5 Nov 2009

Jalur Gaul Alternatif via SMS Facebook




















Banyak jalan untuk jadi lebih gaul di facebook, salah satunya silahkan coba SMS facebook yang kini tengah digadang tiga operator. Caranya beda tapi sensasi tetap sama



Facebook (fb) telah menjelma sebagai situs jejaring sosial terbesar sejagad. Indikatornya, per 16 Juli lalu pengguna fb dinyatakan telah mencapai 250 juta, sedang di Indonesia tak kurang 5 juta orang telah bergabung dengan aplikasi karya Mark Zuckerberg. Fb pun menjelma sebagai bahasa pergaulan yang populer untuk segala urusan dan kepentingan. Selain memikat dari segi fitur, popularitas fb ditengarai terdongkrak karena kehandalan jalur koneksinya. Selain utamanya akses fb lewat web, tersedia jalur akses via fb mobile dan fb SMS. Ditambah, beberapa vendor sistem operasi menciptakan aplikasi khusus fb untuk perangkatnya, seperti Microsoft dan BlackBerry.

Khusus untuk koneksi fb SMS terlihat beda dari yang lain, lewat jalur SMS pelanggan tak memerlukan koneksi internet/GPRS di ponselnya, ditambah untuk penggunaan layanan ini terkait langsung dengan kartu layanan operator tertentu. Di Indonesia kini tiga operator telah menggelar layanan fb SMS, yakni Tri, Axis dan Telkomsel. Fb SMS Tri malah menjadi yang pertama di kawasan Asia Tenggara. Pola tarif dan jenis fitur yang ditawarkan antar tiga operator praktis tak terlalu beda. Meski memakai jalur SMS, untuk proses aktivasi tetap diharuskan registrasi nomer ponsel via internet www.facebook.com/mobile.

Kemudahan adalah visi dari hadirnya layanan ini, pihak operator beranggapan bahwa ada ceruk pasar yang bisa digarap lewat jalur SMS, meski fb lebih dahulu kondang via mobile browser. Dengan jalur SMS, fb dapat diakses lebih luas oleh banyak kalangan, dan coverage operator tentunya lebih luas dan teruji memakai teknologi SMS yang termasuk platform 2G. ”Dalam layanan ini, juga dipadukan dukungan MMS (multimedia message service) untuk upload foto sepuasnya, artinya kualitas GPRS juga harus optimal,” ujar Suresh Reddy, Chief Commercial Officer PT. Hutchison CP Telecomm Indonesia.




Sebagai sebuah layanan yang relatif baru, fb SMS punya kelebihan dan kekurangan. ”Kelebihannya layanan ini bisa diadaptasi oleh semua jenis ponsel, termasuk ponsel jadoel sekalipun dan proses setting pun mudah,” ujar Edi Purwanto (25 tahun), seorang mahasiswa di Jakarta kepada Tuti Handayani dari SELULAR. Ditambahkan Edi, fb SMS membuat interaksi kian mudah, salah satunya report yang langsung masuk saat rekan tertentu di friend list meng-update komentar dan bisa langsung dibalas dengan mengirim SMS ke 32665.

”Proses interaksi menu pun dipandang lebih cepat ketimbang jalur web dan GPRS. Berdasar pengalaman, butuh waktu lebih dari satu menit untuk loading status menu lewat GPRS, sebaliknya fb SMS hanya butuh waktu beberapa detik,” ungkap Fiddy Anggriawan (21 tahun), mahasiswa pariwisata yang sudah menggunakan fb SMS selama 3 bulan. Mengenai kekurangan, baik Edi dan Fiddy menyebutkan fitur fb SMS belum lengkap, idealnya juga disertakan fitur fb chatt. Walau belum terlihat banyak digunakan, Edi dan Fiddy yang mewakili generasi remaja yakin dengan maraknya penggunaan fb SMS, pasalnya penggunaan fb SMS terbilang efektif untuk keseharian plus ditunjang paket tarif menarik yang terbilang murah.

Soal tarif, meski nyaris serupa, tetap ada perbedaan sedikit. Misalnya Tri hanya menyediakan paket Rp 5000/bulan, penggunanya bebas update status kapan dan dimana saja, poke (colek) atau menerima poke dari kawan, mengirim pesan dan menerima message, menulis di wall kawan dan sebaliknya. Dengan tarif paket tadi, pengguna pun bebas upload foto semudah mengirim MMS. Sedang Axis menyediakan paket Rp 1500/minggu dan Rp 5500/bulan, fiturnya serupa dengan yang ada di Tri, bedanya untuk upload foto pengguna dikenakan tarif Rp 900/MMS. Sebaliknya agak beda fb SMS Telkomsel, meski fiturnya serupa, pelanggan dikenakan Rp 2000/20 SMS yang berlaku selama 10 hari.

Sejak pertama diluncurkan pada 7 April lalu, pihak Tri belum bersedia menyebutkan info jumlah pengguna layanan fb SMS. Axis operator kedua yang meluncurkan fb SMS pada 10 Juni lalu, pun hanya menyebutkan per harinya rata-rata 1000 pelanggan melakukan aktivasi fb SMS. Walau belum ada info pasti jumlah pengguna fb SMS di Tanah Air, tren gaul fb via SMS rasanya bakal meningkat, buktinya Telkomsel per 21 Juli lalu ikut terjun ke segmen layanan ini.

(Okt09)

Tidak ada komentar: