18 Agu 2009

Alarm Flu Babi via GPS

















Selain handal sebagai alat navigasi, GPS pun mampu mencegah serangan wabah flu. Kombinasi akurasi GPS, koneksi internet dan database menjadi elemen penting dalam software ini


Belakangan ini flu menjadi penyakit yang di khawatirkan di seluruh dunia. Pasalnya virus flu telah berevolusi ke jenis yang menakutkan, seperti flu burung, flu singapura dan terakhir muncul flu babi. Dampak penyakit ini pun sudah mencapai tingkat yang membahayakan nyawa manusia. Beragam solusi dibuat untuk melawan serangan wabah flu, tapi tetap yang terpenting adalah langkah pencegahan, seperti pepatah menyebutkan, “mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Terkait dengan langkah pencegahan wabah, ponsel sebagai media komunikasi dapat diberdayakan lebih maju, tak sebatas mengirim kabar dan informasi, lebih dari itu kini terdapat software penangkal virus flu yang dipandu dengan teknologi GPS (global positioning system). Software ini diberi label H1N1 Pandemy Alert, cara kerjanya memanfaatkan info koordinat GPS pengguna ponsel untuk disesuaikan dengan database area wabah flu. Dalam software ini, database menggunakan koleksi data dari Flu Tracker yang dibuat oleh Rhiza Labs.

Fungsi software ini utamanya untuk memberi peringatan, maka disiapkan menu untuk mengatur jarak/radius alarm, always read GPS receiver dan setting auto download untuk info update dari server. Meski cukup atraktif, pihak developer tidak menjamin akurasi dan akuntabilitas dari data-data yang dikeluarkan. Bila Anda termasuk yang paranoid pada serangan virus flu, tak ada ruginya men-download software gratisan ini.

1.

Software ini mampu memberi alarm dalam jarak paling dekat 5 kilometer dari lokasi wabah. Peringatan ditampilkan dalam moda layar merah, getaran dan suara khusus.









2.

Tampilan menu utama saat membuka software H1N1 Pandemy Alert. Terdapat pengaturan jarak alarm, mulai dari 10/25/50/100/250/500 dan 1000 kilometer.









3.

Setelah men tab next di tampilan sebelumnya, kini muncul info koordinat GPS. Koordinat GPS dapat di input manual, atau auto search bila ponsel mengusung built in GPS.









4.

Setelah didapat koordinat GPS, maka tahap selanjutnya adalah download flu report yang berasal dari database Flu Tracker. Proses download mengandalkan akses internet.









5.

Tampilan info peringatan wabah flu, disebutkan dalam jumlah
kasus dan estimasi jarak antara lokasi Anda dengan lokasi wabah.










6.

Database software ini mengacu pada Flu Tracker http://flutracker.rhizalabs.com/, ditampilkan kasus-kasus flu yang terjadi di dunia dalam visual map.






Sumber : http://www.jgui.net/flualert/index.html
Besar File : 165 KB CAB/EXE
Harga : Gratis
Ponsel pendukung : Windows Mobile yang dilengkapi GPS







Tidak ada komentar: