5 Sep 2010

Serversman 2.1 "Cloud Storage Gratis Untuk Smartphone"















Dengan Serversman, sebuah smartphone dapat berperan sebagai cloud storage. Untuk sharing dan mengolah data bisa dilakukan tanpa harus membawa smartphone

Bila kini populer istilah cloud computing, maka dalam dunia IT juga ada istilah cloud storage. Artinya pengguna gadget dapat menyimpan, mengolah, dan mengirimkan aneka data dari beragam jalur akses. Konsep ini terbilang umum dalam ranah PC (personal computer), utamanya untuk mendukung aplikasi office. Tapi terlihat unik disisi ponsel, seperti software yang diberi label ”Serversman”. Meski ada sebutan server, fungsi dasar yang dijalankan sebatas cloud storage, sekilas mirip aplikasi My Phone besutan Microsoft, bedanya pada Serversman semua data-data hanya disimpan di dalam memori ponsel.

Tak sulit untuk menjalankan Serversman, cukup aktifkan koneksi di aplikasi Serversman, selanjutnya Anda bisa menampilkan aneka ’jeroan’ data yang ada di dalam ponsel. Sebagai cloud storage, Anda bisa mengakses data-data tersebut dari mana pun tanpa harus membawa ponsel. Jalur yang digunakan via web access http://serversman.com dan Anda juga diberikan link URL (Uniform Resource Locator) langsung untuk mengakses data di dalam ponsel secara cepat. Tapi syaratnya, aplikasi ini harus selalu terkoneksi dengan jaringan internet. Selain untuk Windows Mobile, Serversman juga bisa dijalankan pada operating system (OS) iPhone dan Android OS. (Haryo Adjie Nogo Seno)


1. Untuk menggunakan Serversman, perlu registrasi dengan input alamat email dan password. Setelah itu pengguna dikirimkan sign up key via email. Proses aktivasi terbilang sangat cepat.









2. Bila proses aktivasi berhasil, muncul info ‘sign up successful’. Aplikasi dapat diunduh gratis dari http://serversman.com.










3. Sebagai fitur tambahan, Serversman dibekali publish GPS location yang mampu oto refresh interval mulai dari per 5 detik sampai per 60 detik.









4. Tiap hasil bidikan kamera hasilnya dapat di copy ke my storage, public html, dan storage card.










5. Serversman dapat berjalan via jaringan 3G/WiFi. Inilah visual saat aplikasi telah terkoneksi dengan jaringan internet. Anda bisa memantau detail data-data dari menu yang tersedia.









6. Dalam menu public html Anda diberikan info link URL untuk mengakses layanan Serversman via web access.










7. Visual URL Serversman dalam web access. Dalam rilis disebutkan jalur koneksi Serversman menggunakan IPv6 dengan kemampuan switching antara local IP dan global IP.






8. Tampilan bedah storage data dalam http://serversman.com. Anda bisa upload data, menghapus file, dan sharing. Jenis data yang ditampilan mencakup dokumen, lagu, foto hingga file presentasi.







Sumber : http://serversman.com/
Besar File : 1,1 Mb
Harga : Gratis
Ponsel Pendukung : Windows Mobile 6/6.1/6.5, Android 1.5, dan iPhone3G/3GS.


Tidak ada komentar: