28 Jan 2009

Samsung SGH-i8510 Innov8















Supremasi Samsung di Symbian Seri60

”Innov8 menjadi ponsel seri60 pertama yang dilengkapi kamera 8 Mpix, menggunakan prosesor dengan performa tinggi, tak heran banyak fitur canggih yang dibenamkan di ponsel ini”

Samsung Mobile punya kisah panjang dalam menghasilkan produk ponsel yang atraktif. Tapi ada kabar yang cukup fenomenal di kuartal keempat tahun ini, tak lain dengan hadirnya ponsel Innov8 yang berbasis Symbian seri60. Bukan hal baru bagi Samsung dalam meluncurkan ponsel berbasis sistem operasi Symbian seri60, untuk pasar Tanah sudah ada seri SGH-i450, SGH-i550 dan SGH-D720. Innov8 bisa disebut fenomenal untuk pasar seri60, sebab Innov8 memiliki spesifikasi fitur dan fasilitas di atas ponsel seri60 keluaran terbaru dari Nokia, termasuk mengungguli spesfikasi yang ditawarkan Nokia N96.

Sesuai dengan namanya, Innov8, ponsel ini jadi yang pertama di kelas seri60 yang dibekali kemampuan kamera 8 Mpix. Tidak cuma handal dalam hal kamera, Innov8 juga dilengkapi teknologi DNSe (Digital Natural Sound engine) untuk kenikmatan bermusik. Tak lupa fitur GPS pun sudah berkemampuan geo tagging, real media player pun sudah siap dengan format DivX. Rekam video menggunakan standar VGA plus koneksi TV out, semua kecanggihan Innov8 menjadikan pihak vendor layak memberi slogan ponsel ini sebagai ”The Ultimate Entertainer”

Desain
Innov8 menggunakan rancangan desain sliding, folder dibuat dengan hentakan yang cukup halus dan ringan. Bagian belakang ponsel mencerminkan desain kamera digital yang kental. Lensa kamera dilengkapi penutup otomatis yang akan terbuka bila fitur kamera diaktifkan. Masih di area yang sama juga terdapat dual LED flash, dan dua speaker stereo. Pada sisi body ponsel dilengkapi slot female jack 3,5 mm dan instrumen pengendali fitur kamera. Pengujian : membuka dan menutup folder, berikut menjajal akselerasi sensor penutup lensa. Nilai : 3,3. Catatan : -


Layar
Layar sudah menggunakan standar TFT LCD 16 juta warna. Resolusi layar adalah 240x320 pixels dengan ukuran bentangan layar 2,8 inchi, atau sekitar 44x57 mm. Layar mengusung user interface khas seri60 tapi dengan ikon menu khas Samsung. Pada layar utama juga bisa dimunculkan 6 ikon fitur siaga dalam active standby menu. Pengujian : Mencoba layar untuk memutar video, kualitas layar sangat jelas dengan ukuran yang pas. Layar video bisa di set portrait dan full screen (moda landscape). Nilai : 3,5. Catatan : -

Keypad dan Optical Joystick
Keypad dirancang dengan konsep flat (datar) sehingga memudahkan penggunaan. Dalam deretan keypad dilengkapi dua tombol shortcut untuk akses cepat. Innov8 juga menjadi ponsel seri60 pertama yang mengadopsi optical joystick, selancar navigasi menu cukup lewat sentuhan jemari. Pengujian : mengetik pesan SMS dan mencoba selancar menu lewat optical joystick. Meski dilengkapi optical mouse, bernavigasi manual tetap bisa dilakukan lewat tombol navigasi empat arah. Nilai : 3,1. Catatan : fungsi optical joystick bisa di on/off, dilengkapi derajat sensitivitas.

Kamera
Innov8 sampai saat ini menjadin ponsel kamera dengan spesifikasi terlengkap. Selain menawarkan resolusi 8 Mpix (3264x2448 pixels), fitur unggulan di fitur kamera mencakup full white balance, efek, frame dan beach/sport/indoor/sunset/fireworks scene mode. Masih ada lagi anti shake, wide dynamic range, pilihan hingga ISO 1600, anti blink (kedipan), digital frame, panorama mode dan GPS geo tagging. Pengujian : memotret dengan resolusi tertinggi plus menjajal flash light. Lensa kamera dibekali 9x digital zoom. Nilai : 3,1. Catatan : -






Rekam Video
Rekam video mengadopsi standar VGA (640x480 pix), selain juga tersedia pilihan resolusi 320x240 pixels dan bisa memutar format gambar DivX. Kemampuan rekam video bisa mencapai 120 frame per detik. Fitur yang melengkapi rekam video mencakup white balance, efek, on/off sound, timer, video editor, proses rekam video juga dilengkapi anti shake. Pengujian : melakukan rekam video dalam format normal. Hasil rekaman cukup jernih ditampilkan dalam layar PC via TV out Nilai : 3. Catatan : hasil video disimpan dalam format MPEG4.

GPS dan Geo Tagging
Fitur dasar GPS Innov8 serupa dengan yang ada di seri60 Nokia, terdiri dari menu navigation, position dan trip distance. Koordinat GPS bisa diperoleh secara offline (standalone) dan koneksi via A-GPS. Pada hasil foto dilengkapi info lokasi koordinat GPS berupa tagging. Pengujian : mencari koordinat GPS dalam moda standalone, dan menjajal fungis geo tagging yang diatur dari setting kamera. Nilai : 3,5. Catatan : Pada versi jualnya Innov8 dilengkapi layanan digital map dari Route66.



Konektivitas
Innov8 terbilang kaya untuk jalur konektivitas, selain bluetooth versi 2.0, koneksi nirkabel lain ditunjang dengan DLNA (Digital Living Network Alliance), sebuah teknologi transfer data dari ponsel ke TV via jaringan WiFi. Untuk koneksi data dan sinkronisasi mengandalkan micro USB 2.0 dan TV out untuk hiburan. Pengujian : menjajal transfer data via bluetooth dan kabel data PC sync. Nilai : 3. Catatan : DLNA belum bisa diaplikasikan di Tanah Air. Micro USB digunakan untuk charger dan data sync.

Internet Browser
Akses internet Innov8 didukung GPRS/EDGE kelas 10 plus 3G/HSDPA 7,2 Mbps. Untuk lokal akses internet tersedia WiFi b/g. Internet browser sudah mengadopsi xHTML dan HTML full screen khas seri60. Fitur di browser mencakup rotate screen, zooming, page info, view image, dll. Pengujian : selancar ke situs www.selular.co.id, navigasi lebih nyaman berkat optical joystick yang berfungsi layaknya mouse. Nilai : 3. Catatan : secara umum fungsi navigasinya tak jauh beda dengan browser Minimap Nokia.

Memori dan Sistem Operasi
Innov8 dibekali memori internal dinamis dengan kapasitas 16GB. Itu pun masih ditambah kapasitas slot memori eksternal (T-Flash card) hingga 16GB. Akselerasi menu ditunjang oleh prosesor TI OMAP 2430 330MHz. Innov8 berjalan di Symbian seri60 versi 9.3 release 3.2. Pengujian : membuktikan selancar beberapa menu multimedia yang menjadi kehandalan versi terbaru di sistem operasi seri60. Nilai : 3,3. Catatan : selain mengadopsi kapasitas memori internal yang sama, Nokia N96 menggunakan versi seri60 yang serupa dengan Innov8.

Pemutar Musik
Salah satu keunggulan pemutar musik di Innov8 yakni pilihan equaliser yang mencakup opsi live, pop, classic, bass, bass & terrible, dance, treble, party, hall, club, 3D dynamic, 3D surround dan 3D wide. Menu pendukung lain ada shuffle, visualization dan repeat. Pengujian : mencoba beberapa equalizer, perbedaan antar equalizer cukup terasa. Efek suara yang jernih bisa dirasakan berkat teknologi DNSe 2.0. Nilai : 3,1. Catatan : equaliser 3D surround hanya bisa diakses lewat headset, kejernihan musik kian optimal via headset.

Kinerja
Perihal kemampuan dan kualitas pemutar musik, Innov8 bisa dijamin cukup memuaskan, pancaran musik dari streo speaker sangat jernih, begitu juga soal ketajaman resolusi kamera, sangat baik setelah di transfer ke layar PC. Innov8 juga dilengkapi FM radio yang bisa merekam siaran dalam format MP3. Innov8 juga dilenhkapi fitur Quickoffice untuk membuat dan membuka dokumen kerja sehari-hari. Untuk keperluan bisnis ada aplikasi smart reader, yakni cara cepat input data kartu nama lewat sensor kamera.

Samsung i8510 Innov8
Skor : 3,4

Kinerja Baterai Data Vendor
Ponsel ini menggunaka tipe baterai lithium Ion dengan kapasitas 1200 mAh. Pihak vendor menyebut Innov8 memiliki waktu siaga hingga 310 jam, dan waktu bicara hingga 8,5 jam.
Hasil Pengujian
Pennggunaan baterai berkapasitas besar memang menjadi pilihan yang tepat untuk ponsel ini. Beban fitur dan fasilitas cukup pas disiasati dengan baterai berkapasitas 1200 mAh. Penggunaan fitur MP3 player selama 3 jam hanya menguras dua indikator baterai.

Spesifikasi
DESAIN Sliding
DIMENSI 106.5 x 53.9 x 17.2 mm
BERAT 140 gram
RINGTONE 40 Polifonik, MP3 dan truetone

PROSESOR TI OMAP 2430 330MHz 128MB RAM dan 256MB ROM.
Sistem Operasi Symbian OS v9.3, Series 60 rel. 3.2
Jaringan GSM/EGSM quad band, WCDMA dual band/HSDPA

(Des08)

Tidak ada komentar: