11 Agu 2009

Sony Ericsson W705
























Walkman dengan Kemampuan HSUPA


“Walau layanannya belum bisa dinikmati, W705 bisa dipastikan menjadi salah satu ponsel multimedia dengan perpaduan teknologi tercanggih, yakni HSUPA dan DLNA”

Meski dikodratkan sebagai ponsel musik, tak lantas bekal akses multimedia dan internet diberikan ala kadarnya. Malahan diluar pakem yang ada, justru ada sebuah ponsel musik yang telah dibekali akses internet HSUPA (High Speed Uplink Packet Access). Ponsel ini adalah Sony Ericsson W705, salah satu seri ponsel terbaru di seri Walkman. Sampai saat ini memang belum ada operator di Tanah Air yang menawarkan komersial HSUPA, tapi kedepan bukan tak mungkin HSUPA digelar untuk menambah kecepatan dari akses broadband HSDPA yang kini sedang marak digeber para operator GSM.

Selain itu W705 bakal menjadi ponsel keempat di Tanah Air yang dilengkapi teknologi DLNA (Digital Living Network Alliance). DLNA memungkinkan koneksi antar perangkat dengan memanfaatkan WLAN plus IP v4. Nantinya koneksi ponsel ke TV bisa dilakukan tanpa kabel. Serupa dengan HSUPA, DLNA juga belum eksis di Indonesia. Sesuai kodratnya sebagai jagoan di segmen musik, W705 sudah mengusung versi terbaru Walkman player 3.0. Melengkapi hiburan di sesi musik, tak ketinggalan hadirnya fitur seperti SenseMe, Shake Control dan Track ID recognition.

Desain
W705 berdesain sliding yang memiliki hentakan folder cukup halus. Untuk mencegah licin, pada back cover dibalut bahan plastik dof. Slot charger/headset dan kabel data menjadi satu, terletak di sisi kanan. Ukuran tuts keypad juga dirancang ergonomis dengan rentang jarak 10 mm. Pengujian : mencoba kemampuan tombol navigasi, keypad dan fungsi folder. Nilai : 3,17 Catatan : Pada dasarnya W705 menggunakan konsep hot swap untuk kartu memorinya, tapi dirasa kurang praktis sebab untuk melepas/memasukan kartu harus membuka back cover terlebih dahulu.

Layar
Layar W705 tidak dirancang dengan ketajaman 16 juta warna, yakni mengandalkan TFT 262 ribu warna. Tapi boleh dibilang visual resolusi layar sangat terang dan jernih. Layarnya mengsusung resolusi 240x320 pixels dengan luas bidang 2,4 inchi, atau sekitar 50x40 mm. Pengujian : olah visual ke beberapa menu, terutama imaging dan melihat tampilan demo video. W705 juga memiliki user interface yang menarik dengan kemampuan auto rotate berkat dukungan fitur akselerometer. Nilai : 3,25. Catatan : Kadar terang layar tentu dipengaruhi oleh setting di fitur brightness



Pemutar Musik (Walkman)
Sajian fitur di Walkman cukup lengkap mulai dari pilihan aneka equaliser, shuffle, playlist, genre, year, audio books, loop, podcast dan stereo widening. Format musik yang bisa diperdengarkan yakni MP3 dan AAC. Pastinya pemutar musik dilengkapi sistem multitasking. Untuk kemudahan akses, terdapat tombol shortcut langsung ke menu Walkman. Pengujian : memutar musik lewat speker phone dan headset stereo. Nilai : 3,11. Catatan : Pancaran musik dari speaker tampak kurang jernih. W705 tidak dibekali slot langsung untuk female jack 3,5 mm dan ukuran tombol shortcut dibuat terlalu kecil

Kamera
W705 mengandalkan kamera resolusi 3,2 Mpix (2048x1536 pixels) yang dilengkapi flash light. Menu pendukung mencakup panorama, night mode, self timer, white balance dan pilhan efek. Sedang untuk video, resolusi maksimum adalah QVGA. Kelebihan lainnya adalah kamera geo-tagging. Untuk kemudahan akses, terdapat tombol shortcut kamera. Pengujian : mengambil foto dan merekam video dengan resolusi tertinggi. Nilai : 3,11. Catatan : Geo-tagging di ponsel ini bukan mengadopsi teknologi GPS, melainkan dengan konsep cell ID

