18 Mar 2009

Mito 9000 Power Duo




















Windows Mobile Dual On Pertama


“Walau hadir dengan koneksi internet yang terbatas, Mito 9000 mampu memikat lewat terobosan dual on plus fitur-fitur khas Windows Mobile”

Bicara segmen di pasar Indonesia, Mito Mobile kini jadi vendor pertama yang meluncurkan PDA (personal digital assistant) Windows Mobile dengan kemampuan dual on (GSM-GSM) lewat seri Mito 9000. Setidaknya hingga kini belum ada vendor yang memperkenalkan produk dengan kemampuan sejenis. Tapi di Cina daratan, Mito 9000 punya produk kembaran yakni Spice D-1100. Bisa dibilang munculnya Mito 9000 lumayan mampu membetot perhatian penikmat gadget PDA, pasalnya sebelum-sebelumnya tak pernah terbayang ada Windows Mobile dengan dual on.

Selain menawarkan keunggulan dual on, Mito 9000 dibekali fitur lain yang khas terdapat di Windows Mobile. Sebut saja office mobile, internet sharing, Windows Live, push mail, Outlook, Windows media, File explorer dan masih banyak lainnya. Untuk fasilitas, Mito 9000 dibekali kamera 2 Mpix, scroll wheel navigation, stylus pen, female jack 2,5 mm dan layar yang bisa berotasi. Meski beberapa fitur canggih khas PDA phone absen, Mito 9000 mampu menawarkan sesuatu yang unik bagi penikmat PDA phone.

Desain
Mito 9000 menganut desain full bar. PDA ini cukup nyaman dalam genggaman karena dirancang pas untuk dimasukan dalam saku celana. Instrumen yang melengkapi diantaranya tombol shortcut kamera, tombol on/off, slot headset 2.5 mm, slot USB dan lampu LED. Di bagian belakang, selain lensa kamera terdapat cermin kecil untuk self portrait dan sebuah lubang speaker. Pengujian : menjajal penggunaan stylus pen dan tombol-tombol instrumen. Nilai : 3. Catatan : Baterai menjadi satu dengan back cover. Tidak ada fasilitas hotswap.

Layar



Bentangan layar cukup luas dengan ukuran 2,8 inchi plus kedalaman 262 ribu warna. Tampilan visual layar bisa diubah-ubah, dari moda portrait ke landscape, atau sebaliknya. Ukuran layar juga bisa kustomisasi. Untuk menambah ketajaman reaksi layar pada dengan stylus pen, lakukan setting pada align screen. Pengujian : olah navigasi menu lewat sytlus pen dan tombol scrool wheel. Nilai : 3. Catatan : layar sentuh cenderung boros energi baterai, lakukan setting pada backlight level dan durasi nyala pada backlight.

Keypad

Sebagai PDA phone rancangan keypad Mito 9000 tak lumrah, yakni mengusung konsep alpha numeric, serupa dengan ponsel-ponsel umum. Selain itu ada keypad virtual dengan konsep QWERTY. Sebagai handset Windows Mobile, juga ada jalur input lain lewat handwriting recogniction. Diantara deretan keypad, ada tombol akses langsung ke menu start Windows. Pengujian : mencoba mengetik SMS dan naskah dengan keypad alpha numeric. Nilai : 2,92. Catatan : Untuk mengetik dokumen dalam teks panjang, alpha numeric keypad terasa kurang nyaman.




Dual On

Ada menu tambahan untuk fitur dual on, pada tampilan layar utama ada pilihan mode aktivasi kartu SIM dan kirim SMS cepat lewat kartu operator pilihan. Bisa diatur pilihan dual on, atau aktif salah satu kartu saja. Semua bisa diatur dalam menu standby mode di opsi setting. Untuk panggilan telepon, dikendalikan dari pilihan dial di layar. Pengujian : Menjajal seluruh mode di menu standby, flight mode bisa diaktifkan dengan memilih PDA mode. Nilai : 3,5. Catatan : Aktivasi dual on tentu punya konsekuensi pada besarnya konsumsi energi baterai.




Konektivitas dan Internet

Untuk internet Mito hanya mengandalkan Intenet Explorer sebagai browser bawaan. Dalam ujicoba, Mito 9000 telah dibekali setting proxy otomatis untuk operator lokal. Jalur konektivitas yang tersedia yakni bluetooth versi 1.2 dan USB. Pengujian : melakukan browsing ke situs www.detikinet.com. Nilai : 3,58. Catatan : Kecepatan koneksi internet jadi kendala tersendiri, sebab Mito 9000 hanya dibekali GPRS kelas 10. PDA phone ini juga tak punya bekal WiFi, sehingga adanya fasilitas internet sharing kurang bisa maksimal digunakan.




Memori dan Prosesor

Mito 9000 dibekali prosesor ARM920T 400 Mhz dengan kapasitas 32 bit frekuensi 400 Mhz. Vendor menyebut proseor ini sebagi Power Duo. Sistem operasinya mengandalkan Windows Mobile versi 6.0 Profesional. Memori internalnya yakni 54 MB. Pengujian : selancar menjalankan beberapa menu secara bersamaan. Nilai : 3,3. Catatan : Pada ujicoba aktivasi menu secara multitasking, akselerasi perpindahan antar menu cukup baik untuk aplikasi embedded, tapi agak lambat untuk akselerasi aplikasi tambahan. Mito 9000 dirancang sanggup menjalankan kartu memori hingga 2 GB.



Contact Backup

Contact backup adalah aplikasi yang proses kerjanya cukup sederhana, yakni menampilkan urutan list contact di phonebook, untuk kemudian di export (copy) berdasar pilihan ke dalam kartu memori. Fitur ini terbilang cukup berguna, selain solusi backup lewat Active sync. Pengujian : melakukan backup 100 contact. Nilai : 3. Catatan : File contact yang tersimpan di dalam kartu memori bukan berupa data yang siap dibaca, untuk membaca file per contact, Anda diharuskan menyimpan data tersebut ke dalam menu utama.




Kinerja

Jalur koneksi internet menjadi titik lemah tersendiri. Dalam operasinya SIM A memiliki frekuensi Quadband yang bisa mengakses SMS, GPRS dan MMS. Sedang SIM B hanya beroperasi dualband, sehingga hanya bisa digunakan untuk panggilan dan SMS. Solusi email dan messaging terbilang apik, ada bekal push mail dari Infinys System dan setting email pun dibuat ringkas dan cepat. Cukup masukan username dan password untuk setup email semacam Yahoo Mail dan Google Mail. Untuk kamera lumayan atraktif dengan tersedianya 6x digital zoom, efek dan white balance.

Skor Akhir : 3,26

Kinerja Baterai
Data Vendor
Pihak vendor menyebut PDA ini mampu memiliki waktu siaga hingga 180 jam, dan waktu bicara 200 menit. Baterainya mengandalkan Lithium Ion berkapasitas 1250 mAh.

Hasil Pengujian
Walau menyandang gelar dual on tak menjadikan Mito 9000 tampil boros, mungkin ini disebabkan karena tak adanya teknologi broadband. Selain juga bekal kapasitas baterai yang lumayan besar. Waktu siaga selama lima jam baru menurunkan indikator baterai satu bar.

Spesifikasi
DESAIN Full Bar
DIMENSI 111 x 58 x 15,7 mm
BERAT 123 gram
RINGTONE MP3/Polifonik/
PROSESOR ARM920T 400 Mhz
Sistem Operasi Windows Mobile 6.0 Profesional
Jaringan Dual on GSM GSM (Quadband) (Dualband)

Layar
Kedalaman warna TFT 262 ribu warna
Ukuran 2,8 inchi
Resolusi 240 x 320 pixels

Memori
Internal 54 MB
Eksternal Micro SD (hingga 2GB)
Hotswap tidak ada
Phonebook ` Dinamis
Call record ada

Konektivitas
GPRS ada, kelas 10
Bluetooth 1.0
Kabel Data USB
PC Sync ada

Kamera
Kualitas 2 Mpix
Resolusi Max 1200 x 1600 pixels
Night mode tidak ada
Digital Zoom ada 6x
Landscape View ada
Multishot tidak ada
White Balancing ada
Efek ada
Timer ada

Video
Resolusi Max 144 x 176 pixels
Kualitas rekam high, medium, low
Player MPEG 4
Mute Record tidak ada

Baterai
Tipe Lithium
Kapasitas (mAh) 1250
Standby time (jam) 180 jam
Talk time (jam) 200 menit

(Feb09)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

keren juga ne PDA dari cina. inovasi baru dimana PDA dengan dual on gsm-gsm. Tapi pastinya batere bakal tambag boros bangets.

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...

sebentar lagi malah mau keluar yang GSM CDMA