20 Nov 2008

Aksi Darurat via Kooordinat GPS














Setiap konsol GPS (Global Positioning System) dibekali kemampuan memperoleh koordinat. Begitu pun dengan A-GPS di ponsel. Dikala darurat, koordinat bisa menjadi penyelamat Anda

Siapapun tentu tak ingin tersesat dalam sebuah perjalanan, apalagi jika tersesat di daerah jarak penduduk. Hal ini pernah dialami oleh Silva Diana (35 tahun), seorang wisatawan domestik yang pada pertengahan tahun lalu sempat salah arah dan tersesat di obyek wisata Gunung Gede Pangrango – Jawa Barat. Tersesat di hutan tentu menakutkan dan menimbulkan stress. Padahal menurut Silva di area tempat Ia berpijak masih tertangkap sinyal operator selular. Ia pun sudah berusaha menelpon kerabat untuk minta pertolongan lebih lanjut. Tapi toh tetap sulit untuk memandu keluar Silva bersama rekannya.

Seiring dengan perluasan jangkauan operator, kini beberapa lokasi pendakian yang populer di Tanah Air sudah dipancangkan tiang antena BTS (base tranceiver station), walau umumnya jangkauan sangat terbatas akibat sifat kontur alam. Nah, mungkin lain cerita apabila Silva telah menggunakan fasilitas A-GPS yang kini banyak ditanamkan di ponsel pintar. Berikut panduan memanfaatkan koordinat A (assisted)-GPS di ponsel Nokia N82.

1.
Gunakan fitur GPS data, fitur ini terdapat di dalam menu connectivity.







2.
Deretan menu GPS data yakni navigation, position dan trip distance. Klik menu position.







3.
Otomatis fungsi position akan aktif, ditandai dengan informasi ’searching for GPS satellites’.







4.
Muncul rangkaian posisi koordinat GPS. Data yang terpenting mencakup latitude, longitude, akurasi dan altitude (ketinggian).







5.
Akurasi GPS yang baik juga ditentukan oleh kondisi penerimaan sinyal GPS. Cek pada menu satellite status, warna hitam menggambarkan kekuatan sinyal GPS.






6.
Ada opsi untuk save position, tapi tidak ada opsi untuk pengiriman langsung via SMS. Gunakan navigasi kompas untuk bergerak ke sebuah tujuan.






7.
Ketik koordinat latitude dan longitude lewat SMS. Pengiriman via SMS lebih praktis dan relatif cepat terkirim.










8.
Data koordinat yang diterima, bisa disampaikan ke tim SAR, bahkan presisi koordinat bisa dilihat lewat situs Google Earth.






(Jul08)

2 komentar:

bangrudy mengatakan...

siiiiiiiip buanget infonya.
thanks and go ahead with ur info...

bangrudy mengatakan...

sip buanget info2nya...
lanjut dengen info lainnya...
thanks