30 Mar 2009

GPS Action















Alarm LBS Berbasis GPS

Dengan kombinasi teknologi GPS dan cell base, GPS action menawarkan solusi alarm LBS (location based service) dengan lebih akurat dan menu atraktif

Software dengan fungsi alarm sudah banyak ditawarkan oleh developer, tapi fungsi alarm yang dikombinasikan dengan peran LBS dari teknologi GPS (global positioning system) masih terbilang jarang ditemui. Beberapa tahun lalu, platform Symbian memiliki MiniGPS sebagai software LBS yang lumayan populer, tapi MiniGPS masih terbatas melayani dalam basis teknologi identifikasi cell base/BTS (base tranceiver station) operator. Tentu akurasi lewat cell base memiliki banyak keterbatasan. Untuk menjawab keterbatasan dalam hal akurasi, developer SymbianGuru memperkenalkan GPS action versi 1.0.

GPS action adalah software LBS yang cara kerjanya cukup sederhana. Bekal pilihan menu pun dibuat cukup ringkas. Prinsip kerja GPS action bisa dibilang serupa dengan MiniGPS, tapi peran modul GPS disini benar-benar difungsikan selain kombinasi dengan peran cell base. Software ini dapat bekerja terus menerus dengan pola multitasking. Sebagai catatan, mengaktifkan GPS action secara terus menerus lumayan cepat menguras energi baterai. Berikut tahap penggunaan GPS action di ponsel Nokia E71.

1.
Menu utama GPS action terdiri dari empat elemen, yakni active, alarm, actions dan landmarks.







2.
Untuk memulai masuk ke opsi settings, disini terdapat pilihan aktivasi untuk GPS positioning, cell positioning, autostart, working days dan volume alarm sound.






3.
Pada working days, Anda bisa men setting penggunaan alarm untuk setiap hari, atau pada beberapa hari yang dicentang saja.







4.
Selanjutnya masuk ke menu landmarks, buat new landmarks untuk identifikasi lokasi baru. Bisa di input lewat use current location, input GPS coordinate dan load dari landmarks yang sudah ada aplikasi GPS Nokia.





5.
Sebagai ilustrasi menggunakan use current loacation, disini akan tersaji info laltitude, longitude, tingkat akurasi dan info cell base info.






6.
Setiap hasil input lokasi bisa Anda beri nama sesuai selera, dan masuk dalam list menu landmarks.







7.
Untuk aktivasi alarm bisa di setting berdasar pada detail per lokasi, pilihan menu mencakup minimal playtime alarm, condition, frekuensi alarm, start/end time dan pilihan jenis nada dering.






8.
Ilustrasi GPS action saat fungsi alarm LBS aktif, menunjukkan lokasi yang telah di setting beserta teks note yang sudah disiapkan sebelumnya.







Sumber : www.symbianguru.com
Besar File : 456 Kb SIS
Harga : US$ 9,99 / Gratis coba 10 hari
Ponsel Pendukung : Ponsel Symbian 3rd edition dengan built in GPS

Tidak ada komentar: