6 Nov 2008

Melihat Sudut Kemiringan Mobil













Dengan mengetahui sudut kemiringan, berkendara pun bisa lebih aman di medan yang sulit. Itulah kegunaan inclinometer yang telah menjadi software di ponsel.


Semakin beragam kecanggihan sebuah ponsel, berkat dukungan teknologi akselerator kini ponsel bisa disulap menjadi inclinometer. Inclinometer adalah alat yang berfungsi untuk melihat dan mengukur sudut derajat kemiringan suatu obyek. Inclinometer biasa ditempatkan di dashboard mobil, ada yang berupa sistem konvesional (air) dan digital. Untuk pemanfaatan lebih jauh, Inclinometer juga digunakan pekerja sipil untuk mengukur derajat pergerakan tanah di jalan Tol, seperti di daerah Cipularang yang amblas beberapa waktu lalu. Nah, saat ini ponsel Symbian yang memiliki teknologi 3D akselerometer dapat menjalankan fungsi inclinometer, tentu untuk dirancang pada dashboard mobil. Berikut cara pengguanaanya.

1.
Tempatkan ponsel pada cradle di dashboard mobil. Lakukan penyesuaian sudut pada posisi datar.










2.
Lakukan setting di menu display, pilih opsi ”light on” atau light time out dengan interval terpanjang, Agar layar lebih nyaman dilihat saat berkendara.









3.
Masuk ke folder Dr.Jukka, lalu pilih menu Inclionometer.











4.
Visual inclinometer berupa sudut belakang dan sudut samping mobil.











5.
Berkat akselerator 3D, sudut kemiringan berupa turunan dan tanjakan bisa diperoleh dengan akurat.










6.
Indikator derajat kemirangan bergerak sangat sensitif, software ini sangat pas digunakan saat berkendara di medan off road.










Sumber : www.DrJukka.com
Besar File : 45 KB SIS
Harga : Gratis
Ponsel Pendukung : Nokia N95, N93i dan N82 (symbian S60 OS90)

(Jul08)

Tidak ada komentar: