9 Feb 2010

Navigasi Layar Ponsel via Headset Bluetooth




















Selain fungsi utamanya sebagai alat bantu pendengaran, headset bluetooth ternyata bisa difungsikan sebagai remote untuk mengendalikan navigasi menu di layar ponsel



Semenjak WiFi naik daun, selintas eksistensi bluetooth sebagai fitur andalan di ponsel sedikit tergeser. Tapi bila dicermati, sebenarnya tidaklah demikian, bluetooth tetap punya pamor tersendiri. Dengan kemampuan gelombang radio jarak pendek, teknologi bluetooth terbukti handal untuk melayani koneksi yang sifatnya peer to peer, semisal untuk transfer file data dan koneksi headset. Tapi ditangan kejelian developer software, Teksoftco, peran headset bluetooth bisa dikembangkan lebih jauh sebagai headset remote.

Dalam software yang diberi label “Headset Remote 1.0”, sebuah headset bluetooth dapat berubah peran sebagai remote untuk mengendalikan navigasi menu di layar ponsel. Proses navigasi remote mengandalkan tools tombol volume pada headset. Sedang menu yang dapat dikendalikan diantaranya seperti pemutar musik, kamera, file explorer sampai presentasi Power Point. Manfaat software ini terbilang besar, ambil contoh bila ponsel disambungkan ke layar TV lewat fasilitas TV out, presentasi Power Point bisa digelar cepat dan efektif. Bahkan lebih jauh, ponsel bisa difungsikan sebagai kamera pengintai di area terbatas. (Haryo Adjie Nogo Seno)

1.
Headset remote disiapkan untuk berjalan di sistem operasi Windows Mobile, termasuk untuk Windows Mobile touch screen dan non touch screen.









2.
Untuk mengoperasikan secara optimal diperlukan registrasi (berbayar), tapi bisa Anda coba free trial selama 16 hari.










3.
Untuk koneksi ke headset, lakukan dengan men-tab ”search & connect”. Proses searching perangkat headset memakan waktu sekitar 10 detik.









4.
Sebelumnya jangan lupa untuk mengaktifkan bluetooth, lakukan lewat setting > connection > bluetooth on. Pastikan bluetooth visible di ponsel Anda.









5.
Ada tiga aksi. Tiap aksi didasarkan pada fungsi tombol volume di headset. Contoh, action 1 dengan menekan tombol volume down dan action 2 tekan volume up.









6.
Untuk mengaktifkan menu yang akan dijalankan lewat software ini, terlebih dulu tab ”open file” lalu telusuri beberapa aplikasi dari file explorer.









7.
Kami menguji software ini dengan headset bluetooth Samsung WEP410 di ponsel Samsung SGH-i780. Saat koneksi antar dua perangkat terjadi, lampu LED pada headset akan menyala terus.









8.
Dengan menjajal versi uji coba, Anda hanya diberi kesempatan koneksi selama 10 menit. Lewat dari itu silahkan mengulang proses setting dari awal.









Sumber : www.teksoftco.com
Besar File : 149 Kb CAB
Harga : 4,95 Euro
Ponsel Pendukung : Windows Mobile Pocket PC dan Smartphone

Tidak ada komentar: