25 Nov 2008

Alarm Parameter via GPS














Guna alarm tak sekedar untuk membangunkan tidur. Berkat GPS (Global Positioning System), alarm di ponsel bisa dirancang sebagai pengingat berdasar pada parameter jarak.



Fungsi alarm di ponsel cukup berkembang pesat, kegunaannya tak semata untuk membangunkan waktu tidur Anda, tapi sudah lebih jauh. Contohnya seperti Anchor Alert, yakni software alarm yang memanfaatkan akses GPS. Anchor Alert tidak menjalankan fungsi alarm seperti pada umumnya, melainkan alarm pointing terhadap suatu lokasi. Prinsip kerjanya seperti kapal yang buang jangkar (anchor), kemudian ditentukan jarak parameter. Nah, bila ponsel bergerak keluar dari parameter, otomatis alarm berbunyi keras. Software alarm ini bermanfaat untuk monitoring pergerakan ponsel dalam sebuah parameter. Semisal untuk mengingatkan aktivitas bermain anak-anak agar tak keluar dari area yang Anda tentukan.

1.
Diperlukan kode registrasi untuk menjalankan software ini, tapi lebih baik klik ’continue’ untuk mencoba gratis software selama 7 hari.










2.
Tampilan awal Anchor Alert, berupa lingkaran parameter yang akan memantau gerakan ponsel. Klik ’start’ untuk memulai pointing.










3.
Setelah sinyal GPS terdeteksi dengan baik, dibawah lingkaran akan muncul kode titik lokasi GPS awal, berupa latitude dan longitude.










4.
Jarak parameter bisa di set sesuai kebutuhan lewat ’alarm distance’. Sekaligus bisa di set kekuatan bunyi alarm.










5.
Waktu track alarm bisa di set dengan rentang waktu sesuka kita. GPS bisa dipilih via bluetooth GPS, assisted GPS, integrated GPS dan network based.









6.
Saya menjajal dengan integrated GPS di Nokia 6110, dimana fungsi ponsel pada posisi offline. Nampak pergerakan ponsel di dalam lingkaran (22,7 meter dari pin poin awal)









7.
Bila ponsel bergerak melebihi parameter, otomatis akan muncul ikon ’distance exceeded’. Alarm pun akan berbunyi keras. Software ini bisa berjalan multi tasking.









8.
Agar lebih optimal, ketahui dulu status satelit pada menu navigator (GPS data). Label indikator berwarna hitam menandakkan sinyal GPS bagus.










Sumber : www.viking.tm
Besar File : 185 KB SIS
Harga : US$ 11,95 / trial 7 hari
Ponsel Pendukung : Ponsel symbian series60 third edition yang dilengkapi GPS

(Ags08)

Tidak ada komentar: