12 Nov 2008

Kompresi Cepat Untuk MP3















Kini sangat mudah untuk kompresi lagu MP3, tak perlu lagi dukungan PC. Semuanya cukup Anda kendalikan dari ponsel.



Kehadiran fitur ponsel musik kini kian canggih dan beragam, hampir semua koneksi fitur dan fasilitas audio bisa bersinerji dengan ponsel. Nah, salah satu unsur yang menjadi kenikmatan bermusik yakni keberadaan fasilitas kompresi lagu. Sudah jamak, bila kita nge fans pada sebuah lagu, maka kita akan berusaha menjadikan lagu tersebut sebagai melodi nada dering. Kebetulan untuk kasus ini, format MP3 yang paling ngetop digunakan, sebab download lagu MP3 lebih mudah didapat dan kualitasnya lumayan bagus untuk di kompresi.

Umumnya kompresi lagu MP3 dilakukan lewat media PC (personal computer). Cara tersebut terbilang kurang praktis. Kini Anda bisa mencoba MP3Cube version 1.0, yakni sebuah software yang bisa melakukan kompres dan ekstrak lagu MP3 tanpa membutuhkan bantuan PC, semua cukup diolah dengan cepat dan sederhana dari ponsel.

1.
Ikon logo MP3Cube, software ini berjalan di sistem operasi Symbian third edition.







2.
Tampilan awal, layaknya menu pemutar musik, list lagu yang akan Anda pilih siap terpampang.







3.
Opsi menu MP3Cube terdiri dari browse, play, extract, convert, delete dan details.







4.
Browse bisa digunakan untuk mencari pilihan lagu dari phone memori dan kartu memori.







5.
Sebagai ilustrasi, dipilih lagu ”Teman Tapi Mesra (TTM)”dari Ratu. Lagu ini memiliki durasi 4 menit 24 detik, bitrate 192 Kbps, sampling rate 44100 Hz dan besar file 6,05 MB.






6.
Dilakukan proses extract, Anda diharuskan untuk memberi nama output file name. File ini akan menjadi identitas baru nantinya.







7.
Kemudian dilanjutkan dengan mengatur durasi melodi yang dikehendaki. Bisa di set dengan pecahan per menit dan per detik.







8.
Lagu TTM setelah dikompresi dengan waktu 3 detik. Ukuran file menjadi 70,4 KB dan tetap menggunakan format MP3. Siap dijadikan nada dering yang pendek.






Sumber : www.hugematrix.com
Harga : US$ 8 (tersedia versi trial)
Besar File : 653 KB SIS file
Ponsel Pendukung : Symbian series60 third edition.

(Jun08)

Tidak ada komentar: