24 Nov 2009

Kombinasi Keunggulan SMS dan GPS




















Kini tak perlu kesulitan untuk menyampaikan detail lokasi secara akurat, dalam waktu yang singkat ’location SMS’ bisa menjawab kebutuhan tadi, berguna untuk situasi darurat



Koordinat GPS (global positioning system) sudah dikenal luas sebagai solusi handal guna mengetahui presisi sebuah lokasi. Sedangkan SMS (short message service) telah menjadi media komunikasi yang paling populer dan mudah dipahami di era digital saat ini. Meski GPS dan SMS punya latar fungsi berbeda, tapi kedua teknologi ini nyatanya dapat dipadukan untuk sebuah kegunaan yang maksimal. Salah satu wujudnya yakni dalam fitur berlabel ‘location SMS’.

Fitur ini menjalankan fungsi mengirimkan SMS selayaknya moda SMS regular, tapi ada tambahan sisipan informasi koordinat GPS secara otomatis. Tentu untuk memperoleh koordinat GPS secara cepat dan tepat diperlukan dukungan faktor cuaca yang baik agar sinyal GPS bisa tertangkap satelit dengan sempurna.

Agar lebih mantap, pengoperasian location SMS dapat dipadukan dengan fitur GPS viewer untuk mengetahui koordinat pengirim secara lebih akurat. Dalam skenario, fitur ini dapat menjalankan peran LBS (location based service) lebih akurat dan luas, dibandingkan LBS berbasis Cell ID BTS (base tranceiver station) operator. Fitur atraktif ini bisa Anda jumpai pada ponsel pintar generasi terbaru merek Acer tipe DX900 yang mengusung sistem operasi Windows Mobile 6.1 profesional. (Haryo Adjie Nogo Seno)

1.
Untuk menggunakan location SMS, terlebih dahulu masuk ke programs > GPS. Fitur location SMS diketahui dapat di download tanpa lisensi dari beberapa situs.









2.
Masuk ke menu GPS viewer, tab satellite. Otomatis aplikasi GPS akan bekerja melakukan peran ‘searching’. Grafik warna merah menandakan belum ada tangkapan sinyal dari satelit secara sempurna.









3.
Setelah sinyal satelit terkunci, ditandai dengan info 3D fixeld. Indikasinya dapat dilihat dari grafik warna biru dan hijau.










4.
Selanjutnya tab compass, langsung diperoleh visual parameter lengkap seperti status, ketinggian, koordinat GPS dan kecepatan.










5.
Masuk ke menu location SMS, Anda langsung dapat mengetik teks seperti biasa. Koordinat GPS latitude dan longitude akan langsung tesaji dalam box ’my location’.









6.
Visual teks SMS yang telah diterima dari location SMS. Informasi cukup jelas dan mudah dipahami untuk ditelusuri lewat aplikasi Google Earth di PC.

Tidak ada komentar: