10 Nov 2008

Samsung SGH-i550




















Kombinasi Keunggulan Navigasi dan Multimedia


”Tak keliru bila Samsung mengadopsi sistem operasi Symbian untuk kelas multimedianya. Kombinasi fitur dan fasilitas di ponsel ini menjadi komplit, serupa dengan generasi N series terbaru”

Tak banyak vendor di luar Nokia yang konsisten menghadirkan ponsel dengan sistem operasi Symbian. Salah satunya Samsung Mobile yang punya dikenal punya pengalaman dalam adopsi Symbian. Kini lewat seri SGH-i550 Samsung kembali memperkaya list produk smartphone yang sudah ditawarkan ke pasar. Adopsi versi Symbian untuk SGH-i550 juga bukan sembarangan, SGH-i550 menggunakan Symbian seri60 versi 9.2, serupa dengan versi yang dipakai oleh Nokia E71 dan E66.

Dengan adopsi Symbian, tak pelak tampilan fitur SGH-i550 menjadi kaya, banyak software pihak ketiga yang bisa dijajal di ponsel ini. Malah beberapa kalangan menyebut SGH-i550 sebagai ponsel Samsung rasa Nokia. Soal kelengkapan fitur dan fasilitas, SGH-i550 bisa disejajarkan dengan jawara ponsel terbaru di Nokia N series. Sebut saja A (assisted)-GPS, WiFi dan HSDPA sudah ada dalam paket jual ponsel ini. Walau pihak Samsung menggolongkannya di kelas i series (internet/multimedia), SGH-i550 terbukti juga siap ditantang di kelas musik, salah satunya dengan hadirnya fasilitas female jack audio 3,5 mm.

Layar
Bidang layar SGH-i550 termasuk lebar di kelasnya, bentangan layar yakni 2,6 inchi atau sekitar 53x40 mm. Ketajaman layarnya adalah 262 ribu warna dengan adopsi TFT (thin film transistor) beresolusi 240x320 pixels. Tampilan menu di layar benar-benar mencitrakan ponsel Symbian seri60 pada umumnya. Pengujian : memutar video dan olah navigasi ke beberapa menu. Nilai : 3,8. Catatan : Sebenernya tidak ditemukan kelemahan di kelas 262 ribu warna, tapi akan lebih optimal apabila Samsung mengimbangi ponsel Symbian ini dengan layar 16 juta warna.

Keypad dan Trackball Navigation
Untuk desain keypad nampaknya tak ada yang istimewa. Namun sebagai ponsel Symbian, tentulah ada sisi unik yang diberikan, seperti keberadaan tombol shortcut ke menu utama, tombol langsung ke pemutar musik dan tombol akses langsung ke menu GPS. Untuk navigasi menu SGH-i550 mengadopsi trackball navigation yang bolanya bisa berfungsi sebagai light indikator. Pengujian : Selancar navigasi ke berbagai menu dengan trackball. Nilai : 3. Catatan : Dalam pengoperasian browsing yang lama, trackball relatif membuat jari jempol cepat pegal.

Konektivitas
Jalur konektivitas yang diunggulakan yakni bluetooth versi 2.0 dan akses WLAN WiFi b/g. Untuk koneksi lain via kabel, tersedia port micro USB. Port micro USB berperan untuk koneksi ke charger, sinkroinisasi data dan headset stereo. Tapi uniknya, masih tersedia female jack 3,5 mm yang terletak di sisi atas badan ponsel. Tentu ini menjadi sesuatu pilihan yang menarik untuk pengguna. Pengujian : menjajal pemutar musik via headset USB dan headset 3,5 mm. Nilai : 3,5. Catatan : Bila dua headset dipasang bersamaan, sistem akan memilih menggunakan headset USB.

Pemutar Musik dan Radio
Musik adalah fitur yang menjadi poin penting di SGH-i550. Tekan tombol shortcut musik, otomatis tersaji pilihan untuk music player, real player dan radio. Format musik yang bisa diputar mulai dari MP3, AAC, AAC+, e-AAC+ sampai WMA, fitur juga dibekali shuffle dan playlist. Kemampuan radio bisa menyimpan channel 50 stasiun radio tanpa kemampuan rekam. Fasilitas lain seperti bluetooth stereo juga tak ketinggalan di ponsel ini. Pengujian : Memutar radio dan musik dalam format MP3. Nilai : 3,5. Catatan : Sedikit disayangkan tidak terdapat equalizer dan composer.

Kamera dan Rekam Video
Kamera 3,2 Mpix (2048x1536 pixels) dilengkapi dengan flash light. Kelengkapan standar mencakup white balance, night mode dan 6x digital zoom. Untuk rekam video, tersedia dua pilihan resolusi, 352x288 dan 176x144 pixels. Jenis format video yang bisa diputar yakni 3GPP dan MPEG4. Rekam video juga dibekali fasilitas editor. Pengujian : Melakukan pemotretan dengan resolusi tertinggi. Nilai : 3,5. Catatan :. Tidak terdapat red eye reduction dan pilihan efek, namun kamera dibekali close mode (macro mode).

Internet
Ponsel symbian dikenal maju untuk urusan akses internet, SGH-i550 punya spesifikasi internet di jalur 3G dan HSDPA hingga 3,6 Mbps. Itu pun masih ditambah dukungan koneksi WiFi b/g. Internet browser mengusung full HTML, WAP 2.0 dan kemampuan RSS feed. Halaman web bisa menjalankan fungsi zoom. Pengujian : Mencoba akses internet via 3G dan lewat WiFi. Berjalan mulus, ponsel telah dilengkapi setting proxy GPRS operator lokal. Nilai : 3,6. Catatan : Navigasi bisa memudahkan meski dalam beberapa kondisi bisa terasa melelahkan.

GPS

Nuansa menu GPS sangat mirip dengan yang ada di Nokia N series. Ada dua menu utama mencakup layanan GPS, yakni GPS data yang terdiri dari navigation, position dan trip distance, dan kemudian menu landmark. Untuk konten data peta, SGH-i550 menggunakan Nav Fone dengan fasilitas re route dan panduan bahasa. Selain dirancang untuk assisted via jaringan selular, GPS juga bisa di set untuk standalone. Pengujian : melakukan proses pencarian koordinat GPS tanpa bantuan jaringan operator. Nilai : 3,8. Catatan : -




Kinerja

Melihat kinerja menu ponsel ini, tak ubahnya melihat kemampuan menu di ponsel Nokia N95. Secara umum fitur dan fasilitas bisa beroperasi dengan optimal. Untuk panduan pengguna yang tuna netra, ada bekal solusi voice signal yang cukup berguna. SGH-i550 juga dibekali Quickoffice, tapi tak bisa untuk membuat dokumen baru, hanya untuk melihat saja.

Samsung SGH-i550
Skor Akhir : 3,5

Kinerja Baterai
Data Vendor
Waktu Siaga hingga 450 jam
Waktu bicara hingga 8 jam

Hasil Pengujian
Kemampua baterai Lithium Ion 1000 mAh erat kaitannya dengan penggunaan fitur, dalam ujicoba baterai akan cepat terkuras apabilan fitur AGPS diaktifkan.

Spesifikasi
DESAIN Full bar
DIMENSI 115 x 53 x 13.8 mm
BERAT 109 gram
RINGTONE MP3/WAV/true tone
PROSESOR --
Sistem Operasi Symbian seri60 third edition versi 9.2 feature pack 1
Jaringan GSM quad band/3G/HSDPA

Layar
Kedalaman warna LCD TFT 262 ribu warna
Ukuran 2,6 inchi
Resolusi 240 x 320 pixels

Memori
Internal 150 MB
Eksternal Micro SD (paket 1GB) sampai 4GB
Hotswap ada
Phonebook dinamis
Call record ada

Konektivitas
GPRS ada, kelas 10
Bluetooth 2.0
Kabel Data USB
PC Sync ada

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas internet cuma bisa lewat wifi doang ya? Trus mslh Navigasi itu, code yh harus dimasukan berapa n dr mana dptnya? trus kalo masukan data musik n video suka kejeda2, kyk berspasi gitu. Please give me information (anto4783@yahoo.com).. send by mail, if possible. Thankss..

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...

Jalur koneksi internet bisa dua arah, lewat WiFi dan pastinya 3G/HSDPA operator. Untuk masalah kode navigasi biasanya sudah disertakan dalam paket box penjualan, coba cek deh or tanya ke customer service.

kalau masukin video berjeda-jeda kemungkinan karena koneksi saat transfer yang kurang bagus, ada baiknya coba lihat ketersediaan kapasitas memori yang digunakan, eksternal or internal