5 Mar 2009

Mengintip Wajah Baru Ovi















Ovi ibarat one stop solution bagi Nokia. Beragam layanan internet terintegrasi penuh, mulai dari musik, game dan jejaring sosial. Kini Ovi diperkaya dengan integrasi fitur Map dan Mail.


Sejak Ovi diperkenalkan pada bulan Agustus 2007 di Singapura, Nokia resmi masuk dalam era layanan dan fasilitas berbasis internet yang terintegrasi. Dalam tahap awal peluncuran, Ovi disiapkan sebagai ’jembatan’ bagi pengguna ponsel Nokia untuk bisa menikmati dan men-download mulai dari games platform N-Gage, Nokia music store, video/Tv dan contacts. Ovi yang berarti pintu dalam bahasa Finlandia juga disiapkan untuk akses link ke berbagai portral komunitas seperti MySpace, Linked in, Flickr, Youtube dan Facebook.

Sebagai layanan internet terpadu, dalam konsepnya Ovi akan dikembangkan untuk bisa terintegrasi ke semua layanan yang ada di perangkat ponsel multimedia. Dalam ajang Nokia World di Barcelona, Spanyol bulan Desember 2008 lalu. Nokia kian mantap menampilkan kekuatan sebagai pemain di industri konten pasar global. Wujudnya berupa upgrade fitur terbaru dalam payung layanan Ovi, yakni Maps on Ovi dan Mail on Ovi.

Maps on Ovi
Konsep Maps on Ovi adalah menampilkan layanan Nokia Maps untuk bisa dilihat pada layar desktop PC (personal computer). Tak Cuma itu, dalam Maps on Ovi juga turut dibenamkan kemampaun solusi map terbaru, yakni Nokia Maps 3.0. Versi Maps 3.0 memiliki keunggulan pada peningkatan konten premiun POI (point of interest), kombinasi sistem hybrid satelit dan penambahan fitur speed limit untuk keamanan dalam berkendara. Sedang sajian maps dalam layar Ovi mencakup penambahan fitur dalam layanan platform jejaring sosial, arah kompas, info trafik lalu lintas real time dan ramalan cuaca. Untuk menjajal layanan Maps on Ovi, Anda bisa mencoba masuk ke link http://maps.ovi.com. Setelah melakukan proses instalasi Anda bisa melihat peta untuk wilayah Indonesia. Nokia menggandeng developer Navteq untuk solusi Map dan telah tersedia peta untuk wilayah 200 negara.

1.
Instalasi Maps on Ovi lewat http://maps.ovi cukup mudah dilakukan dengan tiga tahap.







2.
Ilustrasi Maps on Ovi yang menampilkan peta wilayah Monas, Jakarta. Anda bisa memilih view berdasar satelit, map dan terrain.





3.
Ilustrasi Maps dalam mode tiga dimensi yang dilengkapi visual POI yang detail..







4.
Ilustrasi Maps on Ovi dengan solusi Maps 3.0 di wilayah Barcelona saat ujicoba.







Mail on Ovi
Nokia juga terjun sebagai penyedia email gratis, serupa dengan Yahoo Mail dan Google Mail. Mail on Ovi akan memberi kapasitas memori per akun sebesar 1 GB, fitur yang disiapkan mencakup fasilitas spam filter dan anti virus. Sampai saat ini Mail on Ovi sudah tersedia dalam versi beta untuk Nokia seri40. Sedang untuk versi web access Mail on Ovi baru tersedia pada bulan Februari 2009.










(Feb09)

Tidak ada komentar: