26 Okt 2009

Samsung S8003 Jet



















Andalkan Prosesor 800 Mhz


“Walau tak berbekal sistem operasi khas smartphone, performa prosesor yang handal dan kemampuan konektivitasnya membuat ponsel ini punya arti lebih dari sekedar smartphone”


Oleh vendor pembuatnya, ponsel ini disebut “smarter than a smartphone”, padahal bila ditilik tak ada bekal sistem operasi khusus yang melengkapi pada ponsel layar sentuh ini. Tapi tentu vendor punya alasan, tak lain karena Samsung S8003 mampu ”berpikir” cepat berkat adopsi prosesor berkecepatan 800 Mhz sebagai motor pengolah data. Inilah yang menjadi dasar Samsung S8003 diberi identitas sebagai Jet phone. Ponsel ini bisa disebut produk andalan Samsung di tahun 2009, mengingat peluncuran produknya yang cukup fenomemal beberapa bulan lalu di Singapura, London dan Dubai.

Produk kebanggan Samsung Mobile ini sarat fitur dan fasilitas tercanggih di kelasnya, sebut saja layar AMOLED, akselerometer, kamera 5 Mpix, HSDPA, WiFi, assisted GPS dan untuk pertama kalinya diperkenalkan Samsung web Dolphin browser. Meski tidak mengadopsi sistem operasi Windows Mobile, Jet dibekali kemampuan Microsoft Active Sync untuk memudahkan sinkronisasi data kalender dan kontak. Menurut rilis, Jet adalah ponsel pertama diluar Windows Mobile yang dibekali kemampuan sinkroniasi fitur Microsoft. Fitur lain yang juga dianggap atraktif yakni TV out, rekam video berkualitas DVD dan performa musik DNSe (Digital Natural Sound engine).



Desain
Layaknya iPhone, desain merujuk ke konsep full touch screen yang minim tombol instrumen. Tapi dibawah layar terdapat dua tombol untuk jawab dan akhiri. Ditengahnya ada tombol berbentuk kubus (heksagonal), berfungsi sebagai tombol “back”. Sisi belakang Jet diberi torehan garis-garis bernuasa reflektor. Pengujian : menjajal kemampuan beberapa tombol dan navigasi layar. Catatan : Jet mengadopsi hot swap, tapi untuk memasukan/mengeluarkan kartu memori harus membuka back cover. Usaha membuka back cover dilakukan dengan tarikan kuku.

Layar
Jet unggul mengadopsi layar AMOLED (active matrix organic light emitting diode) high resolution WVGA, dimana tampilan layar tetap terlihat jelas saat dipandang dari sudut samping dan dibawah cahaya matahari. Jet juga mengusung teknologi akselerometer untuk perpindahan visual layar otomatis dari portrait ke landscape, dan sebaliknya. Pengujian : mencoba respon Touch Wiz 2.0, user interface ini memberi efek sentuhan 3 dimensi serta 30 widget yang cukup menarik. Catatan : layar menggunakan teknologi resistive, artinya tetap bisa diakses lewat media non jari.

Kamera
Kelengkapan kamera Jet dapat diacungi jempol, selain kamera auto fokus 5 Mpix (2560 x 1920 pixels), fitur yang melengkapi terdriri dari flash LED, wide dynamic range, anti shaker, blink/face detection, smile shot, panorama, mosaic, macro, white balance, ISO, photo editor dan one finger zoom. Tak lupa juga ada kemampuan geo tagging. Pengujian : ambil foto dengan resolusi terbesar, plus menggunakan geo tagging. Catatan : untuk menggunakan geo tagging diperlukan waktu sejenak untuk aktivasi koordinat GPS.

Rekam Video
Jet juga kaya fitur pada menu rekam video. Resolusi video maksimal yakni 720 x 480 pixels yang bisa merekam 30 frame per detik, selain itu tersedia resolusi (VGA), 176 x 144 (QCIF), 320 x 240 (QVGA). Hasil rekam disimpan dalam format MPEG-4. Jet juga dapat memutar format video DivX (digital video express) dan Xvid tanpa perlu proses konversi. Pengujian : merekam dengan resolusi tertinggi, hasil sangat baik setara kualitas DVD. Catatan : hasil video dapat diteruskan lewat fasilitas TV out.

Internet
Jet adalah seri Samsung pertama yang dibekali fitur Samsung web Dolphin browser. Kebolehan browser ini diantaranya mendukung konten flash, multiple browsing, bookmark widget, multiple download dan ad blocker. Pengujian : menjajal kemampuan ad blocker, fitur ini dapat memblok tampilan iklan, sehingga trafik download data bisa lebih ringan. Catatan : browser dapat membuka sampai 5 jendela web secara bersamaan, tapi performa fitur ini pastinya ditentukan dari kualitas koneksi internet.

Dynamic User Interface
Selain Touch Wiz2.0, ada lagi navigasi yang juga menarik yakni media gate 3D. Fitur ini dapat diakses dengan menekan tombol shortcut disamping tombol kamera. Media gate 3D berupa kubus enam sisi, dimana tiap sisi terdapat pilihan menu berdasar genre. Pengujian : menjajal media gate 3D dengan memutar kubus, caranya dengan sapuan lewat jari. Dengan akses media gate 3D, pengguna lebih cepat mengakses menu-menu favorit. Lain dari itu, Anda bisa mengakses fitur dari 3 halaman di menu utama. Catatan : -


Pemutar Musik dan Radio
Pemutar musik terasa komplit dengan adanya fasilitas audio jack 3,5 mm. Pemutar musik dapat memutar format MP3/WMA/AAC dan WAV. Sedang kemampuan FM radio dilengkapi fasilitas rekam siaran. Tak lupa ada bekal pencarian musik lewat aplikasi ShaZam. Pengujian : mencoba menikmati musik lewat headset 3,5 mm dan speaker on. Catatan : untuk menikmati radio masih harus terkoneksi dengan headset. Kualitas musik lebih terasa jernih via headset. Aplikasi Shazam berjalan lewat akses internet.

Memori dan Prosesor
Untuk versi yang dijual di Indonesia, Jet dibekali memori internal 2 GB. Dimana 600 MB dialokasikan untuk aplikasi Java, dan sisanya disiapkan murni untuk storage. Sedang kapasitas maksimum Micro SD yang bisa digunakan hingga 16 GB. Prosesor Jet mengadopsi jenis Qualcomm MSM6246 800Mhz. Pengujian : menjajal akselerasi dan performa fitur secara multitasking. Dari pengujian empat fitur dapat bekerja baik secara bersamaan. Catatan : Jet memiliki jumlah multiply phonebook 2000 entri. Sedang kapasitas inbox SMS total 500 entri.

Email Messaging
Umumnya ponsel Samsung proprietary tidak menyediakan seting email yang praktis. Tapi lain dengan Jet, ponsel ini menyediakan akses setting yang sangat mudah untuk membuka akun email. Sekilas mirip dengan setting akun email di ponsel Windows Mobile. Pengujian : membuat akun email POP3 Yahoo dan Gmail, cukup masukan username dan password. Catatan : tersedia pengaturan block address/subject, pengaturan frekuensi polling, mulai dari per 30 menit sampai per 1 hari.

Kinerja
Sesuai dengan julukannya “Jet”, ponsel ini memang menunjukkan akselerasi fitur yang memadai. Ditambah untuk akses internet kian dinamis berkat dukungan WiFi b/g. Sebagai ponsel di segmen atas, Jet punya kemampuan untuk membuka dokumen dari Microsoft, bukan editing. Meski mempunya kemampuan TV out, dalam paket jual kabel audio video-nya dijual secara terpisah. Untuk pemanfaatan GPS, ponsel ini dibekali fasilitas Google Map. Terdapat pula widget Facebook yang merujuk ke situs http://m.facebook.com.

Kinera Baterai
Baterai Jet berkapasitas 1100 mAh (lithium Ion), walau baterai berkapasitas besar, ukuran dan bobot baterai ini kecil dan ringan. Kinerja baterai terbilang baik dan tak mencerminkan boros pada pemanfaatan fitur. Waktu siaga dalam moda 2G maksimum 422 jam, dan waktu bicara sampai 8 jam.

Spesifikasi
DESAIN Monoblok
DIMENSI 108.8 x 53.5 x 11.9 mm
BERAT 110 gram
RINGTONE Polifonik dan MP3
PROSESOR Qualcomm MSM6246 800Mhz
Sistem Operasi Proprietary
Jaringan GSM quad band dan HSDPA 900 / 2100

Memori
Internal 2 GB
Eksternal 16 GB (Micro SD)
Hotswap ada
Phonebook 2000
Call record ada
SMS record 500

Konektivitas
GPRS kelas 12 – 48 Kbps
EDGE kelas 12 -
HSDPA ada, 3.6 Mbps
WLAN/Wi Fi ada (b/g)
Bluetooth 2.1
Infrared tidak ada
Kabel Data USB 2.0 micro USB
PC Sync ada

(Sep09)

1 komentar:

Rumah Asto mengatakan...

bro,review nig hp bagus ga sih??truz harganya masih mahal bgt ya..kalo ada nih barang yang harga miring mau donk..