya dong, samsung corby bisa ga sih buat nge-download YM. soal nya bawaan nya gada aplikasi buat YM. klo bisa tolong petunjuk nya ya??

Anonim mengatakan...

saya mau tanya dong, samsung corby bisa ga sih buat nge-download YM. soal nya bawaan nya gada aplikasi buat YM. klo bisa tolong petunjuk nya ya??

Anonim mengatakan...

.....banyak pertanyaan nee.. moga aja bisa bantu...
1. masih ga ngerti tentang push email dan email inbox.
2. sering ga bs conect gara2 "server error", knp?
3. server emailnya pake POP3, dll nya..ku ga ngerti penggunaanny...
cara aktifin dan non aktifin bluetooth

sekian dulu, moga bisa langsung dijawab..tengkyu bangetttt

Anak_anak TKJ mengatakan...

sya mw nanya cra melepas micro sdnya samsung corby txt gmna y?,,
trims

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...

@ Anak2 TKJ = melepas micro SD terbilang mudah, tak perlu lepas baterai, cukup buka back cover saja, thx

Anonim mengatakan...

sya ingin nanya klo ingin mentransfer data dari komputer ke hape corby nya bagaimana?saya udah pnya kabel datanya tpi pas di colokin ga bisa,knp ya?

Anonim mengatakan...

saya pake corby txt, gimana cara pake audio jack.a krn tiap saya mau dengar lgu pake headset gak bisa katanya earphonex belum terpasang padahal udah kepasang. thanks

Anonim mengatakan...

saya punya masalah ini kenapa setiap saya mau nulis pesan kok ngrestat sendiri ya ??? apa semua produk corbi gtu ?? atau ada masalah dengan hapenya ??? mohon bantuannya ya !!!

Gamma Ramadhan mengatakan...

saya mau tanya cara memasukkan playlist musik dari memori external

Anonim mengatakan...

cara setting pemutar music corby b 3210 gimana ya supaya bs tampil

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...

maaf teman2 saya sudah lama ndak pegang hp itu, jadi sudah lupa dan ndak bisa jawab pertanyaannya, mungkin ada kawan2 lain yang bisa kasih solusi?

yousuf myulana mengatakan...

maaf... klo themanya download dimana y???
aku dah nyari di ownskin.com
onsmartphone,
ko gg ada?

yousuf myulana mengatakan...

themanya ada g??