Konektivitas dan Internet
Meski kehebatan HSUPA belum bisa dinikmati, W705 masih terbilang ”kaya” akses koneksi internet dengan 3G plus HSDPA 7,2 Mbps. Selain itu W705 juga punya bekal akses internet via WiFi b/g. Bahkan WiFi-nya sudah dibekali teknologi DLNA. Pengujian : browsing internet lewat jalur 3G operator dan selancar internet lewat akses WiFi. Setting WiFi terbilang mudah dan cepat. Lebih seru lagi ada kemampuan WiFi network sharing untuk menyalurkan akses internet ke perangkat lain. Ada beberapa aplikasi embedded yang bisa jadi nilai tambah seperti YouTube dan Accu Weather. Nilai : 3,42. Catatan : -




Track ID recognition
Fitur ini dapat membantu menebak lagu yang diputar oleh stasuin FM radio favorit. Cukup lakukan rekam, kemudian fitur ini akan mengidentifikasi detil lagu tersebut. Info yang dapat disajikan mencakup nama penyanyi, judul lagu dan albumnya. Untuk menikmati fitur ini diperlukan akses data lewat internet. Pengujian : mengidentifikasi lagu yang diputar di radio dan eksternal sound. Nilai : 3. Catatan : untuk akses internet bisa mengandalkan 3G atau WiFi. Untuk layanan Track ID sendiri diberikan gratis untuk penggunaannya.

Editing dan Composer
Sebagai ponsel dengan nuansa hiiburan tinggi, adanya editing W705 menambah kesan tersendiri. Dalam menu entertainment ada beberapa fitur editing seperti video DJ dan photo DJ. Kemampuannnya tak begitu beda dengan fitur editor di ponsel-ponsel lain. Sedang Anda juga bisa membentuk komposisi melodi dengan fitur music DJ. Pengujian : melakukan edit foto dan membentuk melodi pada music DJ yang dilengkapi komponen “alat musik” dasar seperti drum, bass, piano dan terompet. Nilai : 3. Catatan : -

Kinerja
Dari hasil ujicoba W705 dapat menampilkan performa fitur yang cukup baik. Ponsel ini juga dirancang untuk mendukung misi darurat, dalam menu light bisa di setting SOS. Artinya flash light otomatis akan memancarkan pendaran cahaya yang sekaligus mengirimkan kode morse. Satu-satunya performa yang kurang maksimal justru berasal dari kemampuan speaker yang terasa kurang jernih untuk ukuran ponsel musik. Kualitas musik baru terdengar maksimal dengan fasilitas headset.

Sony Ericsson W705 Skor : 3,3

Kinerja Baterai
Data vendor
Disembutkan ponsel ini memiliki waktu siaga hingga 400 jam dan waktu bicara hingga 10 jam dalam jaringan 2G. Sedang dalam jaringan 3G, waktu siaga hingga 350 jam dan waktu bicara hingga 4 jam.

Hasil Pengujian
W705 dibekali baterai standar dengan kapasitas 950 mAh. Performa baterai cukup baik, dalam arti tidak terlalu boros meski kerap dipergunakan untuk menjalankan fitur-fitur andalan, seperti pemutar musik dan FM radio.

Spesifikasi
Desain Slide Bar
Dimensi 95 x 47.5 x 14.3 mm
Berat 98 gram
Ring Tone MP3/polifonik
Sistem Operasi Proprietary
Jaringan GSM Quadband/3G/HSDPA/HSUPA
Processor Proprietary

Layar
Kedalaman warna 262 ribu warna
Ukuran 2,4 inchi
Resolusi 240 x 320 pixels

Memori
Internal 120MB (total)
Eksternal hingga 8GB, paket jual dilengkapi 4GB
Hotswap ada
Phonebook 2000
Call record ada
SMS record ada

Konektivitas
GPRS ada, kelas 10
WLAN/WiFi ada, b/g
Bluetooth ada, versi 2.0 dengan A2DP
Infrared tidak ada
Kabel Data ada
PC Sync ada

(Mei09)










2 komentar:

cartes r4 mengatakan...

w705 if yes pls tell me hw is phone is there any problem in using it and i recently heard that the walkman don't have such effect like w700i have pls reply me in details.

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...

Yes sure, W705 have much effect, like sound effect and advance equalizer.